15 Khasiat dan Manfaat Jagung Manis Untuk Kesehatan (Jarang Diketahui)

Manfaat Jagung manis untuk kulit rambut dan kesehatan

Jagung manis adalah salah satu jenis jagung yang saat ini sudah mulai banyak ditanam oleh masyarakat. Selain rasanya yang enak, jagung manis juga memiliki kandungan gula yang cukup tinggi sehingga disebut dengan nama jagung manis. Berbeda dengan jenis jagung lainnya, jagung ini lebih banyak dikonsumsi oleh masyarakat, pengolahannya pun bermacam-macam, ada yang dijadikan sayur, di bakar maupun di rebus, walaupun sebenarnya jagung ini lebih nikmat jika di rebus.

Jagung manis yang memiliki rasa nikmat dengan khasnya yang manis telah menjadi populer dan sangat disukai oleh semua kalangan masyarakat. Selain rasanya yang enak, ternyata jagung ini memiliki kandungan gizi yang cukup lengkap. Lalu apasaja kandungannya? Jagung manis memiliki kandungan vitamin C, serat, vitamin E, vitamin A, vitamin B12, kalsium, dan zat besi. Yang jelas anda tidak hanya akan dimanjakan dengan rasa manis yang alami, tetapi juga akan mendapatkan kandungan gizi yang memiliki manfaat positif untuk tubuh anda.

Agar tak salah dalam memahami khasiat jagung manis, maka dalam hal ini akan kami berikan rincian penjelasan tentang beberapa kegunaan sayur atau buah ini buat kesehatan anda. Berikut ini beberapa manfaat mengkonsumsi jagung manis.

Mencegah Osteoporosis

Ternyata mengkonsumsi jagung manis dapat mencegah terjadinya osteoporisi, yaitu salah satu penyakit yang menyerang kepadatan tulang. Pada buah satu ini terdapat kandungan kalsium yang akan membantu memadatkan tulang Anda kembali.

Melancarkan Pencernaan

Khasiat lainnya dari jagung manis adalah dapat melancarkan pencernaan dan akan membantu organ pencernaan Anda dalam mengolah makanan yang masuk ke dalam tubuh. Terdapat kandungan serat pada jagung ini, kandungan seratnya pun memang tidak banyak, akan tetapi tekturnya mudah untuk dicerna.

Baik untuk Jantung

Jika anda mengkonsumsi jagung manis setiap hari dengan rutin, hal itu baik untuk kesehatan jantung anda. Pada jagung terdapat kandungan gabungan gizi yang lengkap untuk menyehatkan organ jantung Anda.

Pencegah Anemia

Khasiat jagung manis yang selanjutnya yaitu sebagai makanan yang dapat mencegah anemia. Terdapat kandungan zat besi pada jagung ini, yaitu salah satu senyawa yang sangat baik untuk menambah sel darah merah sehingga tidak memicu terjadinya penyakit anemia.

Menyehatkan Mata

Terdapat kandungan Vitamin A pada jagung manis. Vitamin A adalah vitamin yang paling dibutuhkan oleh mata Anda, maka tak heran lagi jika jagung yang satu ini dapat dikatakan sebagai jenis makanan yang baik untuk kesehatan mata.


Baca Artikel tentang Jagung:


Mencegah Diabetes

Khasiat jagung manis untuk mencegah diabetes didukung oleh rasa manisnya sendiri. Rasa manis ini berasal dar kandungan glukosa yang terbentuk saat jagung ini akan dipanen. Gula alami ini tidak akan meningkatkan kadar gula dalam darah Anda.

Menurunkan Kolesterol

Pada dasarnya jagung manis dan jenis jagung lainnya mengandung banyak karbohidrat akan tetapi dengan takaran konsumsi yang tepat, jagung ini mampu menjadi penurun kolesterol yang ampuh. Tentunya dibarengi dengan mengkonsumsi makanan sehat lainnya. (Baca: 5 Cara Mudah Menurunkan Kolesterol)

Mengobati Wasir

Jangan terburu-buru dalam mengatasi wasir. Selain obat kimia, tak ada salahnya mencoba pengobatan herbal. Jagung manis bisa digunakan sebagai obat herbal untuk mengatasi wasir asalkan dikonsumsi dengan rutin.

Penggemuk Badan

Jagung manis dengan karbohidrat yang banyak akan membuat badan Anda gemuk. Jagung ini bagus untuk dikonsumsi bagi Anda yang memang ingin menambah berat badan agar menjadi berat badan yang ideal.

