Cara Mengatasi Dehidrasi Saat Puasa Ramadhan Atau Senin-Kamis

cara mengatasi dehidrasi saat puasa
cara mengatasi dehidrasi saat puasa
Bulan ramadhan semua umat Islam diwajibkan untuk mengikuti puasa (selain yang berhalangan). Saat kita sedang menjalani ibadah puasa, tentunya kita tidak dianjurkan untuk makan dan minum. Durasi orang berpuasa adalah kisaran waktu 12 jam, yakni mulai dari adzan shubuh hingga adzan magrib. Saat seseorang menjalani ibadah puasa, hal yang paling sering menimpanya adalah masalah dehidrasi (kurangnya cairan pada tubuh).

Pengertian dan Jenis Dehidrasi

Berdasarkan literatur yang kami dapatkan melalui Wikipedia, Dehidrasi merupakan gangguan dalam keseimbangan cairan atau air pada tubuh. Hal ini terjadi disebabkan karena pengeluaran air lebih banyak daripada pemasukan (misalnya minum). Gangguan kehilangan cairan tubuh ini disertai dengan gangguan keseimbangan zat elektrolit tubuh. Dehidarasi bisa saja menimpa kita karena:
  1. kekurangan zat natrium;
  2. kekurangan air;
  3. kekurangan natrium dan air.
Dehidrasi terbagi menjadi 3 (tiga) jenis (berdasarkan penurunan berat badan), yakni:
  • Dehidrasi ringan (jika penurunan cairan tubuh 5 persen dari berat badan),
  • Dehidrasi sedang (jika penurunan cairan tubuh antara 5-10 persen dari berat badan), dan
  • Dehidrasi berat (jika penurunan cairan tubuh lebih dari 10 persen dari berat badan).
Selain mengganggu keseimbangan tubuh, pada tingkat yang sudah sangat berat, dehidrasi bisa pula berujung pada penurunan kesadaran, koma, bahkan bisa saja berdampak buruk hingga meninggal dunia.

Cara mengatasi dehidrasi saat puasa, kami punya beberapa tips agar Anda terhindar dari masalah tersebut.


[1] Akumulasikan Jumlah Minum Air Mineral

Tidak sedikit hasil riset/penelitian yang menganjurkan bahwa seharusnya kita minum 8 gelas setiap hari. Nah, hal ini juga berlaku saat kita sedang puasa. Cara tepat agar kebutuhan air Anda tercukupi, minumlah 2 gelas setelah berbuka, 4 gelas saat malam, dan 2 gelas sewaktu sahur.
Adapun hal yang harus dihindari yaitu minum terlalu menggebu-gebu saat berbuka. Tak sedikit dari kita, ketika saatnya berbuka segala jenis minuman pun masuk ke dalam tubuh. Memang pada saat itu juga rasa haus Anda akan hilang, tapi tunggulah beberapa jam lagi Anda akan terasa sangat haus, sedangkan tubuh Anda sudah penuh dengan air. Jadi, minumlah dengan perlahan dan teratur.

[2] Jangan Banyak Tidur saat Puasa

Cara menghindari dehidarasi yang ke-2 saat berpuasa yaitu jangan kebanyakan tidur. Tidur pada bulan puasa merupakan pahala, tapi tidur di bulan puasa juga dapat membuat dosa. Karena apa? Karena jika Anda kebanyakan tidur saat puasa dan kemudian Anda bangun, tubuh akan terasa sangat lemas. Mood terasa hilang karena tubuh kekurangan banyak cairan tubuh. Akhirnya, tak banyak orang yang berbuka sebelum waktunya karena merasa dirinya tak sanggup lagi menunggu adzan magrib. Selain itu, jika terus-terusan tidur, seseorang yang sedang menjalani ibadah puasa bisa juga lalai dengan kewajiban lainnya, misalnya shalat 5 waktu.
Jadi, tips kedua ini adalah himbauan untuk tidak memperbanyak tidur ketika puasa, karena ini sama saja membuat tubuh Anda semakin lemas.

[3] Hindari Kafein dan Minuman Bersoda

Minum-minuman bersoda memang menyegarkan saat berbuka. Rasanya tenaga yang sudah tinggal 30 % seperti ter cas kembali dan menjadi 100 %. Tetapi, efek ini hanya berlangsung sebentar. Setelahnya, Anda akan merasakan kerongkongan Anda kering, serta lidah Anda terasa tidak enak seperti ada sesuatu. Minuman bersoda juga membuat perut Anda terasa penuh. Jadi sebiasa mungkin hindarilah meminum minuman bersoda. Jika Anda tidak mampu, kurangilah frekuensi minuman bersoda Anda ketika sedang berpuasa, dan perbanyaklah minum air putih/mineral.
Minimalkan atau hindari juga mengonsumsi minuman/makanan yang mengandung kafein. Kafein mempunyai kemampuan untuk menghilangkan manfaat dari air di dalam tubuh dan menghilangkan kelembaban. Apabila Anda ingin menikmati minuman hangat, cara yang paling tepat adalah pilih teh hijau atau teh chamomile.

[4] Kurangilah Aktivitas yang Tak Dibutuhkan

Tips ke-4 ini lebih kami sarankan untuk orang-orang yang terlalu memaksakan diri beraktifitas yang berlebihan di bulan puasa. Contohnya, untuk orang yang ingin menurunkan berat badan. Memaksakan diri untuk berolahraga, karena menganggap akan lebih cepat penurunan berat badan di bulan puasa. Iya memang cepat, tapi bakalan cepat jugalah umur Anda. Haha..
Akan tetapi, untuk Anda yang sudah terbiasa melakukan aktifitas di luar bulan puasa, tetap lakukan aktifitas Anda. Karena tubuh Anda sudah terbiasa.

[5] Konsumsi Buah-Buah yang Banyak Terkandung Air di Dalamnya

Pengen menghindari dehidrasi dengan cara yang enak dan tak membuat bosan? Nikmati buah-buahan segar yang mengandung banyak air, misalnya melon, semangka, jeruk manis dan masih banyak yang lainnya. Selain rasanya yang enak dan mencukupi kebutuhan air, buah-buahan tersebut dapat memberi asupan nutrisi untuk menjaga stamina Anda selama menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan atau puasa senin-kamis.
Demikianlah cara mengatasi dehidrasi di bulan puasa. Baik puasa ramadhan, puasa nadzar, puasa senin-kami dan lainnya.. Semoga bermanfaat untuk Anda dan semoga puasa Anda lancar yaa..

Baca juga:

Share This

3 Trackbacks / Pingbacks

  1. Wajib Tau! Inilah Khasiat dan Manfaat Air kelapa Hijau - HALLOPEDIA.COM
  2. Wajib Tau! Inilah Khasiat dan Manfaat Air kelapa Hijau – HALLOPEDIA.COM
  3. 10 Manfaat Strawberry Yang Jarang Diketahui Oleh Pembeli - HalloPedia

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*