Daun Bakung – Bentuk, Kandungan dan Manfaatnya Untuk Kesehatan

bentuk, kandungan dan manfaat daun bakung
bentuk, kandungan dan manfaat daun bakung

Daun bakung memiliki nama ilmiah Crinum asiaticum L. Tanaman ini sering kita jumpai, baik di pasar modern maupun tradisional. Biasanya daun bakung ini dipakai untuk di masak, biasanya menjadi bagian dari masakan yang berkuah seperti sop, gulai ataupun dalam bentuk soto, dan sering juga menjadi menu khas dalam masakan nusantara. Misalnya yang biasa memakai daun ini yakni martabak telur. Masih banyak masakan-masakan lain yang dalam meraciknya menggunakan daun bakung.

Saat ini memang telah kita ketahui, bahkan sudah lama kita kenal kalau daun bakung ini telah menjadi jenis bahan masakan andalan para ibu-ibu rumah tangga untuk menciptakan masakan yang enak. Tetapi dilain hal, apakah kita sudah mengetahui apa sebenarnya kandungan dan manfaat yang ada pada daun satu ini. Nah, pada bahasan kali ini kita akan mencoba berbagi soal kandungan dan juga manfaat dari daun bakung.

Sebelum fokus ke pembahasan daun bakung, alangkah baiknya kita kenali terlebih dahulu bentuk dan ciri-ciri tanaman bakung. Berikut ulasannya:

  • Batang : Bakung yang masuk sebagai jenis tanaman bunga ini memiliki batang dengan ketinggian mencapai 60 sampai 180 cm. Bakung memiliki tangkai yang kuat dan kokoh.
  • Daun : memiliki daun berwarna hijau, dan daunnya panjang.
  • Bunga : Karakteristik bunganya cukup indah pada setiap kelopaknya. Memiliki bunga yang besar dengan 3 kelopak. Mempunyai bermacam warna pada bunganya, meliputi: putih, kuning, jingga, merah muda, merah, ungu, abu-abu hingga berwarna hitam. Memiliki bentuk bunga dengan model corong dan berbiji besar bundar-gepeng dan berlendir. Memiliki mahkota yang lancip dan pada bagian dalamnya berwarna ungu.

Kandungan Bakung

Sifat tumbuhan bakung memanglah belum diketahui hingga saat ini. Tetapi sudah diketahui zat kimia yang ada pada tanaman bakung, yaitu: flavonoid, saponin, dan tannin. Sementara itu pada umbi, akar, serta biji mengandung alkaloid likorin, krinin dan aseltilkorin.


Artikel terkait:


Adapun bagian yang dimanfaatkan untuk pengobatan, yaitu bagian umbi, daun dan akar.

Manfaat Bakung (Tanaman dan Daunnya)

bentuk, kandungan dan manfaat daun bakung
Bentuk, kandungan dan manfaat daun bakung

Selain daunnya yang bermanfaat untuk kesehatan, ternyata tanaman bakung juga memiliki khasiat untuk menyembuhkan yang menimpa kita. Berikut ini adalah manfaat dari tanaman bakung, yaitu:

[1] Peluruh Air Seni

Bagi kamu yang sedang mengalami kendala susah buang air kecil, maka bisa mengobatinya dengan memperbanyak konsumsi bakung. Ya, bakung memiliki salah satu manfaat yaitu sebagai peluruh air seni. Hal ini pastilah dapat membantu Anda menyembuhkan problem susah buang air kecil, baik karena penyakit ataupun karena kelainan tertentu. Kesulitan buang air kecil jika tak segera disembuhkan akan berdampak pada penyakit lainnya yang lebih serius lagi. Gangguan kesehatan yang diakibatkan susahnya buang air kecil yaitu batu ginjal bahkan juga bisa berdampak pada penyakit gagal ginjal.

