Selain Buahnya yang Legit, Daun Mangga Kaya Vitamin dan Nutrisi

Daun Mangga Kaya Vitamin dan Nutrisi
Daun Mangga Kaya Vitamin dan Nutrisi

Mangga hadir dengan rasa yang enak dan legit. Saya yakin tidak sedikit orang menyukai buah tropis satu ini. Tak hanya rasanya yang enak, buah ini kaya akan kandungannya yang bermanfaat bagi tubuh kita, karena buah ini mengandung nutrisi dan vitamin yang banyak. Lalu, bagaimana dengan daunnya? Dibalik teksturnya yang kasar, ternyata daun mangga juga memiliki manfaat untuk kesehatan. Daun mangga didalamnya juga terkandung vitamin sekaligus nutrisi yang berguna untuk diracik sebagai obat herbal. Apakah kamu juga sadar akan manfaat yang besar ini? Jika belum, maka saat ini kamu sudah berada di tempat yang tepat yang akan memberikan banyak informasi penting terkait kekayaan kandungan dari buah/daun mangga.

Daun mangga kaya vitamin dan nutrisi yang bagus untuk kesehatan tubuh kita. Dan jika Anda belum mengetahuinya, maka Anda akan kehilangan banyak hal dalam terkait khasiat dari buah yang banyak kita temukan di pekarangan kita sendiri.

Kandungan Daun Mangga

Daun mangga yang masih muda memiliki warna kemerahan atau keunguan dan memiliki tekstur tipis dan lembut. Ketika daun sudah tua, maka warnanya akan berubah menjadi hijau gelap dengan bagian bawah pucat, daunnya yang tipis pun berubah menjadi tebal. Daun mangga kaya akan kandungannya, yaitu: vitamin C, vitamin B, dan vitamin A. Tak hanya vitamin saja, pada daun mangga juga terkandung nutrisi yang berguna untuk organ tubuh kita. Daun mangga juga mempunyai sifat antioksidan kuat karena mengandung flavonoid tinggi dan fenol. Berikut ini 10 manfaat yang akan kita dapatkan jika mau mengonsumsi daun mangga secara rutin, tentu juga dalam takaran yang pas (tidak berlebihan).

(1) Mengobati Diabetes

Terkandung zat tanin pada daun mangga, atau juga disebut dengan anthocyanidins. Berkhasiat untuk mengobati gejala awal diabetes. Daun mangga kering atau sudah dalam bentuk bubuk digunakan sebagai infus untuk pengobatan. Daun mangga yang diracik dalam bentuk teh juga sangat bagus untuk pengobatan diabetes. Caranya yaitu dengan merendam daun mangga kedalam secangkir air, lalu biarkan rendaman itu semalam. Lalu hasil rendaman esoknya di saring dan kemudian diminum. Mengonsumsinya secara rutin bisa membantu meringankan gejala diabetes. Daun ini juga mampu mengobati gula darah tinggi atau Hiperglikemia, karena didalam daun ini terkandung senyawa yang disebut tarakserol-3beta, dan etil asetat yang bersinergi dengan insulin untuk mengaktifkan GLUT4 sekaligus merangsang sintesis glikogen.

(2) Menurunkan Tekanan Darah

Daun mangga bisa membantu menurunkan tekanan darah, karena ia memiliki sifat hipotensi yang sangat efektif dalam proses penurunan tekanan darah. Tak hanya itu saja, ia juga dapat membantu memperkuat pembuluh darah dan meringankan varises.

(3) Menghilangkan Kondisi Gelisah

Jika Anda selalu cemas dan gelisah, terapi memakai daun mangga dapat menjadi obat herbal yang baik, yang bisa menenangkan fikiran kita. Caranya, Anda bisa menambahkan 2 hingga 3 gelas teh daun mangga kedalam bak mandi, hal itu berguna untuk membantu mengobati masalah kegelisahan dan menyegarkan tubuh kita.

(4) Sebagai Penghancur Batu Empedu & Batu Ginjal

Daun mangga bisa menghancurkan batu ginjal dan batu empedu. Caranya, keringkan daun mangga hingga menjadi bubuk, kemudian giling sampai halus, tambahkan kedalam satu gelas air, dan biarkan semalam. Setelah itu minum secara rutin, karena hal tersebut akan membantu memecahkan batu dan mengeluarkannya.

(5) Mengatasi Masalah Pernapasan

Daun mangga sangatlah bagus untuk pengobatan segala problem yang berkaitan dengan pernapasan. Terutama berguna untuk orang yang menderita demam, bronkitis, dan asma. Didihkan daun mangga dalam air, lalu minum dengan dicampurkan sedikit madu. Dengan cara itu berguna membantu menyembuhkan batuk secara efektif. Selain itu, juga membantu untuk menyembuhkan serak atau suara hilang.


Baca juga:


(6) Menyembuhkan Disentri

Daun mangga dapat membantu mengobati perdarahan akibat disentri. Keringkan daun mangga di tempat teduh, buat menjadi bubuk halus, kemudian diminum bersama dengan air (minum 2-3 kali sehari) untuk menghentikan disentri.

(7) Menyembuhkan Nyeri Telinga

Memakai daun mangga sebagai obat herbal alami untuk nyeri telinga bisa memberikan kesembuhan. Satu sendok teh sari daun mangga yang digunakan sebagai obat tetes telinga dapat membantu meringankan sakit telinga. Hangatkan terlebih dahulu sebelum digunakan.

(8) Menyembuhkan Luka bakar

Untuk menyembuhkan luka bakar pada kulit. Caranya, bakar segenggam daun mangga hingga menjadi abu. Terapkan abu ini pada daerah yang mengalami luka bakar. Hal ini akan sangat membantu mengeringkan luka bakar Anda.

(9) Menghentikan Cegukan & Masalah Tenggorokan

Jika Anda menderita cegukan atau masalah tenggorokan lain, daun mangga merupakan obat alami yang sangat bagus. Bakar daun mangga dan hirup sedikit asapnya. Hal ini membantu menyembuhkan cegukan dan masalah tenggorokan.

(10) Membilas Perut

Tambahkan beberapa daun mangga kedalam air hangat, lalu tutup rapat, dan biarkan semalaman. Pada pagi harinya, saring air dan minum saat perut masih kosong. Asupan ini secara rutin akan bekerja sebagai tonik untuk perut yang baik dan membantu mencegah berbagai macam penyakit perut.

Daun Mangga Kaya Vitamin dan Nutrisi
Daun Mangga Kaya Vitamin dan Nutrisi

Mangga merupakan jenis buah yang bisa dipanen secara musiman. Buah mangga memiliki kandungan dan nutrisi yang sangat banyak, tetapi hal itu juga tidak berbeda dengan daunnya. Ternyata daun mangga juga kaya kandungannya yang berfungsi untuk mengobati berbagai macam penyakit. Nah, mulai saat ini jadikan daun mangga sebagai ramuan herbal untuk menjaga kesehatan kita setiap harinya. Semoga informasi ini bermanfaat dan menambah wawasan terkait mangga.

Share This

3 Trackbacks / Pingbacks

  1. Penting! Cara Memilih Jus Sesuai Jenis Penyakit - HALLOPEDIA.COM
  2. Disini Jawaban Khasiat Dan Manfaat Daun Sirih Hijau Merah - HALLOPEDIA.COM
  3. Awas, Efek Samping Meminum Tuak Setiap Hari – HALLOPEDIA.COM

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*