Kandungan, Manfaat dan Bahaya Sayur Brokoli Bagi Kesehatan

kandungan, manfaat dan bahaya brokoli
kandungan, manfaat dan bahaya brokoli

Brokoli yakni sejenis sayuran yang memiliki warna hijau. Sayur ini tergolong sebagai sayur suku kubis-kubisan yang berasal dari Laut Tengah, dan telah dibudidayakan sejak era Yunani kuno. Tahun 1970-an barulah brokoli masuk ke Indonesia. Sayur Brokoli sering disebut sebagai “Sayuran Super” karena mengandung berbagai Nutrisi atau Gizi tinggi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Brokoli memiliki kemiripan dengan kembang kol, akan tetapi terdapat perbedaan yaitu brokoli memiliki warna hijau sedangkan kembang kol ada warna putihnya.

Sayur brokoli dapat di makan secara mentah ataupun juga dengan cara di masak. Beberapa survey penelitian menunjukan bahwa sayur brokoli akan memberikan manfaat kesehatan yang maksimum apabila di kukus. Sayur Brokoli juga disering diolah menjadi Jus bersama dengan beberapa buah ataupun sayuran lainnya seperti Wortel dan Apel.

Pada kesempatan ini, kami akan berbagi soal apa saja kandungan, manfaat sekaligus bahaya mengonsumsi sayur brokoli bagi kesehatan. Simak terus hingga selesai!

Kandungan Sayur Brokoli

Perlu kita ketahui bahwa sayur yang tidak begitu disukai anak-anak ini ternyata kaya akan kandungan positifnya. Sayur brokoli mengandung Folat, Vitamin C, Vitamin K, zat besi dan potasium (kalium) tinggi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Berikut ini adalah kandungan gizi atau nutrisi pada setiap 100 gram sayur brokoli.

  • Kalori : 34 kcal
  • Karbohidrat : 6.6 gr
  • Air : 89%
  • Protein : 2.8 gr
  • Gula : 1.7 gr
  • Serat : 1.7 gr
  • Lemak : 0.4 gr
  • Vitamin A : 31 IU
  • Vitamin C : 89.2 mg
  • Vitamin D : 0.1 IU
  • Vitamin E : 0,78 mg
  • Vitamin K : 101,6 IU
  • Vitamin B1 (Thiamine) : 0,07 mg
  • Vitamin B3 (Niacin) : 0,64 mg
  • Vitamin B2 (Riboflavin) : 0,12 mg
  • Vitamin B5 (Panthothenic acid) : 0,57 mg
  • Vitamin B9 (Folat) : 63 IU
  • Vitamin B6 (Pyridoxine) : 0,18 mg
  • Vitamin B12 : 0.1 IU
  • Kalsium : 47 mg
  • Zat besi : 0,73 mg
  • Magnesium : 21 mg
  • Potassium (Kalium) : 316 mg
  • Fosfor : 66 mg
  • Seng (Zinc) : 0,41 mg
  • Sodium : 33 mg.

Sangat banyak sekali kan kandungan yang ada pada sayuran satu ini. Semua kandungan tersebut sangat bagus untuk tubuh kita, tentu konsumsinya dalam takaran yang pas atau tidak berlebihan. Dibawah ini adalah tips agar kandungan yang ada pada sayur brokoli tetap terjaga. Supaya mendapatkan hasil yang optimal saat mengonsumsi brokoli ada beberapa hal yang harus di perhatikan. Diantaranya adalah :

  • Masaklah brokoli tidak dengan memakai minyak goreng, karena hal itu dapat berdampak pada meningkatkan kolesterol.
  • Dalam memaskanya, usahakan tidak perlu memakan waktu lama. Karena dengan merebus brokoli dalam jangka waktu yang lama dapat menurunkan kandungan yang ada pada sayur tersebut.
  • Jangan memakan waktu lama untuk menaruhnya di kulkas, karena akan mempengaruhi kandungan yang ada. Belilah brokoli yang segar, dan akan lebih baik jika Anda langsung memasaknya.

