Wajib Tau! Inilah Khasiat dan Manfaat Air kelapa Hijau

manfaat air kelapa

Ada beberapa manfaat minum air kelapa hijau yang sangat mengagumkan untuk kesehatan dan berguna mencegah datangnya berbagai macam penyakit.

Air kelapa, khususnya kelapa hijau sudah sejak lama menjadi salah satu minuman yang paling populer diminum masyarakat di daerah tropis. Air kelapa tak hanya dapat menyegarkan tubuh saja, tetapi juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Air kelapa hijau adalah sejenis minuman yang diproduksi oleh kelapa. Air kelapa hijau memiliki banyak kandungan, seperti: mineral, vitamin, antioksidan, asam amino, enzim. Yang kesemuanya dari kandungan itu sangatlah dibutuhakan oleh tubuh kita. Tak hanya itu saja, air kelapa juga memiliki kandungan lemak rendah, yaitu hanya memiliki 1/5 dari gula yang ditemukan pada sebagian besar jus buah segar.


Terdapat 12 manfaat yang akan Anda dapatkan dengan mengonsumsi air kelapa hijau, antara lain:


[1] Mencegah dehidrasi

Sebab adanya kesamaan air kelapa hijau dengan cairan yang ada dalam tubuh kita, maka dengan mudah kandungan yang ada dapat diserap oleh tubuh dan menggantikan ion tubuh yang hilang. Air kelapa dapat mempertahankan tingkat cairan tubuh dan kandungan potasium yang membantu menjaga tekanan air dalam sel dan darah. Elektrolit dalam air kelapa hijau juga sangat dibutuhkan untuk kontraksi otot yang tepat dan menghasilkan energi. Kandungan kalium dalam air kelapa juga dapat mencegah hipertensi. Baca: cara atasi dehidrasi saat puasa.

[2] Menambah energi dalam tubuh

Air kelapa hijau memiliki efek normalisasi dan memberikan tambahan energi untuk tubuh sehingga dapat mengatasi beberapa problem kesehatan. Nah, untuk itu bagi Anda yang mempunyai aktifitas berat dan membutuhkan energi lebih maka tak ada salahnya meminum air kelapa sebagai minuman penambah energi alami.

[3] Pengobatan kekurangan gizi

Elektrolit atau minuman utama yang terdapat dalam air kelapa hijau diketahui sama dengan yang ditemukan dalam darah manusia. Ditemukan dari sebuah penelitian menunjukkan bahwa selama rentan waktu 60 tahun mendokumentasikan keberhasilan penggunaan air kelapa hijau dalam pengobatan kekurangan gizi dan dehidrasi. 

[4] Menjaga kesehatan Jantung dan ginjal

Khasiat lain dari air kelapa hijua yaitu untuk mengurangi resiko hipertensi dan stroke sekaligus membantu mencegah atau mengatasi batu ginjal.

[5] Menjaga kesehatan pencernaan

Air kelapa hijau dapat Meningkatkan kesehatan pencernaan dan metabolisme tubuh melalui enzim bioaktif. Selain itu air kelapa juga bermanfaat untuk menenangkan usus nyeri/kejang. 

[6] Mendukung fungsi sisitem imun

Kandungan asam laurat yang berupa anti-jamur, anti-bakteri dan anti-virus dalam air kelapa dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam memerangi infeksi sekaligus membantu memberantas cacingan dan candida. 

[7] Mengeluarkan racun dalam tubuh

Air kelapa segar mengandung enzim yang membantu untuk detoksifikasi dan memperbaiki tubuh.

[8] Membantu menangkal radikal bebas

Air kelapa mengandung tinggi antioksidan yang dapat membantu tubuh melawan efek buruk yang ditimbulkan oleh radikal bebas. Usahakan anda memilih air kelapa murni yang langsung dari buahnya untuk mendapatkan manfaat yang lebih, usahakan hindari beberapa produk olahan air kelapa yang mungkin sudah tercampur oleh bahan kimia yang dapat mengurangi manfaat air kelapa.