Menambah Energi Tubuh

Jagung manis merupakan sumber energy. Maka tak heran jika buah ini sering dijadikan menu makanan pokok di beberapa daerah di Indonesia selain nasi. Tubuh Anda tidak akan kekurangan energy jika mengonsumsi jagung ini.

Mencegah Alzheimer

Penyakit alzheimer adalah kondisi kelainan yang ditandai dengan penurunan daya ingat, penurunan kemampuan berpikir dan berbicara, serta perubahan perilaku pada penderita akibat gangguan di dalam otak yang sifatnya progresif atau perlahan-lahan. Nah, ternyata dengan mengkonsumsi jagung manis dapat mencegah terjadinya penyakit alzheimer.

Makanan Sehat Janin

Seringkali pada usia kehamilan yang masih muda anda menebak-nebak pantangan dan keharusan mengkonsumsi jenis makanan. Hal ini tentu saja tujuannya baik untuk dapat menjaga kesehatan dan perkembangan janin anda. Asupan makanan yang sehat sangat diperlukan oleh ibu hamil dikarenakan pada usia ini rentan mengalami keguguran.

Jagung manis adalah salah satu makanan rekomendasi untuk ibu-ibu hamil. Karena kandungan yang ada pada jagung ini berdampak positif dan merupakan salah satu makanan sehat untuk janin.

Dapat Meningkatkan Stamina

“Stamina” adalah kekuatan dan energi yang dibutuhkan seseorang untuk mengerahkan tenaga dalam jangka waktu yang lama. Istilah ini biasanya merujuk pada pengerahan tenaga yang diperlukan untuk melakukan aktivitas fisik seperti olahraga. Ternyata jagung manis merupakan salah satu makanan yang dapat meningkatkan atau menjaga stamina bagi yang mengkonsumsinya.

Sumber Karbohidrat

Selain beras merah, kentang rebus, ubi jalar, sagu, singkon dan jenis buah/sayuran lainnya, ternyata jagung manis memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi. Baca Makanan kaya karbohidrat dan fungsinya untuk tubuh

Menjaga Kesehatan Tubuh

Sehat sangatlah mahal harganya. Itulah ungkapan yang sering terdengar ketika membahas seseorang yang sedang mengidap penyakit.

Ternyata dengan mengkonsumsi jagung manis dapat menjaga kesehatan tubuh anda, tentunya dengan mengkonsumsi secara teratur dan tak lupa juga mengkonsumsi makanan-makanan sehat lainnya.

Itulah beberapa manfaat dan khasiat jagung manis untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjaga kesehatan dengan memanfaatkan khasiat buah yang sehat pula. Pola hidup yang sehat akan lebih menguntungkan Anda nantinya di masa depan, karena kesehatan jaman sekarang merupakan hal yang mahal. Selamat mencoba.

Artikel lainnya :

Share This

3 Comments

11 Trackbacks / Pingbacks

  1. Makanan Kaya Karbohidrat dan Fungsinya Bagi Tubuh Kita – HALLOPEDIA.COM
  2. Wajib Tau! Inilah Khasiat dan Manfaat Air kelapa Hijau – HALLOPEDIA.COM
  3. Ternyata Banyak Khasiat Dan Manfaat Sayur Brokoli – HALLOPEDIA.COM
  4. Hanya Penyedap Masakan, Inilah Khasiat Dan Manfaat Daun Bawang – HALLOPEDIA.COM
  5. Ternyata Banyak Manfaat Daun Binahong dan Khasiatnya – HALLOPEDIA.COM
  6. Khasiat Dan Manfaat Ciplukan Yang Perlu Diketahui – HALLOPEDIA.COM
  7. 20 Khasiat dan Manfaat daun kemangi yang sangat mengagumkan – HALLOPEDIA.COM
  8. Tips Mudah Membuat Tuak Dari Beras – HALLOPEDIA.COM
  9. Ulasan Penyakit Amandel : Gejala, Penyebab dan Cara Mengobatinya – HALLOPEDIA.COM
  10. Diet Dengan Nasi Jagung, Inilah Khasiat dan Manfaat Nasi Jagung – HALLOPEDIA.COM
  11. Jarang Diketahui, Inilah 9 Manfaat Minyak Jagung Untuk Kesehatan – HALLOPEDIA.COM

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*