13 Manfaat Jagung Manis Untuk Kulit, Rambut dan Kesehatan Lainnya

Manfaat Jagung manis untuk kulit rambut dan kesehatan

Bagi sebagian orang, hidup serasa kurang lengkap tanpa adanya camilan. Sayangnya, kebanyakan camilan yang kita konsumsi tidak semuanya bagus untuk kesehatan. Kebanyakan makanan ringan yang kita konsumsi memiliki kandungan kalori dan lemak – hampir tanpa nutrisi yang nyata menyehatkan tubuh. Salah satu makanan ringan yang menjadi favorit pecinta snack renyah adalah jagung. Apakah camilan jagung sehat? lalu apa manfaat dari jagung manis?

Bagaimana dengan nutrisi jagung manis? Nah, jagung dikemas dengan nutrisi tinggi yang berguna bagi tubuh manusia dengan berbagai cara penyajiannya. Jagung manis bermanfaat mengembalikan fungsi organ tubuh sebagaimana mestinya, seperti pembangkitan sel dan dapat mencegah berbagai masalah penyakit terkait organ pencernaan. Mengkonsumsinya juga merupakan keuntungan bagi penderita diabetes. Makanan yang syarat akan manfaat kesehatan ini juga memiliki kandungan lemak yang rendah dan tidak memiliki lemak jenuh, sodium atau kolesterol. Makanan ini memiliki kandungan Vitamin C dan menjadi sumber serat yang baik. Baca: Makanan yang Mengandung Serat Tinggi


Manfaat Jagung Manis untuk Kesehatan Kulit


Berikut ini manfaat mengkonsumsi jagung manis untuk kesehatan kulit

  • Menunda Terjadinya Penuaan

Jika anda ingin tetap awet muda dan terlihat menarik, mengkonsumsi jagung manis adalah suatu kewajiban. Pada jagung manis terkandung antioksidan yang berguna dalam mencegah proses penuaan.

  • Menjadikan Kulit tetap halus

Jagung manis juga menjaga kelembapan dan elastisitas kulit. Kandungan vitamin A yang ada pada jagung manis inilah yang menjadi sumber vitamin kulit. Vitamin A dikenal sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Nah, selain untuk menjaga kelembapan dan elastisitas kulit, vitamin A dalam jagung muda ini juga dapat meremajakan kulit Anda.

  • Membersihkan Bekas Jerawat (Komedo)

Jerawat juga dapat dihindari dengan jagung manis. Jagung manis juga mengandung kalsium yang baik untuk kulit. Menurut para ahli, kalsium dapat mengurangi efek stres, dan stres adalah sesuatu yang dapat memberikan dampak pada kulit dalam bentuk penyakit kulit, jerawat dan lain sebagainya.


Manfaat Jagung Manis untuk Kesehatan Rambut


Berikut ini adalah manfaat mengkonsumsi jagung manis untuk kesehatan rambut

  • Memperlancar Sirkulasi Darah di Organ Kulit Kepala
  • Membuat Rambut Semakin Kuat

Manfaat Jagung Manis Untuk Kesehatan Lainnya


Jagung manis adalah makanan yang kaya akan manfaat. Ternyata selain berguna untuk kulit dan rambut, ternyata masih banyak manfaat lainnya. Berikut ini adalah manfaat lain dari mengkonsumsi jagung manis:

  • Mencegah Penyakit Anemia

Pada jagung manis terkandung banyak vitamin, seperti B12, zat besi dan asam folat. Kekurangan nutrisi yang disebutkan tadi dapat menyebabkan terjadinya penyakit anemia. Jadi dengan mengonsumsi jagung manis anda akan terhindar dari penyakit anemia.

  • Menurunkan Kolesterol

Jagung manis juga mengandung serat larut, yang berubah menjadi zat mirip gel dalam aliran darah. Gel ini, pada gilirannya, menyerap kolesterol jahat (kolesterol LDL). Jagung manis juga mengandung karotenoid dan bioflavonoid yang fungsinya adalah mengontrol kadar kolesterol dalam darah. Baca: Pengertian Kolesterol dan 5 Cara Mudah Menurunkannya

  • Mempertajam Penglihatan Mata

Terdapat kandungan beta karoten pada biji jagung manis, dan menghasilkan Vitamin A yang dapat meningkatkan penglihatan mata. Karotenoid juga mengurangi degenerasi makula, yang dapat mengganggu penglihatan di pusat garis penglihatan. Baca: Fungsi Beta Karoten, Manfaat dan Efek Sampingnya Bagi Kesehatan

  • Menambah Stamina

Jagung manis adalah makanan yang memiliki kandungan segudang energi. Kandungan energi pada makanan ini lebih tinggi dibanding makanan atau sayuran lainnya. Jadi, atlet yang menginginkan karbohidrat guna menambah staminanya, maka mengonsumsi 1 mangkok jagung manis setiap hari sangatlah penting. Baca: Makanan Kaya Karbohidrat dan Fungsinya Untuk Tubuh

  • Mencegah Diabetes

Vitamin B hadir dalam jagung manis mengatur metabolisme protein, lipid, dan karbohidrat, dan fitokimia yang ada mengatur pelepasan insulin. Jagung manis memiliki indeks glisemik 58, menjadikannya makanan super bagi mereka yang menderita diabetes. Kandungan tersebut dapat membantu dalam mengendalikan diabetes. Demikian pula fitokimia fenolik yang ada pada jagung manis juga mengendalikan hipertensi.

