7 Manfaat Daun Bawang Untuk Kesehatan (Jarang Diketahui)

manfaat daun bawang
manfaat daun bawang

Jika Anda adalah ibu rumah tangga pasti di dapur Anda tersedia yang namanya daun bawang, di kulkas penyimpanan sayur pun pasti tersedia daun ini. Daun bawang biasa digunakan sebagai bumbu penyedap masakan. Kita pasti sudah tahu kalau bawang memiliki bentuk daun yang berbeda dari tanaman pada umumnya, ia memiliki bentuk menyerupai batang namun bertekstur sangat lunak.

Terdapat 2 jenis yang sering kita temui yakni daun bawang semprong (allium fistulosum) dan daun bawang leek atau prei (allium porrum). Dari kedua jenis itu memiliki perbedaannya masing-masing. Daun bawang semprong memiliki umbi kecil, daunnya bulat dan panjang. Bawang semprong memiliki lubang seperti pipa, sedang untuk leek/pre, ia tidak memiliki umbi.

Manfaat Daun Bawang Untuk Kesehatan

manfaat daun bawang
manfaat daun bawang

Tidak sedikit dari kita yang sudah paham soal manfaat daun bawang. Selain bisa digunakan sebagai bumbu masakan dapur, ternyata daun ini juga kaya akan kandungan manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Daun bawang memiliki fungsi sebagai obat herbal. Lalu, apasaja khasiat dari daun bawang? berikut ini ulasannya:

(1) Dapat Mencegah Anemia

Kandungan zat besi pada daun bawang mampu meningkatkan produksi darah yang ada di dalam tubuh. Apabila Anda tengah mengalami kekurangan darah, mengonsumsi daun bawang adalah hal yang tepat. Kandungan ferroportin pada daun bawang inilah yang menyimpan zat besi. Cara mengonsumsinya, Anda bisa memasukkan daun ini kedalam masakan sup atau campuran untuk kuah.

(2) Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat lain yang ada pada daun bawang untuk kesehatan kita yaitu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Bagian bawah pada daun bawang memiliki warna putih itu terdapat kandungan allicin di dalamnya. Allicin adalah senyawa belerang yang memberi aroma tajam di daun bawang. Senyawa ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

(3) Bagus Untuk Kesehatan Jantung

Sudah banyak diketahui kalau daun bawang bisa membantu menjaga kesehatan jantung. Pada daun ini terkandung zat polysulfides yang bisa melindungi Anda dari penyakit jantung. Sayuran ini memiliki beragam manfaat dikarenakan ia mengandung banyak sekali mineral. Mineral yang berada di dalamnya memiliki fungsi mempertahankan HDL atau kadar kolesterol yang sangat baik untuk tubuh. Mineral juga berfungsi untuk menyehatkan jantung kita.


Baca artikel lainnya:

(4) Membantu Menjaga Kesehatan Tulang

Didalam daun bawang ternyata juga mengandung vitamin K. Vitamin K memiliki fungsi untuk menjaga kesehatan tulang. Ia mampu membantu regulasi sel, dan membantu mencegah demineralisasi pada tulang. Tak hanya itu saja, karena adanya produksi protein yang sering disebut osteocalcin maka daun bawang juga sebagai penjaga kepadatan mineral dalam tulang agar dapat mencegah datangnya berbagai macam penyakit di tulang.

(5) Menyehatkan Pencernaan

Kenapa daun bawang dapat menyehatkan pencernaan? Hal ini disebabkan karena pada daun ini terkandung banyak serat-nya. Sudah banyak diketahui bahwa serat memiliki manfaat untuk mengatasi sembelit. Jadi, Jika Anda mengalami sembelit, Anda bisa mengonsumsi daun bawang sedikit lebih banyak.

(6) Mencegah Penyakit Diabetes

Pada daun ini mengandung zat phyto-kimia. Phyto-kimia yaitu allium serta alil disulfida, ia memiliki sifat pencegah diabetes. Zat yang satu ini sangat ampuh untuk mencegah degradasi insulin di tubuh serta meningkatkan metabolisme glukosa. Oleh karena itu, tidak ada larangan khusus bagi penderita diabetes untuk mengkonsumsi daun bawang.

(7) Anti Bakteri

Apakah Anda sudah mengetahui kandungan warna hijau dari daun bawang ini? Ya, warna hijau daun bawang ini memiliki manfaat sebagai anti bakteri serta anti peradangan. Sedangkan warna putih pada daun ini mempunyai sifat untuk melindungi tubuh dari berbagai macam infeksi yang sering menyerang tubuh.

Demikian itulah kandungan sekaligus manfaat yang akan Anda dapatkan jika mau mengonsumsi secara rutin. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda. Terimakasih

Share This

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Khasiat Dan Manfaat Ciplukan Yang Perlu Diketahui - HALLOPEDIA.COM
  2. 36 Manfaat Daun Binahong Untuk Kesehatan dan Kecantikan (Jarang Diketahui) – HALLOPEDIA.COM

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*