Kekurangan Gizi || Pengertian, Cara Mengatasi, Penyebab dan Gejala

Cara mengatasi kekurangan gizi
Cara mengatasi kekurangan gizi

Kekurangan gizi adalah kondisi dari gejala malnutrisi dengan keadaan perkembangan fisik maupun mental kurang maksimal yang biasa terjadi akibat gangguan masalah antara kurang asupan nutrisi atau juga gangguan pada proses penyerapan nutrisi yang telah masuk ke dalam tubuh penderita tersebut. Konon kelapa hijau juga bisa sembuhkan kekurangan gizi.

Penyebab Kekurangan Gizi

[1] Kurang Asupan Nutrisi

Kondisi yang paling jelas dari kekurangan gizi salah satunya adalah kurangnya asupan gizi yang masuk ke dalam tubuh. Meskipun pada tubuh kita sudah tersimpan sejenis lemak positif dan beragam vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan, tetapi tidak dibarengi dengan asupan nutrisi lain yang menunjang kesehatan tubuh, maka lambat laun kekurangan gizi bisa menimpa tubuh kita.

Pada tiap gerakan tubuh kita akan mengeluarkan energi dan zat-zat yang dibutuhkan tubuh. Jika tidak dibarengi akan adanya cadangan energi, maka hal itu akan berdampak buruk terhadap kesehatan. Bahkan dalam kegiatan tidur pun tubuh kita selalu memerlukan energi. Terlebih jika kita memiliki aktifitas lain yang memakan energi lebih banyak. Tentu nutrisi tubuh sangat diperlukan.

Kurangnya asupan nutrisi bisa dilatarbelakangi oleh beberapa hal, bisa karena faktor ekonomi yang tidak baik sehingga sulit mendapatkan makanan yang layak yang mengandung nutrisi yang cukup. Atau bisa saja terjadi karena kesalahan dalam menjalankan diet, sehingga berujung akan kurangnya nutrisi. Baca: 10 makanan yang baik untuk diet

[2] Serangan penyakit

  • Infeksi diare

Masalah pencernaan seperti infeksi diare juga menjadi salah satu penyebab kurangnya gizi pada tubuh. Kenapa demikian? Karena dengan terjangkitnya diare maka penyerapan nutrisi ke dalam tubuh tidak berjalan dengan maksimal. Terlebih jika masalah diare ini dibarengi dengan mual dan muntah yang bisa menyebabkan dehidrasi. Hal tersebut sangat membahayakan tubuh, terlebih jika sampai dalam kondisi dehidrasi.

Jika terkena penyakit diare usahakan jangan sampai pada tahap dehidrasi. Hindari terjadinya kekurangan cairan. Jika hal itu terjadi, solusinya adalah memberi asupan cairan yang baik melalui oralit, minum air putih, atau bisa juga dengan cairan infus.

  • Kanker kolon

Pada umumnya, kanker kolon seringnya menyerang pada sistem pencernaan khususnya pada bagian usus. Apabila penyakit ini diabaikan dalam waktu yang panjang atau tidak ditangani dengan penanganan yang serius, maka secara tak langsung proses penyerapan nutrisi akan menjadi terhambat. Meskipun makanan yang masuk kedalam tubuh tertarak dengan nutrisi yang cukup, tetapi jika kanker kolon ini menimpa pasien maka tubuh tidak akan dapat menyerap makanan tersebut dengan baik. Dan secara perlahan timbullah kekurangan gizi.

Gejala Kekurangan Gizi

[1] Kulit dan Rambut Terlihat Kering

Jika kita mau teliti dan memperhatikan dengan seksama, maka penderita kekurangan gizi akan terlihat pada permukaan kulitnya seperti kering dan bersisik. Hal tersebut adalah pertanda kurangnya nutrisi yang baik guna menjaga kesehatan kulit secara normal. Hal lainnya terlihat pada kondisi kesehatan rambut. Orang yang kekurangan gizi biasanya pada rambutnya terlihat kusam dan kering, jauh pada kondisi rambut yang sehat dan tercukupi nutrisinya.

[2] Masalah Kesehatan Mulut

Untuk memaksimalkan kinerja tubuh maka dibutuhkan asupan vitamin dan nutrisi yang cukup. Bagi penderita kurang gizi, hal yang menyebabkannya salah satunya adalah kurangnya asupan tersebut. Akibat kurangnya asupan nutrisi dan vitamin, maka dampak yang paling terlihat jelas adalah timbulnya beragam masalah pada mulut, misalnya gusi menjadi bengkak, gusi mudah berdarah, timbulnya sariawan dan bibir pecah-pecah & kering.

[3] Berat Badan Kurang

Ini adalah gejala yang paling dominan. Karena penderita kurang gizi identik dengan berat badan di bawah berat pada umumnya. Orang yang kekurangan gizi biasanya tubuhnya kurus dan kering, sehingga gambaran tulangnya pun sampai terlihat jelas. Biasanya hal itu juga dibarengi dengan pertumbuhan fisik yang tidak normal. Tak dapat dipungkiri bahwa pertumbuhan yang normal dan tubuh yang sehat harus dibarengi dengan asupan nutrisi dan zat-zat positif yang dibutuhkan oleh tubuh.

