Manfaat Daun Selada dan Apa Saja Kandungan Yang Dipunyai

Manfaat daun selada
Manfaat daun selada

Agar kesehatan kita tetap terjaga tentu kita harus memperhatikan asupan apa saja yang masuk ke dalam tubuh. Untuk mendapatkan tubuh yang sehat tentunya kita tidak mengabaikan makanan-makanan yang harus kita konsumsi, misalnya susu, telur, buah-buahan dan yang paling penting adalah sayuran.

Sayuran memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita. Tidak hanya menjaga kesehatan tubuh saja, ternyata sayuran juga sangat bagus untuk kecantikan. Sayuran pun sangat banyak jenisnya, misalnya kubis, kentang, wortel dan selada. Di sini kami akan fokus pada pembahasan sayur selada.

Ternyata selada memiliki ragam manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Khasiat sekaligus manfaat selada ini terletak pada daunnya. Daun selada memiliki peranan penting sebagai pelindung, pencegah hingga berguna sebagai ramuan alami untuk menjauhkan beberapa resiko datangnya penyakit.

Manfaat Daun Selada untuk Kesehatan Tubuh

Agar kita memperoleh manfaat dari daun selada, kita bisa mengonsumsinya sebagai sayur mentah atau dalam bentuk hidangan sebagai lalapan yang segar. Sayur hijau yang segar ini mempunyai rasa yang fresh sehingga sangat cocok untuk dijadikan lauk pauk kapan pun yang kita inginkan, entah itu sebagai menu pagi, siang atau malam. Memakan sayur ini tidak hanya menjadikan menu makan lebih segar dan nikmat saja, tetapi tetapi terdapat kandungan yang kaya akan manfaatnya. Berikut ini adalah 7 manfaat yang akan kita peroleh jika mengonsumsi daun selada:

(1) Menghambat Penuaan pada Wajah

Masalah kecantikan merupakan pembahasan menarik. Seringkali seorang wanita mengeluarkan banyak uang guna memelihara agar ia tetap cantik. Agar tetap cantik, seorang wanita juga mencari cara untuk menghambat proses penuaan pada wajahnya. Karena hal itu merupakan babagan penting agar bisa tampil tetap cantik dan terlihat kelihatan muda meskipun usianya telah lebih.

Untuk menghambat penuaan terutama pada wajah, cara yang alami dan menyehatkan adalah dengan mengonsumsi daun selada. Pada daun selada terkandung senyawa Zeaxanthin, yang memiliki peran sebagai antioksidan. Senyawa itulah yang memiliki peran dalam pencegahan penuaan. Dengan mengonsumsi rutin daun ini, wajah Anda akan selalu kelihatan lebih muda.

(2) Terkandung Vitamin A, Bagus untuk Mata

Vitamin A merupakan salah satu komponen yang baik untuk menjaga kesehatan pada mata. Terdapat kandungan berupa Beta Karoten yang ada pada daun selada. Fungsinya yaitu untuk menjaga mata dari beberapa resiko penyakit seperti katarak, iritasi dan lainnya.

Kita tahu bahwa menjaga mata agar tetap normal sangatlah penting. Terlebih bagi Anda yang profesinya sering berada di depan komputer, laptop dan layar kaca lainnya. Bagi Anda yang kutu buku sangat direkomendasikan untuk selalu mengonsumsi daun selada. Dengan rutin mengonsumsi daun ini, mata Anda akan selalu terjaga nan sehat.

(3) Sumber Mineral di Dalam Tubuh

Mineral yang ada pada daun selada ini sangatlah banyak, seperti mineral kalium yang mampu bekerja sebagai penguat gigi dan tulang. Terdapat pula mineral zat besi yang fungsinya untuk memperlancar proses pembentukan sel darah merah di dalam tubuh. Sedangkan mineral kalium memiliki fungsi sebagai komponen yang menjaga kesehatan jantung dan menjaga tekanan darah agar tetap dalam kondisi stabil dan normal.

(4) Memperkuat Tulang

Kandungan vitamin K pada daun selada memiliki peranan penting dalam pembentukan suatu hormon yang dikenal sebagai osteotropic. Hormon ini bertugas sebagai pencegah adanya keropos pada tulang sekaligus memperkuat kondisi suatu tulang.

(5) Menurunkan Kadar Kolesterol

Kolesterol adalah salah satu komponen yang diperoleh dari asupan menu makanan dan minuman yang dikonsumsi pada setiap hari, entah itu kolesterol baik maupun yang jahat. Mengkonsumsi sayur daun selada ini dapat menurunkan dan mengontrol kadar kolesterol jahat yang ada pada tubuh. Kandungan lemak rendah serta antioksidan inilah yang menjadikan manfaat itu.


Baca juga:


(6) Mencegah Kanker

Daun selada memiliki senyawa yang dinamai sebagai kandungan gluconasturtin. Pada senyawa berkhasiat untuk melawan kanker di dalam tubuh. Sehingga dapat dijadikan sebagai tameng dari suatu penyakit yang berbahaya.

(7) Menjaga Tingkat Kesuburan

Kandungan vitamin C dan folat yang ada pada daun satu ini dapat memberikan kesuburan bagi sistem reproduksi pria dan wanita. Tak hanya itu saja, tetapi bisa juga menjaga kesuburan tersebut. Dengan begitu, Anda bisa senantiasa menjaga sistem reproduksi ini hanya dengan mengkonsumsi rutin daun Selada.

Efek samping Daun Selada

Tidak semua sayuran yang kandungan manfaatnya banyak terus terbebas dari efek samping. Misalnya adalah daun selada.

  • Daun selada tidak direkomendasikan untuk sering dikonsumsi oleh anak-anak, khususnya yang berusia kurang dari 4 tahun.
  • Jika Anda memiliki permasalahan pada perut dan borok pada usus, maka tidak direkomkan juga untuk mengonsumsi daun ini.
  • Jangan keseringan mengonsumsi daun selada jika Anda tengah mengalami masalah penyakit pada ginjal.

Daun selada memang aman digunakan oleh banyak orang, baik pria maupun wanita. Tetapi mengonsumsi dalam jumlah besar akan sangat berbahaya terhadap tubuh. Jangan berlebihan mengonsumsinya. Daun ini juga tidak baik dikonsumsi bagi penderita ginjal.

Demikianlah informasi seputar manfaat daun selada. Semoga menambah wawasan dan memberikan manfaat bagi yang membacanya!

Share This

5 Trackbacks / Pingbacks

  1. Ternyata Semangka Miliki Khasiat Dan Manfaat Lebih - HALLOPEDIA.COM
  2. Penting! Cara Memilih Jus Sesuai Jenis Penyakit - HALLOPEDIA.COM
  3. 5 Tips Hidup Sehat Agar Tidak Mudah Stress - HALLOPEDIA.COM
  4. 9 Khasiat Dan Manfaat Vitamin C (Jarang Diketahui) - HALLOPEDIA.COM
  5. 10 Khasiat Dan Manfaat Strawberry Yang Belum Diketahui - HALLOPEDIA.COM

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*