Awas, Efek Samping Meminum Tuak Setiap Hari

efek samping meminum tuak

Halloo.. salam sehat untuk sahabat HALLOPEDIA.COM

Pada artikel sebelumnya kami membahas tentang Keunikan Proses Pembuatan Minuman Tuak Khas Tuban. Untuk bahasan kali ini juga tidak terlepas mengenai minuman fenomenal yang satu ini, yaitu minuman tuak.

Disamping banyak khasiat dan manfaat meminum tuak yang akan anda dapatkan, ternyata tuak yang dikonsumsi secara berlebihan juga tidak bagus untuk kesehatan peminum. Meminum tuak setiap hari juga dapat menimbulkan efek samping. Memang pada dasarnya segala sesuatu yang digunakan secara berlebihan pasti akan menimbulkan dampak yang tidak baik. Terlepas halal atau haram meminum tuak, pada artikel ini kami akan membahas efek samping meminum tuak setiap hari.

Efek samping meminum tuakTuak adalah minuman tradisional khas Indonesia. Dalam sejarahnya, pada masa kerajaan minuman tuak kerap kali dijadikan sebagai Jamu oleh para pekerja keras, seperti petani, pemotong kayu dan lain-lain. Tuak juga dijadikan minuman wajib setiap kali masyarakat sedang berpesta. Baca: Fakta Menarik Tuak Tuban yang Wajib Anda Ketahui

Tuak memiliki rasa yang manis dan sedikit ada pahitnya. Minuman ini dihasilkan dari proses fermentasi getah nira kelapa atau rata-rata orang menyebutnya dengan sebutan “getah mayang”. Terdapat 4% kandungan alkohol yang ada dalam minuman tuak, itulah penyebabnya jika minuman ini dikonsumsi secara berlebihan akan menyebabkan seseorang mabuk kepayang.


Cara Membuat Tuak


Pertama-tama, getah nira yang didapatkan dari palem atau pohon kelapa akan di suling dengan alat khusus penyulih getah. Lalu getah yang keluar dari pohom palem atau kelapa tersebuk dikumpulkan terlebih dulu pada wadah khusus hasil penyulingan getah. Akan dilakukan proses fermentasi selama satu hari penuh atau juga dapat disesuaikan dengan keinginan si pembuat. Dari proses fermentasi itulah yang mengakibatkan getah nira memiliki kandungan alkohol.

Untuk meningkatkan kandungan alkohol yang lebih besar lagi maka akan dilakukan penyulingan lebih lanjut terhadap getah nira. Biasanya produksi tuak dengan kadar alkohol tinggi itu dilakukan di negara benua hitam seperti Negara Afrika. Akibat penyulingan lebih lama terhadap getah nira maka menghasilkan alkohol lebih tinggi dan kualitas serta aroma yang semakin brrrrrrr…

Sebenarnya terkait cara pembuatan minuman tuak ini sudah saya bahas pada artikel sebelumnya, yaitu Tips Mudah Membuat Tuak dari Beras


Efek Samping Meminum Tuak Setiap Hari


Pada dasarnya tuak memiliki khasiat dan manfaat yang cukup banyak, seperti yang saya tulis pada artikel sebelumnya yaitu khasiat dan manfaat minuman tuak. Pada cuaca yang dingin meminum tuak cukup bagus untuk menghangatkan tubuh. Selain itu meminum tuak secukupnya juga mampu mengatasi kesulitan tidur dan mengobati kelelahan setelah melakukan aktifitas rutin serta dapat menghilangkan stress yang berlebihan. Akan tetapi meminum tuak setiap hari (dalam artian meminum berlebihan) maka dapat membahayakan tubuh. Berikut ini efek samping meminum tuak setiap hari.

Gangguan pada “Hati”

Meminum tuak setiap hari dapat menjadi pemicu terhadap penimbunan lemak disekitar liver. Hal itu terjadi dikarenakan tuak memiliki sifat “panas” dan tajam sehingga dapat memblokir kemampuan tubuh dalam menghancurkan lemak serta juga dapat merusak sel-sel hati. Lemak yang mengendap dan tidak dapat disingkirkan dari jaringan hati karena meminum tuak dapat mengakibatkan fungsi hati menjadi menurun. Resikonya adalah peminum tuak yang berlebihan itu akan terserang pada organ tubuhnya, yaitu hati.

Pemicu Munculnya Maag

Seseorang yang meminum tuak setiap hari atau minum tuak secara berlebihan akan membuat berkurangnya nafsu makan, karena tuak memiliki efek “mengenyangkan” pada perut yang kosong sehingga mengakibatkan peminumnya selalu merasa kenyang. Mengonsumsi tuak dalam keadaan perut kosong bisa menimbulkan penyakit maag.


