Inilah Makanan Yang Mengandung Serat Tinggi

makanan yang mengandung serat tinggi

makanan yang mengandung serat tinggiSering kita mendengar istilah serat. Perlu anda ketahui bahwa serat tidak menghasilkan energi maupun kalori. Fungsi serat di dalam tubuh kita seperti pelumas pada kendaraan. Tanpa pelumas, mesin pada mobil akan cepat aus, timbul karat dan rusak. Begitu juga tubuh tanpa asupan serat. Ada dua jenis serat, larut dan tak larut. Serat larut akan dicerna oleh tubuh, dan mengikat lemak dari makanan untuk dibuang. Serat tak larut akan tetap utuh sehingga tubuh mengeluarkannya. Tanpa serat, kotoran yang ada di dalam tubuh sulit dikeluarkan sehingga menjadi racun. Serat juga menyebabkan kenyang lebih lama, sehingga baik untuk diet sehat. Baca juga : Penyebab Dan Cara Atasi Kekurangan Gizi

Serat banyak terdapat pada sayuran, buah-buahan dan kacang-kacangan. Serat larut maupun tak larut bermanfaat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan kadar gula dalam darah. Dengan demikian akan mencegah resiko hipertensi, stroke, penyakit jantung koroner, obesitas dan sindroma metabolik. Bahkan ada kemungkinan bahwa serat dapat menurunkan resiko kanker gastrointestinal dan kolorektal. Manfaat lainnya adalah mencegah sembelit, mencegah kanker usus, menurunkan berat badan, serta menurunkan resiko wasir. Baca juga : 20 Khasiat dan Manfaat daun kemangi

Berapa besar kebutuhan tubuh akan serat?

Menurut para ahli gizi dan kesehatan, sebaiknya asupan serat tiap hari sebanyak 25 gram untuk wanita dan 38 gram untuk pria. Faktanya, rata-rata serat yang kita konsumsi hanya sekitar 11 gram saja. Artinya bahwa kebutuhan tubuh kita akan serat belum tercukupi. Oleh karena itu, kita seharusnya menambahkan makanan yang tinggi serat ke dalam menu harian.

Sumber serat paling tinggi

Ada beberapa jenis makanan yang mengandung serat tinggi. Makanan ini baik untuk anda masukkan ke dalam menu harian anda, untuk mencukupi kebutuhan tubuh akan serat.

Buah dan Sayur yang memiliki peringkat tertinggi dalam serat

  • Buah Alpukat, alpukat mengandung serat sekitar 10 gram per 100 gram bahan. Alpukat mengandung asam lemak tak jenuh yang bermanfaat untuk menurunkan kolesterol dan mencegah resiko penyakit jantung.
  • Kacang Polong, kacang polong merupakan sumber serat yang lezat dan murah. Kadar serat pada kacang polong sangat tinggi, sekitar 16,3 gram tiap cangkir.
  • Jambu Biji Merah, jambu biji merah memiliki kandungan glukosa dan kalori yang rendah, baik untuk mengobati diabetes. Jambu biji merah mengandung serat yang sangat tinggi, sekitar 7,3 gram tiap 100 gram bahan.
  • Brokoli, sayur brokoli merupakan sayuran yang mengandung serat tinggi, sekitar 5,1 gram tiap cangkir. Anda bisa mengkonsumsinya sebagai jus atau salad.
  • Buah Apel, serat yang terkandung pada buah apel terletak pada daging dan kulitnya. Apel mengandung serat larut, kalium dan asam organik. Kadar seratnya sekitar 4,4 gram. Makan buah apel setiap hari dapat mencegah banak penyakit, serta menjaga kesehatan tubuh. Apel juga efektif mengontrol tekanan darah. Pektin pada kulit apel bermanfaat untuk membersihkan racun pada tubuh, menurunkan kolesterol, menyerap air yang berlebihan di usus, melunakkan kotoran, serta mencegah karies gigi.
  • Wortel, sayur wortel adalah sayuran dengan kadar serat yang tinggi, sekitar 4 gram tiap 100 gram bahan. Wortel juga kaya akan vitamin A, vitamin B, vitamin C dan betakaroten.
  • Buah Kiwi, buah kiwi memiliki kandungan serat yang sangat tinggi, yaitu sekitar 3 gram per 100 gram. Buah yang rasanya enak dan kaya akan serat.
  • Paprika, paprika juga mengandung serat yang tinggi, sekitar 1,3 gram/100 gram. Selain serat, paprika juga kaya akan vitamin C dan mineral.
  • Buah pisang, (baca : Khasiat Dan Manfaat Jambu Biji) selain serat yang tinggi, pisang juga mengandung vitamin A, vitamin C, zat besi dan fosfor. Manfaat pisang termasuk menurunkan asam lambung, kolesterol, serta mencegah resiko stroke dan penyakit jantung.
  • Buah pir, makan buah Pir membuat perut cepat kenyang. Buah ini mengandung serat sekitar 2,3 gram tiap 100 gram bahan. Pir juga kaya akan vitamin C, pektin, kalium dan magnesium.
  • Buah jeruk, jeruk selain kaya akan vitamin C, jeruk juga mengandung serat dalam jumlah yang tinggi. Hal ini bermanfaat untuk mencegah sembelit, serangan jantung dan stroke.
  • Daun selada, (baca : Khasiat Dan Manfaat Selada) daun selada selain mengandung banyak serat, daun selada juga kaya akan provitamin A, serta kalsium dan kalium. Daun selada bermanfaat untuk mencegah panas dalam, melindungi kesehatan rambut, mencegah kulit kering, serta mengobati insomnia.

Serat sangat berperan terhadap kesehatan anda. Tanpa serat, tubuh akan mengalami banyak masalah. Penuhi kebutuhan tubuh anda akan serat, serta ikuti pola hidup sehat dengan olahraga secara teratur supaya kesehatan tetap terjaga.

Share This

10 Trackbacks / Pingbacks

  1. Ini Nih Khasiat Dan Manfaat Sayur Bayam - HALLOPEDIA.COM
  2. 8 Langkah Jitu Mencegah Penyakit Kanker - HALLOPEDIA.COM
  3. Inilah 6 Manfaat Bercinta Jika Dilakukan Secara Rutin - HALLOPEDIA.COM
  4. 5 Tips Hidup Sehat Agar Tidak Mudah Stress - HALLOPEDIA.COM
  5. Bercinta Di Siang Hari, Rasakan Sensasinya - HALLOPEDIA.COM
  6. Ukuran Porsi Makan Untuk Diet Yang Ideal - HALLOPEDIA.COM
  7. 10 Tips Ini Jaga Kesehatan Pencernaan Anda - HALLOPEDIA.COM
  8. 13 Manfaat Jagung Manis Untuk Kulit, Rambut dan Kesehatan Lainnya – HALLOPEDIA.COM
  9. Diet Dengan Nasi Jagung, Inilah Khasiat dan Manfaat Nasi Jagung – HALLOPEDIA.COM
  10. 15 Khasiat dan Manfaat Jagung Manis Untuk Kesehatan (Jarang Diketahui) – HALLOPEDIA.COM

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*