Manfaat Sayur Brokoli Untuk Kesehatan Tubuh

kandungan, manfaat dan bahaya brokoli
kandungan, manfaat dan bahaya brokoli

Selain mengandung mineral dan vitamin, brokoli juga mengandung berbagai senyawa tumbuhan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Beberapa senyawa tumbuhan yang terkandung pada sayur brokoli ini antara lain seperti Sulforaphane, Indole-3-Carbinol, Carotenoids, Kaempferol dan Quercetin. Di bawah ini adalah beberapa manfaat sayur brokoli untuk kesehatan kita, dan tentu manfaat ini jarang diketahui oleh sebagaian masyarakat Indonesia.

[1] Mencegah Kanker

Brokoli juga mengandung senyawa fitokimia yang bernama isothieocynate dan indole yang mempunyai sifat anti kanker. Senyawa-senyawa tersebut meningkatkan detoksifikasi dan bertindak sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Sifat anti kanker yang dimiliki brokoli tersebut juga berfungsi untuk mencegah terjadinya masalah adanya kanker payudara, kanker ovarium dan kanker kandung kemih.

[2] Menjaga Kesehatan Mata

Zeaxanthin, beta karotin, vitamin A, fosfor dan Vitamin lainnya seperti; Vitamin B kompleks, vitamin c, vitamin E yang ditemukan dalam brokoli adalah nutrisi yang baik sekali untuk kesehatan mata. Zat-zat tersebut dapat melindungi mata dari degenerasi Makular dan Katarak dan juga mampu memperbaiki kerusakan-kerusakan yang diakibatkan oleh sinar radiasi. Perlu diketahui juga bahwa vitamin A dalam kandungan sayur ini, sejak dulu dikenal untuk menjaga kesehatan mata dan juga bisa mempertajam penglihatan.

[3] Menjaga Sistem Pencernaan

Sayur brokoli juga dapat membantu sistem pencernaan kita tetap dalam kondisi sehat. Brokoli yang kaya akan serat, magnesium dan vitamin dapat memperlancar sistem pencernaan dan membantu mengatasi sembelit.

Tidak hanya itu saja, terdapat kandungan sulforaphane pada brokoli yang fungsinya adalah meningkatkan produksi enzim pada organ hati. Enzim yang diproduksi itu dipengaruhi oleh sulfarophane yang bisa mengeluarkan zat penyebab gejala kanker. Bahkan sulfarophane juga bisa membantu mengurangi resiko terjadinya masalah pada pencernaan, seperti infeksi lambung atau maag.

[4] Menjaga Kesehatan Kulit

Nutrisi atau gizi yang penting untuk menjaga kulit selalu sehat adalah antioksidan, vitamin C, beta karoten, vitamin B kompleks, vitamin E, vitamin A, vitamin K, asam lemak Omega 3 dan folat. Semua nutrisi yang disebut diatas dapat ditemukan di sayur brokoli. Selain itu brokoli juga mengandung senyawa glucoraphanin yang bisa membantu kulit dalam memperbaiki sel kulit mati yang disebabkan oleh paparan sinar matahari maupun proses penuaan dini.

[5] Dapat Mengontrol Kolesterol

Ketika Anda sedang memakan brokoli yang dimasak dengan cara direbus/dikukus maka dapat memunculkan efek yang positif untuk kesehatan jantung, sehingga dapat menghindarkan dari gejala penyakit jantung.

Ternyata tak hanya itu saja manfaatnya, brokoli yang kaya akan kandungan seratnya juga mampu mengurangi penumpukan kolesterol pada tubuh. Dengan mengonsumsi rutin brokoli setiap hari, pastinya kolesterol jahat pada tubuh lambat laun akan hilang dan aliran darah pada tubuh kita menjadi lancar.