[9] Membantu menstabilkan tekanan darah

Salah satu manfaat dari air kelapa adalah membantu mencegah tekanan darah tinggi. Selain itu air kelapa juga mengandung berbagai macam vitamin dan mineral. Air kelapa mengandung kalium dan magnesium, yang keduanya membantu untuk menurunkan tekanan darah anda secara alami.

[10] Menstabilkan kadar kolesterol

Sudah kita ketahui bersama bahwa air kelapa kaya akan kandungan mineral dan salah satunya adalah kalium. Kalium diketahui dapat menjaga kadar kolesterol. Oleh karena itu tidak heran jika air kelapa disebut-sebut sebagai salah satu minuman pencegah kolesterol.

[11] Mengatasi migren

Air kelapa hijau memiliki manfaat untuk mencegah migrain karena kandungan magnesium yang dimilikinya. Daripada anda harus mengkonsumsi suplemen magnesium yang tubuh Anda mungkin tidak mampu menyerap dengan baik, Anda dapat minum minuman seperti air kelapa yang jauh lebih alami dan tubuh dapat memanfaatkan nutrisi yang ditemukan di dalamnya.

[12] Membantu menurunkan berat badan

Salah satu manfaat lain dari air kelapa hijau adalah kemampuannya dalam meningkatkan metabolisme tubuh. Dengan meningkatnya metabolisme tubuh maka dapat menyimpan lebih sedikit lemak dalam tubuh anda.


Artikel terkait:


Adapun manfaat tambahan dari air kelapa hijau selain dikonsumsi secara langsung yakni dapat memberikan manfaat bagi tubuh. Air kelapa ketika diterapkan pada bagian tubuh seperti kulit dan rambut dapat memberikan bantuan kecantikan. Air mengandung nutrisi penting seperti vitamin yang bisa membuat kulit menjadi lebih cantik dan mulus. Sedangkan pada rambut, air kelapa dapat membantu menguatkan folikel rambut sehingga akan mencegah rambut rontok. Tak berhenti sampai disitu, air kelapa juga sangat bagus untuk ibu hamil karena memiliki sifat elektrolit yang akan mencukupi kebutuhan cairan saat hamil. Dimana pada kondisi ini wanita akan sangat mudah dehidrasi dan itu berdampak buruk terhadap kesehatan bayi.

Nah, demikian itulah beberapa daftar manfaat air kelapa hijau bagi kesehatan tubuh kita. Selain air kelapa banyak mengkonsumsi air putih diketahui juga dapat mencegah dari berbagai macam penyakit sekaligus mendukung kesehatan secara keseluruhan.

Share This

9 Trackbacks / Pingbacks

  1. Inilah Khasiat Dan Manfaat Bayam Duri Yang Belum Diketahui - HALLOPEDIA.COM
  2. Ini Nih Khasiat Dan Manfaat Sayur Bayam - HALLOPEDIA.COM
  3. Ternyata Banyak Khasiat Dan Manfaat Sayur Brokoli - HALLOPEDIA.COM
  4. Khasiat Dan Manfaat Daun Meniran Yang Harus Anda Tau - HALLOPEDIA.COM
  5. Atasi Dehidrasi Saat Puasa Dengan Cara Ini - HALLOPEDIA.COM
  6. Detail! Penyebab Dan Cara Atasi Kekurangan Gizi - HALLOPEDIA.COM
  7. 5 Tips Hidup Sehat Agar Tidak Mudah Stress - HALLOPEDIA.COM
  8. Tips Mengobati Impotensi Dengan Air Kelapa (Pria Wajib Baca) – HALLOPEDIA.COM
  9. Kekurangan Gizi || Pengertian, Cara Mengatasi, Penyebab dan Gejala *_*

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*