  • Menyehatkan Jantung

Mengkonsumsi makanan yang kaya akan asam lemak omega 3 dapat mengurangi risiko timbulnya penyakit jantung. Jagung manis mengandung omega 3 yang memiliki kombinasi asam lemak yang sangat baik. Akibatnya, asam lemak omega-3 memungkinkan untuk menghilangkan asam lemak berbahaya (seperti LDL) dan mengurangi risiko serangan jantung. Jagung manis juga dapat mencegah timbulnya aterosklerosis (pengendapan kolesterol di dinding arteri).

  • Baik untuk Organ Pencernaan

Jagung manis mengandung banyak serat makanan. Serat yang tidak larut membantu dalam pencernaan dan juga mencegah sembelit. Mereka yang mengalami sindrom iritasi usus dan diare juga akan merasa lega setelah makan jagung manis.

  • Baik untuk Ibu Hamil

Ubi yang memiliki rasa manis mengandung gizi asam folat yang tinggi, dan biasanya dianjurkan untuk wanita yang sedang hamil. Jadi, jagung manis adalah makanan sehat yang direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh setiap wanita yang sedang hamil. Namun, jika Anda memiliki kaki bengkak, berkonsultasilah dengan dokter sebelum mengonsumsinya.

Baca artikel tentang Jagung:


Cara Memilih dan Menyimpan Jagung Manis


Memilih jagung manis yang benar akan membantu anda mendapatkan manfaat melimpah dari makanan ini, seperti manfaat untuk kulit, kecantikan dan manfaat lainnya. Berikut adalah beberapa tips bermanfaat untuk memilih dan menyimpan yang tepat:

Cara memilih jagung manis:

  • Ketika anda membeli jagung manis, pilihlah jagung manis yang bentuknya lurus panjang dan bijinya berwarna agak keemasan.
  • Jangan pernah memilih jagung dengan kulit yang sudah dibuang atau yang seharian sudah terkena sinar matahari.
  • Juga hindari memilih jagung dengan kulit buram; Kulit kekuningan menunjukkan kerusakan pada jagung. Jadi, selalu pastikan untuk memilih jagung dengan kulit yang warnanya masih hijau.

Cara menyimpan jagung manis:

  • Cara terbaik untuk menyimpan jagung manis adalah dengan memasukannya di kulkas tanpa mengupas/melepas kulitnya.
  • Anda juga bisa membungkus jagung secara longgar dalam kantong plastik kering agar tetap segar selama lebih dari dua hari.

Cara Mengolah dan Mengonsumsi Jagung Manis


Jagung adalah salah satu dari sedikit ubi-ubian yang bisa dimasak dan dimakan dengan berbagai cara pengolahannya. Anda bisa mengonsumsi jagung manis secara langsung atau mengupas biji jagung dan dicampurkan dengan saus. Jagung manis juga dapat dicampurkan dengan nasi goreng bersama bawang merah dan cabai untuk membuat camilan yang lebih unik, enak dan menakjubkan. Berikut adalah beberapa tips bermanfaat tentang pengolahan jagung manis:

Cara Memasak

  • Bakar jagung tanpa mengupas kulitnya, hal ini juga dapat mempertahankan rasa aslinya.
  • Anda juga dapat merebusnya, dan setelah jagung di rebus jangan masukkan ke tempat yang dingin, seperti kulkas, termos es. Karenanya jagung akan menjadi basah dan rasanya kurang enak.
  • Saat merebus jagung, pastikan untuk menambahkan cukup air sehingga jagung benar-benar dicelupkan ke dalamnya.
  • Jangan menyimpan jagung terlalu lama dan jangan terlalu lama saat membakarnya. Cukup 3-5 menit untuk memasak/membakar jagung.
  • Terakhir, jangan menambahkan garam pada rebusan jagung saat air mendidih, karena akan mengeraskan jagung.

Cara Mengonsumsi

  • Merebus jagung yang dibumbui dengan garam dan lada merupakan pengolahan yang sering dilakukan oleh banyak orang. Jagung manis adalah makanan ringan yang sehat dan sangat enak untuk di konsumsi. Atau, jika tidak memungkinkan merebusnya, anda juga mengolahnya dengan cara di bakar.
  • Mengolah jagung manis dengan menjadikannya sebagai sayur pelengkap nasi juga merupakan cara yang bagus. Mengingat kandungan manfaat ini sangat banyak dan bermanfaat untuk tubuh kita.

Semoga informasi mengenai manfaat jagung untuk kulit, rambut dan kesehatan ini dapat memberikan manfaat untuk anda. Anda bisa mencoba tips di atas untuk mengolahnya dan sehingga dapat menghasilkan rasa yang enak. Apakah artikel ini membantu anda, silahkan jawab di komentar. Terimakasih!

Share This

3 Trackbacks / Pingbacks

  1. Efek Samping Nasi Jagung Jika dikonsumsi Berlebihan – HALLOPEDIA.COM
  2. Mengobati Jerawat dengan Daun Meniran (Jarang Diketahui) – HALLOPEDIA.COM
  3. Penting! Bahaya Suplemen Kalsium Terhadap Jantung Lansia – HALLOPEDIA.COM

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*