Makanan Kaya Karbohidrat dan Fungsinya Bagi Tubuh Kita

makanan kaya karbohidrat

Kali ini Hallopedia akan membahas mengenai beberapa jenis makanan terbaik yang memiliki sumber karbohidrat sebagai pengganti nasi serta fungsinya untuk tubuh kita.

Apa itu karbohidrat? Karbohidrat adalah sumber energi utama tubuh dan merupakan zat gizi yang terdapat dalam makanan yang tersusun dari unsur Carbon (C), Hidrogen(H), dan oksigen (O). Keberadaan karbohidrat di bumi cukup melimpah dan merupakan salah satu nutrisi yang sangat diperlukan oleh tubuh manusia.

Jenis karbohidrat yang terdapat dalam makanan pada umumnya di bagi menjadi 3 jenis berdasarkan ukuran molekul nya yaitu: Monosakarida, Disakarida dan polisakarida. Polisakarida dalam bahan makanan hewani yang dapat dicerna disebut dengan Glikogen. Selain itu dalam ilmu gizi, karbohidrat dibagi menjadi dua jenis yaitu karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks. Selengkapnya baca Jenis-jenis karbohidrat

Sumber Karbohidrat

Ternyata sangat banyak sumber-sumber karbohidrat yang terdapat pada tubuh kita, antara lain :

  1. Yang masuk kategori sumber karbohidrat pada biji, misalnya beras, jagung dan gandum
  2. Karbohidrat yang terdapat pada buah-buahan, antara lain pisang dan semua jenis buah yang memiliki rasa manis pasti memiliki kandungan karbohidrat
  3. Akar/umbi yang memiliki kandungan karbohidrat, yaitu ubi jalar, ubi kayu, kentang, keladi dan lainnya
  4. Karbohidrat yang terdapat pada daun yakni sayur-sayuran yang berwarna hijau.

Fungsi Karbohidrat Bagi Tubuh

Sumber energi tubuh

Fungsi utama karbohidrat yaitu sebagai pemasok utama energi bagi tubuh kita. Setiap gram kandungan karbohidrat dapat menghasilkan 4 kalori. Keberadaan karbohidrat di dalam tubuh, sebagian ada pada sirkulasi darah sebagai glukosa untuk keperluan energi, sebagian terdapat pada hati dan jaringan otot sebagai glikogen, dan sebagian lagi sisanya diubah menjadi lemak untuk kemudian disimpan sebagai cadangan energi di dalam jaringan lemak.

Melancarkan Sistem Pencernaan

Karbohidrat juga berfungsi untuk memperlancar peristaltik usus dan memudahkan pembuangan feses, selain itu karbohidrat yang tidak dapat dicerna seperti serat bisa memberikan rasa kenyang.

Mengoptimalkan Fungsi Protein

Ketika kebutuhan karbohidrat harian tidak terpenuhi, maka tumbuh akan mengambil protein sebagai cadangan energi. Akibatnya fungsi protein sebagai zat pembangun tidak optimal. Dengan memenuhi kebutuhan karbohidrat akan membuat protein melaksanakan tugas utamanya sebagai zat pembentuk tubuh.

Karbohidrat Sebagai Pemanis Alami

Karbohidrat juga berfungsi sebagai pemberi rasa manis alami pada makanan khususnya disakarida dan jenis karbohidrat monosakarida. Gula tidak mempunyai rasa manis yang sama, dan Fruktosa adalah jenis gula yang paling manis.

Mengatur Metabolisme Lemak

Fungsi karbohidrat lainnya, yaitu sebagai pengatur metabolisme lemak dalam tubuh. Karbohidrat mencegah terjadinya oksidasi lemak yang tidak sempurna.

Cadangan Energi dalam Otot dan Hati

Keberadaan karbohidrat di dalam tubuh manusia, sebagian terdapat dalam darah sebagai glukosa untuk energi tubuh, sebagian terdapat pada Hati dan jaringan otot yang diubah menjadi Glikogen, dan sebagiannya lagi diubah menjadi lemak dan disimpan di dalam jaringan otot yang berfungsi sebagai cadangan energi tubuh.

Penyakit yang Berhubungan Dengan Karbohidrat

  • Obesitas : masalah medis kronis akibat terlalu banyak kalori atau kelebihan karbohidrat.
  • Marasmus : Salah satu bentuk kekurangan gizi yang buruk paling sering ditemui pada balita penyebabnya antara lain karena masukan makanan yang sangat kurang, infeksi, pembawaan lahir, prematuritas, penyakit pada masa neonatus serta kesehatan lingkungan.
  • Diabetes Melitus : biasa disebut DM yaitu suatu penyakit yang disebabkan oleh tingginya kadar gula dalam darah akibat gangguan sekresi insulin. Diabetes melitus di sebut juga penyakit kencing manis.
  • Laktose intolerance : ketidakmampuan seseorang untuk mencerna laktosa. Laktosa adalah jenis gula yang terdapat dalam susu dan produk susu. Pencernaan makanan dan penyerapan nutrisi terjadi pada usus kecil menghasilkan enzim yang disebut laktase.

Sekian update kali ini mengenai Makanan Kaya Karbohidrat dan Fungsinya Bagi Tubuh Kita dan Semoga bermanfaat.

Baca artikel lainnya :

 

Share This

4 Trackbacks / Pingbacks

  1. Mari Mengenal Jenis-jenis Karbohidrat – HALLOPEDIA.COM
  2. Jinten Hitam : Khasiat dan Manfaat Serta Efek Sampingnya – HALLOPEDIA.COM
  3. 6 Nutrisi Yang Dapat Mencegah Rambut Rontok Selama Menopause – HALLOPEDIA.COM
  4. Kandungan Gizi, Nutrisi dan Vitamin pada Buah Pisang (Jarang Diketahui) – HALLOPEDIA.COM

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*