[4] Aktifitas Menjadi Terhambat

Orang yang asupan nutrisinya kurang maka kemungkinan besar kondisi tubuhnya menjadi lemah. Dengan kondisi tubuh yang tidak normal akan menghambat aktifitas sehari-hari dan aktifitasnya pun menjadi tidak produktif. Di sisi lain, aktifitas otak pun sudah berkonsentrasi dan tidak bisa memaksimalkan fungsi otak. Orang yang kekurangan nutrisi (kurang gizi) aktifitas hariannya menjadi terhambat. Yang sering kita jumpai dari orang yang kekurangan gizi, ia mudah lelah dan kelelahannya itu menjadikan ia gampang pingsang.

[5] Terkikisnya Kekebalan Tubuh

Orang yang menderita kekurangan gizi dapat berakibat mudahnya terserang beragam penyakit. Hal ini terjadi lantaran kondisi tubuhnya tidak fit dan kekuatan tubuhnya juga berkurang. Penyakit yang menyerang organ dalam pun bisa saja terjadi terhadap orang yang menderita kekrangan gizi, mulai dari penyakit; lambung, organ paru-paru dan lainnya.

Terkikisnya sistem kekebalan tubuh akibat kurangnya asupan gizi menyebabkan penderitanya mudah terserang berbagai macam penyakit, baik penyakit luar maupun penyakit organ dalam.

[6] Tulang Menjadi Lemah

Selain aktifitas harian menjadi menurun, dari dalam organ tubuh khususnya bagian tulang bisa timbul kerapuhan. Bagi penderita kurang gizi, insiden tulang patah-rapuh-retak rentan menghampirinya. Hal itu bisa terjadi karena buruknya ketersediaan cadangan nutrisi yang memadai yang salah satu fungsinya untuk menunjang komponen tulang sehat secara optimal. Tulang yang lemah dan mudah rapuh dapat membatasi ruang gerak penderita kurang gizi.


Baca juga:


Cara Menangani Kasus Kekurangan Gizi

[1] Mencukupi Asupan Nutrisi

Cara mengatasi kekurangan gizi yang paling utama adalah dengan memberikan nutrisi secara layak, mulai dari makanan yang mengandung vitamin, karbohidrat, protein dan nabati. Untuk mendapatkan vitamin konsumsilah sayur-sayuran. Untuk mencukupi karbohidrat makanlah roti atau nasi. Lauk pauk juga sangat bagus untuk mendapatkan protein. Mengonsumsi buah-buahan dan susu sangatlah bagus untuk menunjang kesehatan tubuh. Pada intinya, agar asupan nutrisi tercukupi, maka ikutilah aturan makanan 4 sehat 5 sempurna.

[2] Lakukan Pengobatan

Prosedur yang satu ini harus dilakukan secara spesifik jika memang ditemukan gejala penyakit yang memang melatarbelakangi munculnya kekurangan gizi tersebut. Misalnya, pengobatan secara intensif pada diare lantaran infeksi maupun permasalahan pencernaan lain yang berhubungan langsung dengan sistem serap nutrisi pada tubuh yang umumnya terletak pada saluran usus. Fokus terapi untuk penyakit pemicu ini akan semakin dapat memaksimalkan pula penanganan pada gejala kekurangan gizi secara sekaligus.

[3] Mengurangi Kebiasaan Buruk

Beberapa kebiasaan kurang sehat seperti merokok, minum alkohol dan begadang hendaknya harus dikurangi. Karena kebiasaan tersebut tidak memberikan sedikitpun manfaat pada tubuh, justru malah membahayakan kesehatan tubuh kita. Hindari diet yang salah karena juga akan berakibat fatal pada kurangnya nutrisi.

Sebaiknya lakukan kegiatan yang positif seperti olahraga, tidur teratur, menjaga dan memperhatikan pola makan. Jika hal tersebut diabaikan dan tetap melakukan kebiasaan buruk yang kami jelaskan tadi, tak ayal jika beragam masalah kesehatan mendatangi kita. Cobalah untuk senantiasa bijak dalam memilih gaya hidup.

[4] Selalu Berusaha Memperbaiki Kondisi Ekonomi

Hal yang paling bertanggung jawab untuk masalah ini adalah pemegang kekuasaan, yaitu pemerintah. Pemerintah tentunya harus selalu mengontrol kondisi ekonomi warganya. Karena masyarakan yang tergolong dalam masyarakat miskin akan kesulitan dalam memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Di Indonesia bagian timur, faktor yang paling dominan sebagai penyebab kurang gizi adalah faktor kemiskinan. Bagaimana mereka akan mendapatkan makanan yang kaya akan kandungan nutrisi jika uang saja tidak ada.

Pemerintah dalam hal ini memiliki tanggung jawab penuh. Alternatif untuk membantu mereka yang kekurangan gizi adalah dengan memberikan bantuan sembako, sayur-sayuran, buah dan makanan lainnya yang menunjang agar nutrisinya tercukupi.


Nah, demikianlah informasi mengenai ulasan cara mengatasi kekurangan gizi. Dalam artikel yang kami jelaskan disertai juga soal pengertian, gejala dan penyebab kurangnya gizi. Terdapat daftar opsi untuk memerangi penyakit kekurangan gizi pada masyarakat.

Semoga kita semakin peduli dengan kesehatan kita dan tetap menjaga pola hidup yang sehat. Tak kalah penting juga adalah kewajiban kita untuk memperdulikan kondisi masyarakat sekitar dengan berbagi agar masyarakat tidak sampai pada tahap kekurangan gizi. Semoga informasi ini bermanfaat!

Salam sehat untuk Anda dan keluarga!

Share This

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Wajib Tau! Inilah Khasiat dan Manfaat Air kelapa Hijau - HALLOPEDIA.COM
  2. 10 Manfaat Strawberry Yang Jarang Diketahui Oleh Pembeli - HalloPedia

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*