Bagaimana Caranya Mendidik Anak? 5 Sikap Ini Harus Dimiliki Ibu

Bagaimana Caranya Mendidik Anak? 5 Sikap Ini Harus Dimiliki Ibu

Mengawal proses belajar anak merupakan suatu kewajiban yang harus dilakukan oleh orang tua, terutama ibu. Oleh karena itu persiapkan diri anda untuk menjadi tutor atau teman belajar yang baik bagi si anak. Berikut ini adalah 5 sikap yang harus dimiliki oleh orang tua ketika mendidik anaknya.

+Manfaatkan Ketertarikan Si Kecil dengan Sikap Kreatif Anda

Proses belajar si anak akan terasa menyenangkan, jika anda memasukkan unsur ketertarikan anak pada pelajaran yang akan dipelajari. Misalnya, anda memiliki anak yang sangat menyukai spidol warna, maka anda dapat memanfaatkan spidol warna tersebut sebagai media belajar anak. Untuk pelajaran matematika, spidol warna dapat anda jadikan sebagai media hitung. Memanfaatkan barang yang disukai anak dapat mendukung proses berpikirnya lebih cepat. Karena si anak akan merasa nyaman saat belajar.

+Jangan Selalu “Mengajari/Menggurui”

Jadilah pembimbing yang baik. Ketika menjadi tutor untuk si anak, jangan selalu bersikap sebagai pendidik, atau memposisikan sebagai pengajar seperti guru-nya saat di sekolah. Posisikan anda setara dengannya, artinya anda harus memposisikan sebagai murid juga. Katakan pada si kecil “kita belajar  bersama ya, nak” dan “kita pasti bisa menyelesaikan soal ini”. Dengan cara ini anak akan tahu bahwa dia tidak sendirian. Sebab, belajar bersama memang selalu menyenangkan bagi anak.

+Jadilah Pendengar yang Baik

Jadilah ibu yang pengertian. Saat si kecil tengah mengalami masalah/kesulitan saat di sekolah, maka anda sebagai orang tua harus jadi pendengar yang baik. Saat anak sedang ngomong dan menyelesaikan kata-katanya, jangan memotong apa yang sedang dia katakan. Misalnya, nilai ujian si kecil jelek padahal menurut si kecil dia sudah berusaha dengan maksimal. Anda harus bersikap positif untuk menghadapinya, katakan bahwa saat ujian berikutnya, si kecil akan mendapat nilai yang lebih baik dengan belajar lebih giat.

+Jadilah Pengingat yang Baik

Saat si kecil sedang asyik bermain, mereka biasanya sering lupa dengan waktu belajarnya. Sebagai ibu, ingatkan dia dengan cara yang baik. Saat waktu belajar telah tiba, katakan padanya bahwa waktunya bermain sudah habis, untuk bermain masih ada hari besuk, saat ini adalah waktunya belajar. Jadikan belajar suatu kebiasaan dan kebutuhan yang harus dipenuhi oleh si kecil.

+Jadilah Ibu yang Pemaaf dan Sabar

Ketika si anak tidak kunjung mengerti dengan apa yang telah anda ajarkan, anda harus dapat memahaminya dan janganlah marah. Perlu anda ketahui, setiap anak memiliki daya tangkap yang berbeda. Oleh karena itu, jangan bosan untuk selalu membimbing anak Anda dengan sabar dan telaten.

Demikian di atas adalah 5 sikap yang harus anda aplikasikan ketika sedang mendidik anak. Kemudian, lihatlah aksi pintar si kecil dan berbagai prestasi yang akan diraihnya.

Sumber: Parentingclub.co.id


Apakah anak mama susah makan? Badan kurus sering sakit-sakitan?!

Sudah gak perlu bingung lagi mam. Berikan produk terbaik kami.

Dan rasakan khasiatnya bagi anak hanya dalam 14 hari

Memperkenalkan

Untuk Pemesanan Klik DI SINI

Share This

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*