Kandungan Gizi, Nutrisi dan Vitamin pada Buah Pisang (Jarang Diketahui)

How healthy are bananas? Bananas are rich in Vitamin B6 and a good source of fiber, vitamin c, magnesium and potassium.

Pisang merupakan salah satu buah yang memiliki rasa yang lezat dan dapat dinikmati dengan berbagai cara pengolahannya. Misalnya disajikan dengan gandum untuk sarapan pagi, menjadikannya bahan dasar smoothie yang menyegarkan, diolah dengan buah lainnya, dibikin jus ataupun langsung di makan tanpa harus ada varian tambahan.

Buah pisang tetap menjadi buah favorit di kalangan masyarakat Indonesia. Bukti nyata bahwa masyarakat masih menyukai buah ini karena hampir di semua daerah di Indonesia tidak kesusahan untuk mendapatkan buah ini. Misalnya Jawa, hampir di pinggir jalan masih banyak pedagang yang menjual buah pisang dengan varian yang berbeda-beda, ada yang berbentuk es campus, jus ataupun menjualnya dalam bentuk buah.

Kenapa buah pisang menjadi salah satu jenis buah-buahan yang populer di dunia?

Karena pada buah pisang terdapat kandungan gizi serta nutrisi yang sangat lengkap. Apalagi buah satu memiliki tekstur yang lembut, sehingga mudah dikonsumsi semua umur, anak-anak, remaja, ibu hamil hingga orang dewasa. Buah satu ini juga mudah tumbuh di semua daerah di Indonesia.

Pastinya anda menjadi penasaran, apa kandungan gizi dan nutrisi serta manfaatnya bagi kesehatan. Maka kali ini hallopedia mencoba berbagi informasi mengenai manfaat positif buah pisang jika dikonsumsi oleh manusia.

Kandungan Vitamin dan Nutrisi pada Buah Pisang

Buah pisang sudah diketahui manfaatnya oleh hampir semua masyarakat, tetapi masih jarang masyarakat yang mengetahui kandungan apa yang terdapat pada buah ini. Buah pisang memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang sangat kaya. Sangat banyak hingga daftar gizi dan nutrisinya pun sayang jika tidak kita paparkan bersama-sama berikut ini. Hasil kandungan gizi dan nutrisi buah pisang berikut ini ditemukan dalam 1 buah pisang. Rinciannya adalah sebagai berikut.

  • Kandungan zat besi sebanyak 0,3 miligram
  • Kandunga serat sebanyak 3 gram
  • Kandungan vitamin A sebanyak 81 UI
  • Kandungan vitamin B6 sebanyak 0,5 miligram
  • Kandungan niacin / vitamin b3 sebanyak 0,8 miligram
  • Kandungan sodium sebanyak 1 miligram
  • Kandungan vitamin C sebanyak 9 miligram
  • Kandungan kalium sebanyak 450 miligram
  • Kandungan potassium sebanyak 400 miligram
  • Kandungan folat sebanyak 25 microgram
  • Kandungan mangan sebanyak 0,3 miligram
  • Kandungan riboflavin / vitamin b12 sebanyak 0,1 miligram
  • Kandungan magnesium sebanyak 34 miligram
  • Kandungan karbohidrat sebanyak 23 gram
  • Kandungan protein sebanyak 1 gram

Kandungan-kandungan gizi vitamin dan nutrisi tersebut adalah yang menjadi latar belakang mengapa buah pisang memiliki manfaat yang sangat kaya. Setiap kandungan gizi vitamin dan nutrisi memiliki penjelasan umum, antara lain adalah seperti berikut ini.

Kandungan Vitamin pada Pisang dan Manfaatnya

Vitamin pada buah pisang ada dalam beberapa jenis dan macam-macam vitamin. Vitamin-vitamin tersebut antara lain adalah vitamin A, vitamin B6, dan vitamin C. Berikut ini penjelasan lebih dalam mengenai masing-masing vitamin.