Baca artikel lainnya:


Gangguan pada Fungsi Otak

Memang segala sesuatu yang dikonsumsi secara berlebihan akan dapat menimbulkan dampak yang tidak baik. Seperti halnya meminum tuak yang berlebihan juga menyembabkan pembengkakan dan peradangan pada jaringan otak sehingga dapat memicu terjadinya gangguan koordinasi didalam otaknya. Kondisi seperti ini mengakibatkan daya ingat seseorang menurun.

Perubahan Perilaku

Seseorang yang meminum tuak setiap malam atau setiap hari secara berlebihan dapat menimbulkan ketegangan serta menghambat aliran darah menuju otak. Dengan kondisi seperti itu maka orang tersebut akan tidak mampu mengendalikan emosinya atau menjadi mudah marah. Kita sering mendengar atau melihat di media terkait kejahatan, pertengkaran, perkelahian dan pertikaian terjadi pada peminum tuak. Hal semacam itu dapat meresahkan masyarakat sekitar.

Peptic Ulcer atau Lambung Luka

Bahaya meminum tuak secara berlebihan juga dapat mengiritasi dasar dan dinding lambung. Seperti yang telah saya katakan di atas, hal itu terjadi karena tuak bersifat panas dan tajam. Perlu diketahui, lambung yang sensitif akan mudah mengalami peradangan atau iritasi.

Menurunnya Bobot Tubuh

Seseorang yang minum tuak memiliki selera makan yang rendah. Akan malas memakan nasi, roti, kue dan lain-lain, yang mengandung banyak karbohidrat. Jika kebiasaan “malas makan” itu terjadi terus menerus maka dapat dipastikan akan mengalami penurunan bobot tubuh terhadap peminumnya. Baca juga 10 Tips Cara Menurunkan Berat Badan 100% Berhasil

Timbul Masalah pada Jantung

Air tuak menjadi pemicu ketegangan dan pengerutan aliran darah serta menghambat kelancaran pada pembuluh arteri jantung sehingga mengakibatkan fungsi jantung dapat terganggu. Fungsi jantung yang mengalami masalah tersebut dapat menjadikan terhentinya alat pompa darah.

Seseorang yang hobi meminum tuak mulai dari usia muda maka akan sering mengalami kegelisahan, depresi dan kepanikan yang tidak pasti atau tak menentu. Seiring dengan kondisi yang seperti itu maka timbul halusinasi yang berlebihan dan tidak mampu membedakan mana khayalan mana realita.

Keguguran

Tuak tidak baik dikonsumsi oleh ibu-ibu yang sedang hamil, karena air tuak memiliki sifat panas serta akan memberi efek pembakaran terhadap organ janin yang baru akan membentuk. Air tuak dapat menggagalkan proses pembentukan pada janin, maka terjadilah keguguran.

Keracunan

Saking seringnya meminum tuak maka tubuh akan menolak zat-zat yang terdapat pada tuak. Tubuh menjadi tidak nyaman serta merespon dengan penolakan. Rasa tidak nyaman dari tubuh itu yang membuat seseorang akan mengalami keracunan, seperti perut menjadi mual, muntah-muntah, pingsan atau juga bisa kejang-kejang.

Seseorang yang menderita penyakit diabetes dan tidak mau meninggalkan kebiasaan meminum tuak maka beresiko meningkatnya kadar gula pada tubuh. Alkohol dan kadar gula yang tinggi terkandung dalam minuman tuak sehingga sangat tidak baik bagi seseorang yang memiliki penyakit diabetes.

Pada dasarnya, minuman tuak adalah minuman 18+ atau hanya untuk dikonsumsi oleh orang dewasa. Karena pada masa usia diatas usia 18 tahun tentunya seseorang mampu mempertanggung jawabkan dan dapat memilih mana yang baik untuk di konsumsi. Tentunya di usia dewasa seseorang akan lebih memahamai terkait makanan mana yang baik dan memiliki manfaat lebih terhadap tubuhnya.

Jadi, sebelum mengonsumsi minuman tuak, ada baiknya pertimbangkan dulu efek samping buruk terhadap kesehatan anda. Silahkan bagikan artikel ini di berbagai media sosial yang anda miliki agar teman ataupun kerabat anda menjadi tahu mengenai bahaya mengonsumsi minuman tuak. Terimakasih!

Baca artikel lainnya:

Share This

4 Trackbacks / Pingbacks

  1. Fakta Menarik Tuak Yang Wajib Anda Ketahui, Minuman Khas Kota Tuban - HALLOPEDIA.COM
  2. Keunikan Proses Pembuatan Minuman Tuak Khas Tuban - HALLOPEDIA.COM
  3. Tips Mudah Membuat Tuak Dari Beras - HALLOPEDIA.COM
  4. Inilah 6 Manfaat Bercinta Jika Dilakukan Secara Rutin – HALLOPEDIA.COM

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*