Inilah Khasiat Dan Manfaat Bayam Duri Yang Belum Diketahui

Jika pada artikel sebelumnya sudah kita bahas terkait manfaat sayur bayam, maka bahasan kita kali ini akan berbeda dengan bahasan sebelumnya. Kali ini kita akan membahas apasaja manfaat dan kandungan yang terdapat pada bayam duri. Kenapa kok disebut bayam duri? Memang sekilas tanaman ini mirip dengan bayam sayur, tetapi ada yang berbeda. Jika sayur bayam tidak ada durinya, maka bayam duri ini pohonnya berduri. Untuk penjelasan lebih lanjut, mari simak informasi ini hingga selesai.

Apa itu Bayam Duri?

Bayam duri (amaranthus spinousus) masuk kedalam jenis tanaman amaranth. Tanaman ini memiliki batang lunak atau basah, tingginya dapat mencapai 1 meter. Sebagai tanda yang paling mencolok dari tumbuhan bayam duri adalah pada pohon batang, tepatnya di pangkal tangkai daun terdapat duri-duri kecil, sehingga orang mengenalnya dengan sebutan bayam duri. Memiliki bentuk daun menyerupai belahan ketupat dan berwarna hijau. Bunganya berbentuk bunga bongkol, berwarna hijau muda atau kuning. Bayam duri banyak tumbuh secara liar di pekarangan rumah, ladang atau di jalan-jalan kampung. Bayam duri tumbuh baik di tempat-tempat yang cukup sinar matahari dengan suhu udara antara 25 hingga 35 Celcius.

Bayam duri memiliki banyak nama sebutan (nama lokal) di tiap-tiap daerah, diantaranya; bayem eri, bayem raja, bayem roda, bayem cikron (Jawa), senggang cucuk (Sunda), bayam keruai (Lampung), ternyak duri / ternyak lakek (Madura), podo maduri (Bugis), thorny amaranthus (Inggris) dan mungkin masih banyak nama-nama lain bayam duri yang tidak kita ketahui.

Bayam duri bisa dimanfaatkan sebagai obat tradisional untuk mengobati berbagai penyakit. Manfaat ini karena kandunga kimia positif yang terdapat didalam bayam duri. Adapun kandungan kimia itu adalah amarantin, rutin, spinasterol, hentriakontan, tanin, kalium nitrat, garam fosfat, zat besi, serta Vitamin (A, C, K dan B6).


Artikel terkait:


Manfaat Bayam Duri Untuk Kesehatan dan Pengobatan Tradisional Beserta Cara Penggunaanya

Bayam duri bisa dimanfaatkan untuk mengobati berbagai macam penyakit. Beberapa penyakit yang bisa diobati dengan menggunakan bayam duri, antara lain: kencing nanah, kencing tidak lancar, bronkitis, dapat melancarkan produksi ASI, penambah darah, eksim, bisul, dan demam. Adapun cara pengolahan untuk pengobatan bisa disimak dibawah ini.

[1] Bayam duri untuk obat kencing nanah

  • Bahan: 1 potong akar (dengan bonggolnya) bayam duri, adas pulawaras secukupnya.
  • Cara membuat: direbus dengan 1 liter air sampai mendidih dan disaring.
  • Cara menggunakan: diminum pagi dan sore

[2] Mengatasi kencing tidak lancar/ anyang-anyangan

  • Bahan: 1 potong akar (dengan bonggolnya) bayam duri.
  • Cara membuat: direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas.
  • Cara menggunakan: diminum sekaligus.

[3] Bayam duri untuk mengatasi demam

  • Bahan yang disiapkan: 2 genggam daun batang bayam duri dan 1 butir telur ayam kampung.
  • Cara membuat: Bayamduri ditumbuk halus, kemudian ditambah 1 gelas air secukupnya.
  • Cara menggunakan: tempelkan di dahi sebagai kompres.

[4] Gangguan pernapasan dan bronkitis

Untuk mengatasi gangguan pernapasan anda bisa membuat ramuannya seperti ini

  • Bahan: batang bayam duri lengkap dengan daun, bunga dan akarnya.
  • Cara membuat: ditumbuk halus, kemudian direbus dengan 1 liter air dan disaring.
  • Cara menggunakan: diminum pagi dan sore.

[5] Membantu Mempercepat produksi ASI

Produksi ASI yang telat biasanya terjadi kepada ibu ibu yang pertama kali melahirkan, namun yang sudah pernah pun didak tertutup kemungkinan mengalami masalah ini. Apabila terjadi keadaan seperti itu cobalah ambil batang bayam duri lengkap dengan daun, bunga dan akarnya. Kemudian dicuci bersi dan ditumbuk sampai halus. Cara menggunakannya cukup dioleskan/diborehkan diseputar payudara ibu.

[6] Bayam Duri untuk penambah Darah/mengatasi anemia

Untuk mengatasi anemia yang anda atau keluarga anda derita silahkan pilih dari kedua cara dibawah ini!

*Cara ke-1

  • Bahan 1 : genggam daun batang bayam duri dan 1 butir telur ayam kampung.
  • Cara membuat: daun bayam ditumbuk halus, kemudian ditambah 1 gelas air dan diperas/disaring, telur ayam kampung dimasukandan diaduk sampai merata.
  • Cara menggunakan: diminum (untuk orang dewasa 1 minggu sekali)

*Cara ke-2

  • Bahan 2 : genggam daun batang bayam duri dan 1 sendok makan madu.
  • Cara membuat: daun bayam ditumbuk halus dan diambil airnya, kemudian ditambah madu.
  • Cara menggunakan: diminum biasa (untuk bayi)

Demikian itulah beberapa kandungan serta manfaat bayam duri untuk pengobatan penyakit. Banyak sekali kandungan positif bayam duri yang bisa kita olah untuk menjaga kesehatan kita. Setelah kita mengetahui akan manfaat serta khasiat bayam duri, maka tidak ada salahnya kalau mulai sekarang kita masukkan bayam duri sebagai tumbuhan herbal yang bisa ditanam di pekarangan rumah kita.

Share This

1 Trackback / Pingback

  1. Khasiat dan Manfaat Blewah Inilah Yang Mencengangkan - HALLOPEDIA.COM

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*