Cara Menambah Nafsu Makan Dengan Ramuan Tradisional

cara meningkatkan nafsu makan

Kurang nafsu makan merupakan masalah besar bagi orang-orang dengan kekurangan berat badan, atau yang telah kehilangan banyak berat badannya. Menurunnya nafsu makan tersebut akan berbeda dengan orang yang kelebihan berat badan yang justru mungkin akan senang. Banyak orang-orang yang kehilangan nafsu makan kesulitan mencari cara agar meningkatkannya kembali.

Kekurangan nafsu makan dapat terjadi di segala usia. Penyebabnya juga bisa macam-macam. Mulai dari faktor psikis; misalnya perasaan cemas atau depresi berkepanjangan, hingga diakibatkan karena faktor penyakit tertentu. Faktor lain juga karena faktor obat-obatan yang anda konsumsi hingga mood makan menurun, atau bisa juga sulitnya mencari makanan favorit anda. Hal-hal diatas merupakan faktor timbulnya nafsu makan menurun.

Lalu, bagaimanakah cara meningkatkan nafsu makan kita?

Kita tahu, sejak dulu bangsa Indonesia terkenal sebagai bangsa yang kaya akan tanaman-tanaman obat. Masyarakat banyak yang mempercayai dan menggunakan obat tradisional dalam menyelesaikan masalah kesehatannya, termasuk juga dalam mengatasi kurangnya nafsu makan.

Ada 2 (dua) tanaman yang dipercaya dapat mengobati serta meningkatkan nafsu makan, yaitu tanaman Temulawak dan Daun Pepaya. Di bawah ini akan kami jelaskan mengenai dua tanaman tersebut.

== Temulawak ==

cara tradisional membuat jamu nafsu makan

Temulawak adalah tanaman dari keluarga Zingiberaciae, yaitu sama seperti jahe, kunyit, kunci, dan lengkuas. Temulawak memiliki nama latin Curcuma xanthorrhiza, dan tanaman ini banyak tersebar didaerah tropis seperti Indonesia dan beberapa negara di Asia Tenggara lainnya. Di berbagai daerah (di Indonesia), temulawak dikenal dengan nama seperti Temulawak (jawa), Temu lobak (madura), atau di sunda dikenal dengan nama Koneng Gede.

Temulawak diketahui sebagai bahan obat tradisional asli Indonesia. Temulawak merupakan salah satu tanaman temu-temuan, yakni tanaman temulawak. berbentuk akar dan rimpang (batang di bawah tanah) yang digunakan untuk membuat obat. Temulawak hidup didaerah dengan ketinggian 5 – 750 meter diatas permukaan laut.

Sebagai tanaman herbal, tentunya temulawak memiliki segudang manfaat, namun hati-hati saat membedakan kunyit dengan temulawak karena keduanya terlihat sama. Di Indonesia, tanaman ini dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan yaitu sebagai obat jerawat, obat diare, ambien, sembelit dan penambah nafsu makan.

Di dalam temulawak terdapat berbagai zat seperti zat tepung, kurkumin dan minyak atsiri. Minyak atsiri inilah yang memiliki efek terhadap peningkatan nafsu makan. Minyak atsiri punya sifat korelitik yaitu mempercepat sekresi empedu sehingga mempercepat pengosongan lambung dan penyerapan lemak di usus yang kemudian akan mensekresi berbagai hormon yang yang dapat menimbulkan rasa lapar dan meregulasi peningkatan nafsu makan.

Cara pembuatan ramuan temulawak penambah nafsu makan pun sangat mudah. Berikut ini cara pembuatannya:

  1. Siapkan 2 ruas jari temulawak, 1 ruas jari, lengkuas, serta beberapa helai daun meniran.
  2. Semua bahan dicuci bersih, kemudian dipotong-potong kecil dan direbus dengan 3 gelas air.
  3. Rebus campuran bahan tadi sampai air rebusannya tersisa untuk 1 gelas. Kemudian didinginkan, dan diminum sehari 2 kali secara teratur.

Baca artikel lainnya:

== Daun Pepaya ==

daun pepaya menambah nafsu makan

Dengan ciri khas rasa pahit, manfaat daun pepaya bagi kesehatan tubuh tidak lah sedikit dan main-main. Banyak produk obat herbal yang berbahan dasar daun katesdengan beragam kegunaan untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

Contoh nyata penggunaan daun ini untuk mengatasi masalah kesehatan secara alami adalah mengurangi nyeri haid, menghilangkan jerawat di wajah dan daun ini juga dipercaya dapat meningkatkan nafsu makan. Dalam daun pepaya terdapat enzim papain yang berkhasiat untuk menimbulkan rasa ingin makan sehingga meningkatkan nafsu makan.

Selain itu pepaya juga mengandung flavonoid yang memiliki khasiat sebagai penangkap radikal bebas yang berguna sebagai antioksidan untuk menjaga tubuh dari penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas.

Bagi yang ingin cara sederhana untuk tingkatkan nafsu makannya bisa menggunakan resep sederhana yang saya ambil dari sumber suaramerdeka.com. Bahan-bahan yang perlu anda siapkan adalah:

  1. Daun pepaya segar dengan ukuran sebesar telapak tangan orang dewasa, garam secukupnya, dan air setengah cangkir.
  2. Cucilah daun pepaya hingga bersih, dan masukkan daun pepaya, garam, dan air dalam blender, lalu blender hingga halus.
  3. Saring air dari ampasnya, lalu minum

Note: Ramuan ini tidak memiliki efek samping negatif dan juga sangat baik dikonsumsi anak-anak maupun orang dewasa.


Demikianlah 2 (dua) Cara Menambah Nafsu Makan dengan Ramuan Tradisional yang bisa anda coba di rumah. Bahannya pun cukup mudah ditemukan dan pengolahannya juga tidak sulit.

Kapsul herbal wanita : Membantu mengatasi kurang gairah, susah orgasme, keputihan, dan gangguan menstruasi, Silahkan klik DI SINI

Share This

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*