Selain Nikmat, Inilah 5 Manfaat Jagung Rebus Untuk Kesehatan

Manfaat Jagung manis untuk kulit rambut dan kesehatan

Jagung adalah salah satu tanaman pangan yang menghasilkan karbohidrat yang cukup terpenting di dunia, selain padi dan gandum. Bagi penduduk Amerika Selatan dan Amerika Tengah, bulir jagung adalah panganan pokok, sebagaimana bagi sebagian penduduk Afrika dan beberapa daerah di wilayah negara Indonesia. Pada saat ini, jagung juga sudah menjadi komponen paling penting untuk dijadikan pakan ternak, mulai dari pohon, daun hingga jagungnya sendiri. Penggunaan lainnya yaitu sebagai sumber minyak pangan serta bahan dasar tepung maizena. Berbagai produk turunan hasil jagung menjadi bahan baku berbagai produk industri kimia, kosmetika, dan farmasi.

Jagung biasanya digunakan sebagai salah satu bahan untuk pembuatan resep masakan. Disini, di Indonesia sendiri masih sedikit yang menggunakan jagung sebagai makanan pokok yang di konsumsi sehari-hari. Padahal budidaya jagung sudah banyak dilakukan sehingga jagung cukup mudah didapatkan. Biasanya jagung memang hanya dipakai sebagai bagian campuran dalam sup. Jagung yang sudah agak tua biasanya diolah menjadi popcorn yang nikmat. Tapi memang dibalik rasanya yang enak, jagung sangat baik dikonsumsi karena dapat menjaga kesehatan tubuh.

Kali ini kita akan membahas mengenai manfaat jagung rebus. Jagung rebus merupakan makanan yang memiliki rasa yang nikmat jika disantap ketika sedang hujan atau ketika sedang berada di daerah yang memiliki suhu yang dingin. Panasnya jagung rebus serta diimbangi dengan dinginnya suasana sekitar pasti akan menjadi pengalaman yang sulit dilupakan dan anda akan menikmatinya. Tetapi apakah anda tahu, ternyata jagung rebus yang memiliki rasa yang nikmat ini juga memiliki banyak kegunaannya untuk kesehatan tubuh anda.


Manfaat Jagung Rebus untuk Kesehatan

Di bawah akan kami jelaskan satu persatu mengenai manfaat jagung rebus bagi kesehatan tubuh, mari simak tiap poin di bawah ini.

  • Menjaga Sistem Pencernaan

Memakan jagung akan membuat sistem pencernaan kita selalu terjaga dan menjadi lebih sehat. Hal ini disebabkan karena pada jagung terkandung serat yang cukup tinggi. Selain itu, jagung dapat menyerap kolesterol jahat serta membuangnya dari tubuh. Jagung rebus juga membuat metabolisme dalam tubuh anda semakin lancar dan tidak terhambat. Baca: 10 Cara Menjaga Kesehatan Pencernaan

  • Mengantisipasi Kekurangan Darah

Kekurangan sel darah merah dapat mengakibatkan terkenanya anemia, pusing secara tiba-tiba adalah gejala anda terkena anemia. Solusinya adalah mengonsumsi jagung rebus memiliki khasiat menambah sel darah merah dalam tubuh.

Dan didalam jagung juga terdapat vitamin B12, asam folat dan zat besi yang memiliki fungsi untuk membantu menghasilkan hemoglobin yang memang dibutuhkan oleh tubuh sehingga anda dapat berkreatifitas dengan lebih fresh dan semangat yang tinggi serta tidak gampang mudah lelah. Mengkonsumsi jagung sering dipraktekkan oleh para tentara-tentara Indonesia dengan tujuah fisiknya akan selalu terjaga.

  • Mencegah Penyakit Diabetes

Terdapat pada biji jagung yaitu zat fitokimia yang dapat mengatur penyerapan dan pelepasan insulin yang ada pada tubuh. Oleh karena itu kemudian jagung dinobatkan sebagai makanan sehat yang kaya akan nutrisinya.

  • Baik di Jadikan Menu Diet

Terdapat kandungan karbohidrat kompleks pada jagung rebus yang memiliki khasiat yang dapat dijadikan menu pengganti nasi. Pada saat memakan jagung rebus, maka anda akan lebih lama merasakan awet kenyang karena pada jagung terdapat kandungan karbohidrat di dalamnya. Selain itu ternyata jagung juga memiliki kandungan kalori yang lebih sedikit dibandingkan dengan nasi sehingga tidak mengakibatkan obesitas atau kegemukan. Baca: Ukuran Porsi Makan Untuk Diet Yang Ideal

  • Bikin Kulit Awet Muda

Antioksidan yang tercantum pada jagung rebus dapat menangkal radikal bebas yang radikal tersebut sering menyerang tubuh. Kulit adalah bagian terluar tubuh dan yang paling sering terkena dan kontak langsung dengan zat-zat luar yang berbahaya. Maka solusinya adalah mengkonsumsi jagung rebus, jika anda ingin memiliki kulit yang tetap terjaga dan awet muda maka makanlah jagung rebus.


Baca Artikel tentang Jagung:


Itulah 5 Manfaat Jagung Rebus Untuk Kesehatan yang sangat penting untuk anda ketahui. Jadi, setelah membaca artikel ini maka sekarang anda jadi tahu kan kalau jagung rebus selain memiliki rasa yang nikmat juga memiliki banyak khasiat dan manfaatnya.

Share This

1 Trackback / Pingback

  1. 13 Manfaat Jagung Manis Untuk Kulit, Rambut dan Kesehatan Lainnya – HALLOPEDIA.COM

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*