  • Vitamin A; jumlah vitamin A dalam buah pisang sangat tinggi jumlahnya. Sangat baik sebagai pemasok antioksidan dalam tubuh. Antioksidan yang didapatkan melalui konsumsi dari buah pisang juga mampu melawan berbagai jenis penyakit. Baca juga 10 manfaat antioksidan bagi tubuh dan kesehatan
  • Vitamin B12; salah satu jenis vitamin yang umumnya ada pada buah naga ini juga terpadat pada buah pisang. Vitamin B12 memiliki manfaat dalam mendukung kerja sistem saraf dan sistem pembentukan DNA. Selain itu, juga memiliki peranan penting dalam pembentukan hemoglobin atau sel darah merah dalam tubuh manusia.
  • Vitamin B3; nama latin dari vitamin B3 adalah niasin. Merupakan vitamin yang sangat bermanfaat untuk mengikat kolesterol jahat dan menguranginya menumpuk dan membahayakan kondisi tubuh. Sehingga buah ini merupakan buah yang sangat cocok dikonsumsi oleh para penderita kolesterol tinggi. Baca Inilah 5 cara mudah mengurangi kolesterol
  • Vitamin C; kadar vitamin C dalam buah pisang sangatlah tinggi jumlahnya. Jika kita rutin mengonsumsinya, maka kebutuhan tubuh akan vitamin C dapat tercukupi dalam satu kali konsumsi saja per harinya. Sehingga buah pisang dipercaya menjadi salah satu buah yang baik untuk dikonsumsi harian oleh anda.
  • Vitamin B6; adalah vitamin yang dikenal juga dengan nama prydoxine. Vitamin B6 ini terkandung pada buah pisang dalam jumlah yang cukup dominan. Karena terdapat kandungan vitamin B6 pada buah pisang, maka dengan menggunakan buah pisang kebutuhan kulit, wajah, dan rambut serta kesehatan akan vitamin dapat tercukupi dengan baik.

Kandungan Mineral pada Buah Pisang

Ternyata buah pisang juga memiliki kandungan mineral dengan jenis-jenis yang berbeda yang bermanfaat pada sistem-sistem tubuh manusia. Kandungan mineral yang pasti ada pada buah pisang adalah kalium, potassium, folat, mangan, zat besi, sodium, dan magnesium. Ketujuh kandungan mineral itu memiliki peranan penting untuk tubuh. Betapa kaya-nya buah pisang, hanya dengan mengonsumsi satu buah saja anda sudah mendapatkan manfaat yang sangat banyak.

Anda dalam sekali konsumsi dapat memasok tujuh mineral sekaligus. Sehingga kemampuan buah pisang untuk menyediakan mineral sangatlah dibutuhkan manusia. Itulah yang menyebabkan alasan buah pisang memiliki manfaat yang sangat banyak.

Kandungan Karbohidrat pada Buah Pisang

Ternyata buah pisang merupakan tumbuhan yang kaya akan karbohidrat. Jumlah karbohidrat tersebut dapat membantu tubuh dengan sangat bermanfaat dalam hal kesehatan ataupun kecantikan. Anda juga dapat memanfaatkannya sebagai makanan penunda lapar. Manfaat lebih detailnya akan disampaikan di bagian berikutnya. Baca Inilah makanan kaya akan karbohidrat dan fungsinya untuk kesehatan

Protein yang Tinggi pada Buah Pisang

Buah pisang merupakan salah satu tumbuhan dengan kandungan protein yang cukup tinggi. Protein juga merupakan salah satu kandungan buah pisang yang menjadi alasan manfaat buah pisang sangatlah banyak. Untuk tahu apa saja manfaat buah pisang yang dilatarbelakangi oleh kandungan protein akan dijelaskan di bagian berikutnya.

Kandungan Serat pada Buah Pisang

Seperti yang sudah dijelaskan pada artikel sebelumnya, buah pisang merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan serat yang sangat tinggi. Untuk membantu sistem pencernaan manusia, kandungan serat sangat dibutuhkan. Serat yang terdapat pada buah ini menunjukkan bahwa buah pisang adalah salah satu buah yang kaya akan manfaat dan kandungannya. Baca Manfaat serat pada tubuh manusia

Setelah mengetahui lebih jauh tentang kandungan-kandungan gizi, nutrisi serta vitamin pada buah pisang, tentunya tidak lengkap rasanya tanpa mengetahui khasiat dan manfaat dari buah pisang itu sendiri. Bagian selanjutnya akan kita ketahui manfaat dari buah pisang untuk kesehatan dan kecantikan tubuh manusia. Silahkan baca DI SINI

Baca juga artikel lainnya:

Share This

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. 20 Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan dan Kecantikan Tubuh Wanita – HALLOPEDIA.COM
  2. 6 Macam Buah-buahan Untuk Meningkatkan Gairah Seksual dan Sembuhkan Ejakulasi Dini – HALLOPEDIA.COM

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*