10 Tips Mencegah Jerawat Yang Datang Kembali

10 Tips Mencegah Jerawat Yang Datang Kembali

Kulit yang halus dan bersih adalah dambaan setiap orang. Ada beberapa penyakit kulit yang dapat menurunkan tingkat kepercayaan diri seseorang, salah satunya adalah jerawat.

Ada beberapa faktor yang memicu munculnya jerawat pada kulit kita, misalnya kulit berminyak, sembelit pada kotoran wajah atau pori-pori wajah karena riasan tebal dan tidak segera dibersihkan sampai tertidur, jenis make up yang tidak sesuai dengan kulit kita dan masih banyak lagi.

Permasalahan jerawat kadang tidak sesimpel penyakit yang setelah diobati bisa sembuh permanen. Tidak sedikit dari kita yang mengobati jerawat hingga sembuh, tetapi setelah 1 sampai 2 bulan ternyata jerawat itu muncul kembali. Lalu bagaimana cara mengatasinya? berikut 10 cara yang dapat anda lakukan agar jerawat tidak datang kembali.

(1) Hindari Dari Paparan Sinar Matahari Langsung

Dari hal ini dapat menimbulkan jerawat yaitu wajah yang tidak terlindungi dan terkena langsung sinar matahari. Jadi untuk itu anda dapat melindungi wajah dengan topi, kerudung serta masker. Benda-benda tersebut merupan alat untuk melindungi wajah anda dari sinar matahari serta dari asap kendaraan yang mungkin saja akan mengenai wajah anda.

(2) Hindari memegang muka dengan tangan
Maka hindarilah kontak antara tangan dengan muka karena dapat memicu terjadinya jerawat, terlebih bagi tangan anda tidak bersih atau anda memili wajah yang sensitif, maka hal ini dapat memicu timbulnya jerawat. Jika anda akan memegang muka sebaiknya cuci tangan terlebih dahulu, dan hindari untuk memencet jerawat.

(3) Menjaga makanan yang seimbang

Mengkonsumsi makanan memang terkadang kita ingin yang berminyak atau pun yang sering mengundang timbulnya jerawat. Namun ada baiknya jika Anda menjaga makanan yang seimbang. Dengan gizi yang seimbang akan mencegah timbulnya jerawat yang mungkin saja khusus.


Baca artikel terkait:


(4) Menggunakan Masker Yang Alami

Anda dapat merawat wajah anda sendiri agar tidak pergi ke salon, sekarang anda dapat menggunakan masker wajah sendiri misalnya maskeran dengan madu, adapun cara untuk memakai masker madu yaitu dengan cara di oleskan pada bagian wajah yang berjerawat dan lakukannya setiap malam sebelum tidur sampai pagi lalu bilas dengan air bersih, lakukan cara ini secara rutin dan teratur.

(5) Tidak Berlebihan Memakai Make up

Bagi anda yang suka memakai make up sebaiknya anda lebih selektif untuk memilih make up dengan memperhatikan kandungan bahan kimia yang ada pada make up, Jangan memilih make up murahan karena bagi wajah yang sensitif akan merusak pada wajah dengan jerawat yang timbul kemudian hari. Jika anda hanya di rumah saja maka gunakan make up yang secukupnya jangan sampai terlalu berlebihan

(6) Membersihkan Wajah

Untuk membersihkan wajah hindari handuk kasar untuk mengelap wajah anda. Anda harus menggunakan tangan anda untuk mencuci muka dengan sabun dan memilih handuk bayi yang lembut. Perhatikan kebersihan handuk yang anda kenakan. Jika handuk tidak bersih, maka kuman yang ada di handuk menempel di maka akan menyebabkan terjadinya jerawat. Dan lakukan cara membersihkan wajah saat hendak mandi sehati 2 kali dan ketika akan tidur.

(7) Hindari Stress

Ada baiknya Anda menenangkan pikiran dan menghindari stress. Stress dapat dengan mudah dan merupakan salah satu pemicu timbulnya stress.

(8) Hindari konsumsi makanan siap saji

Ada baiknya konsumsi makanan sehat seperti serat dari buah dan sayur. Makanan ini menghindarkan Anda dari timbulnya jerawat. Namun jika Anda banyak mengkonsumsi makanan siap saji, coklat dan keripik akan membuat wajah menjadi cepat berjerawat.

(9) Hindari konsumsi makanan siap saji.

Ada baiknya konsumsi makanan sehat seperti serat dari buah dan sayur. Makanan ini menghindarkan Anda dari timbulnya jerawat. Namun jika Anda banyak mengkonsumsi makanan siap saji, coklat dan keripik akan membuat wajah menjadi cepat berjerawat.

(10) Perhatikan rambut Anda.

Jika rambut Anda panjang dan memiliki poni yang menyebabkan diarea sekitar poni berjerawat maka singkirkan poni. Mulailah peduli dengan shampo dan konditioner yang Anda pakai. Usahakan yang memilih yang membuat rambut menjadi lembut dan tidak menimbulkan jerawat diarea poni. Dengan rambut yang lembut dan halus selain membuat rambut lebih sehat juga menghindarkan dari terjadinya peradangan pada kulit yang menyebabkan timbulnya jerawat.

Setelah mengetahui tentang bagaimana agar jerawat anda tidak datang kembali, anda dapat mencegahnya dengan mempraktekkan 10 hal di atas. Ingat! mencegah lebih baik daripada mengobati.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda.

Share This

1 Trackback / Pingback

  1. Tips Mudah Mengobati Jerawat dengan Es Batu – HALLOPEDIA.COM

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*