[6] Mampu Mengontrol Tekanan Darah

Mengonsumsi rutin sayuran brokoli juga sangatlah membantu dalam menjaga tekanan darah kita. Alasannya tak lain karena brokoli mengandung kalium dan magnesium yang dipercaya mampu mengontrol tekanan darah tinggi. Sehingga ketika Anda mengonsumsi sayuran hijau yang satu ini dengan rutin, maka dapat menjadikan tekanan darah Anda menjadi stabil, normal dan terhindar dari tekanan darah tinggi sebagai penyebab adanya penyakit kronis.

[7] Menu Diet Bagus

Sayur brokoli kaya akan kandungan seratnya. Nah, serat yang tinggi itulah yang bisa membuat perut kita selalu terasa kenyang. Oleh sebab itu, brokoli adalah alternatif menu yang sangat bagus dan direkomendasikan untuk mereka yang sedang menjalani program diet. Untuk merasa kenyang, cukup Anda mengonsumsi rutin sayur brokoli dan mengurangi untuk mengonsumsi nasi yang banyak kandungan proteinnya.

[8] Menjaga Kesehatan Gigi dan Tulang

Pada umumnya, sayur-sayuran hanya memiliki manfaat untuk menjaga kebugaran dan kesehatan pencernaan saja. Berbeda dengan sayur brokoli, ternyata sayur satu ini juga kaya akan kandungan kalsiumnya, yang sangat bagus untuk menjaga kesehatan tulang sekaligus memperkuat gigi kita.

Demikian itulah beberapa manfaat yang akan Anda peroleh jika mengonsumsi rutin sayur brokoli. Kandungan yang banyak sekaligus manfaatnya, tentu Anda harus memasukkan list sayur satu ini sebagai menu harian Anda. Pastinya mengonsumsinya pun harus sesuai takaran. Jangan berlebihan!


Artikel terkait:


Bahaya Mengonsumsi Brokoli

Meskipun brokoli dapat menyehatkan tubuh karena kandungan positifnya, Anda harus mengonsumsinya dalam porsi yang wajar (tidak berlebihan). Alasannya yakni jika brokoli dikonsumsi dalam takaran yang over maka bukan manfaat yang akan didapatkan, justru malah akan menimbulkan efek samping yang tidak baik bagi kesehatan.

Dari beberapa penelitian menunjukkan bahwa memakan brokoli dengan berlebihan dapat merusak dan menggangu fungsi kelenjar teroid. Pada sayur brokoli terkandung bahan kimia goitrogens. Saat zat tersebut masuk dalam tubuh dalam takaran berlebih dapat menggangu kelenjar tiroid, dan akan menimbulkan hipotiroidsme.

Bila kondisi tersebut diabaikan/dibiarkan maka akan merembet pada problem lainnya, seperti obesitas dan penyakit jantung. Jadi, meskipun Anda tahu bahwa brokoli sangat beragam manfaatnya, dan Anda menyukai sayur ini, maka kami sarankan untuk tidak berlebihan mengonsumsinya. Demikian informasi yang kami bagikan, semoga bermanfaat!

Share This

8 Trackbacks / Pingbacks

  1. Sangat Banyak Khasiat Dan Manfaat Pada Daun Bakung - HALLOPEDIA.COM
  2. 5 Tips Hidup Sehat Agar Tidak Mudah Stress - HALLOPEDIA.COM
  3. Penting! Cara Memilih Jus Sesuai Jenis Penyakit - HALLOPEDIA.COM
  4. Ukuran Porsi Makan Untuk Diet Yang Ideal - HALLOPEDIA.COM
  5. Pengertian Kolesterol Dan 5 Cara Mudah Menurunkannya – HALLOPEDIA.COM
  6. 5 Cara Mudah Meningkatkan Gairah Seksual – HALLOPEDIA.COM
  7. Daun Bakung – Bentuk, Kandungan dan Manfaatnya Untuk Kesehatan – HALLOPEDIA.COM
  8. 7 Manfaat Daun Bawang Untuk Kesehatan (Jarang Diketahui) – HALLOPEDIA.COM

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*