[2] Mencegah Terjadinya Pendarahan

Tanaman bakung juga memiliki khasiat yang berguna untuk mencegah terjadinya pendarahan. Ya, pendarahan adalah salah satu gejala yang sering terjadi, terutama ketika sedang mengalami luka, ataupun terjadi karena kelainan genetik yang membuat Anda mudah mengalami pendarahan. Cara mencegahnya sekaligus mengobati pendarahan atau mempercepat agar pendarahan tidak bertambah parah yakni Anda dapat mencoba untuk mengkonsumsi bakung. Tanaman bakung ini mampu untuk membantu mencegah terjadinya pendarahan dan membantu menghentikan pendarahan pada pasien yang sedang mengalami problem tersebut.

[3] Mempercepat Proses Pengeringan Pada Luka

Selain sebagai peluruh air seni dan mencegah terjadinya pendarahan, tanaman bakung juga mempunyai manfaat yang sangat bagus untuk membantu mengobati luka. Luka akibat terjatuh atau kecelakaan dapat berjalan cepat penyembuhannya jika Anda iringi dengan mengonsumsi bagian dari tanaman bakung. Hal ini juga dilakukan untuk membantu mencegah terjadinya infeksi, yang dapat terjadi ketika luka terlalu lama didiamkan tanpa penanganan khusus.

Manfaat Daun Bakung & Cara Penggunaannya

  • Mengobati bengkak : Cuci daun bakung dengan minyak kelapa lalu layukan di atas api. Tempelkan daun bakung yang telah layu kebagian yang sakit.
  • Borokan : Iris umbi bakung kecil-kecil lalu panaskan dia atas api kecil 1-2 menitatou sampai hangat.irisan umbi pada borok atou telapak kaki yang luka.
  • Luka beracun : Cuci bersih 5-10 g akar segar sampai bersih lalu dikunyah untuk memperoleh airnya.Telan airnya,sedangkan ampasnya di temple pada bagian yang terkena panah.
  • Peluruh keringat : Cuci 10 akar bakung segar potong kecil-kecil,lalu rebus dengan 2 gelas airselama 20 menit.Setelah dingin,saring lalu di bagi menjadi 2 bagian untuk di minum 2 kali sehari pada pagi dan sore.
  • Peluruh muntah : Cuci 5-10 akar segar sampai bersih lalu dikunyah untuk memperoleh airnya. Telan airnya,sedangkan ampashasil kunyahanya dibuang.
  • Pembengkakan kelenjar limpa pada selangkangan dan ketiak : Cuci bersih beberapa helai daun bakung.tumbuk bersama 2 siung bawang merah,dan gula merah secukupnya sampai halus.Tempelkan hasil tumbukan di tempat yang sakit.
  • Patek (frambusia) : Cuci buah dan biji bakung secukupnya sampai bersih lalu tumbuk halus.Campurkan tepung beras secukupnya lalu borehkan pada bagian yang sakit.
  • Rematik sendi : Layukan daun bakung diatas api.Olesi daun dengan minyak wijen lalu di tempelkan di bagian yang sakit.

Demikianlah info terkait kandungan, bentuk dan manfaat yang terdapat pada tanaman dan daun bakung. Ternyata daun bakung yang biasa kita makan ini memiliki beragam manfaat untuk penyakit luar. Semoga informasi yang kami berikan ini bermanfaat untuk Anda.

Share This

4 Trackbacks / Pingbacks

  1. Hanya Penyedap Masakan, Inilah Khasiat Dan Manfaat Daun Bawang - HALLOPEDIA.COM
  2. Ternyata Banyak Manfaat Daun Binahong dan Khasiatnya - HALLOPEDIA.COM
  3. Khasiat Dan Manfaat Ciplukan Yang Perlu Diketahui - HALLOPEDIA.COM
  4. 7 Manfaat Daun Bawang Untuk Kesehatan (Jarang Diketahui) – HALLOPEDIA.COM

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*