Jarang Diketahui, Inilah 9 Manfaat Minyak Jagung Untuk Kesehatan

manfaat minyak jagung

Jagung atau dalam bahasa Inggris disebut Zea mays adalah salah satu komoditas tanaman pangan penghasil karbohidrat selain padi dan gandum. Di belahan dunia seperti Amerika, Afrika, ataupun Indonesia, jagung biasanya digunakan sebagai makanan pokok. Namun menurut informasinya saat ini jagung justru cenderung digunakan sebagai bahan baku berbagai produk seperti pakan ternak, minyak jagung, tepung maizena dan berbagai produk turunan jagung lainnya.

Pada pembahasan kali ini, kita akan membahas mengenai salah satu produk olahan jagung yaitu minyak jagung, mulai dari proses cara membuat, kandungannya, hingga manfaat minyak jagung untuk kesehatan. Berikut ini mari kita simak pemaparannya.


Mengenal Minyak Jagung


manfaat minyak jagungMinyak jagung adalah minyak yang kaya manfaat serta memiliki warna kekuningan, rasanya hambar, dan memiliki sifat setengah kering yang diperoleh melalui penyulingan atau ekstrak dari biji jagung. Tidak seperti minyak kelapa, minyak kelapa sawit ataupun minyak lainnya, minyak jagung ini pada umumnya baru akan mengeluarkan asap jika telah dipanaskan pada suhu 204°C sampai 213°C.

Minyak jagung melalui penelitian diketahui memiliki kandungan FFA atau asam lemak jenuh yang cukup rendah sehingga sangat baik jika dikonsumsi. Pada umumnya minyak jagung digunakan sebagai bahan baku untuk pembuatan sabun kecantikan, kosmetik, dan biasanya juga dikonsumsi secara langsung. Ada juga yang mengolahnya menjadi menu makan, seperti sayur jagung.

Cara Pengolahan untuk Hasilkan Minyak Jagung

Minyak jagung dibuat dengan menyuling atau mengekstrak biji jagung. Ekstraksi dalam pembuatan minyak jagung dapat dilakukan melalui 2 metode yaitu mengekstrak dengan menggunakan pelarut dan ekstrak melalui pengepresan.

  1. Pengolahan biji jagung guna menghasilkan minyak jagung yang kaya manfaat biasanya menggunakan metode pelarutan serta dilakukan dengan melarutkan pelarut organik seperti n – Hexane (C6H14) ke biji jagung yang telah digiling. Dalam proses ektraksi ini ditambahkan beberapa bahan yaitu garam (NaCl) dan NaOH tujuannya adalah sebagai penurun kandungan asam lemak bebas, bleaching earth dan karbon aktif untuk penyerap warna agar lebih jernih, dan ascorbyl palmitat sebagai sebagai penyerap bau. Larutan minyak yang dihasilkan kemudian dipisahkan melalui metode destilasi.
  2. Pembuatan minyak jagung dengan pengepresan yakni dilakukan dengan mengepres jagung utuh yang sudah direndam dalam rendaman air panas. Pengepresan biasanya dilakukan  melalui sebuah alat pres hidrolik bertekanan tinggi sehingga minyak akan keluar dari butiran jagung. Pembuatan minyak jagung dengan cara pengepresan ini sebetulnya kurang efektif karena minyak yang dihasilkan tidak maksimal atau lebih sedikit dibandingkan dengan cara nomor 1.

Kandungan Minyak Jagung


Terkandung beberapa zat pada minyak jagung yang baik untuk kesehatan. Kandungan minyak jagung antara lain adalah fosfolipid 2%, asam linoleat 35%-60%, asam oleat 20%-50% dan bahan tak tersabunkan (sitosferol, tokoferol dan lilin) sebesar 2%. Kandungan asam lemak (triasilgliserol) pada minyak jagung terbagi menjadi 3 bagian yakni asam lemak tak jenuh ganda (PUFA) sebesar 59%, asam lemak tak jenuh tunggal sebesar 24%, dan asam lemak jenuh sebesar (FFA) 13%. Minyak jagung juga kaya akan vitamin A, B2, C, dan E, antioksidan, kalsium, serat, asam folat dan lain sebagainya. Kandungan minyak jagung tersebut sangat kaya manfaat terutama untuk kesehatan tubuh.

Baca artikel tentang jagung:

Manfaat Minyak Jagung

Juga terdapat kandungan nutrisi yang ada dalam minyak jagung memiliki manfaat bagi kesehatan. Manfaat minyak jagung tersebut antara lain sebagai sumber asam linoleat, mencegah anemia, sumber vitamin, serat, kalsium, dan lain sebagainya. Berikut ini manfaat minyak jagung yang dibahas lebih mendalam:

  1. Melawan kanker; asam fenolik yang terkandung cukup banyak di dalam minyak jagung efektif dapat berfungsi sebagai agen anti kanker. Dari beberapa penelitian, pertumbuhan sel kanker payudara dan kanker hati dapat diminimalkan dengan mengkonsumsi minyak jagung secara rutin. (Baca: Sembuhkan Kanker dengan Daun Ciplukan)
  2. Sumber asam linoleat; Asam linoleat adalah asam esensial tak jenuh yang berfungsi sebagai katalisator asupan vitamin D dalam tubuh. Mengkonsumsi minyak jagung dapat membuat kebutuhan vitamin D secara tidak langsung menjadi terpenuhi
  3. Sumber vitamin B12; Vitamin B12 yang terkandung cukup banyak dalam minyak jagung mampu mencegah anemia sekaligus membantu menjaga keseimbangan sel tubuh.
  4. Sumber asam folat; asam folat sangat penting untuk menunjang pertumbuhan janin agar bayi tidak lahir dengan cacat atau kekurangan berat badan. Konsumsi minyak jagung dapat mencukupi kebutuhan asam folat bagi ibu hamil serta memperlancar asi.
  5. Sumber beta-karoten; jagung adalah salah satu bahan pangan yang kaya akan beta-karoten. Beta-Karoten yang terkandung dalam jagung bermanfaat untuk pembentukan vitamin A dalam tubuh, sedangkan vitamin A sangat penting untuk menjaga kesehatan mata dan kulit.
  6. Sumber serat; manfaat minyak jagung lainnya adalah sebagai sumber serat. Mengkonsumsi satu gelas jagung berarti kita telah mencukup 18,4% kebutuhan serat harian tubuh. Serat ini berfungsi sebagai pencegah berbagai jenis penyakit seperti wasir, sembelit, dan kanker usus besar. Serat pada jagung juga sangat membantu proses diet karena jagung memberi rasa kenyang yang lebih lama dibanding serat nasi.
  7. Sumber mineral; Magnesium, mangan, besi, seng, fosfor, dan tembaga terkandung cukup banyak di dalam minyak jagung. Semua serat tersebut sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan tubuh.
  8. Karbohidrat dari jagung memiliki kadar indeks glikemi yang rendah sehingga sangat cocok dikonsumsi oleh penderita tekanan darah tinggi dan diabetes.
  9. Anti-aterogenik; Minyak jagung bersifat anti-aterogenik sehingga berpotensi menurunkan risiko timbulnya penyakit kardiovaskular.

Demikianlah pemaparan mengenai minyak jagung mulai dari pengenalan, cara membuat, kandungan, serta manfaat yang dapat kita peroleh dengan mengkonsumsinya secara rutin. Manfaat minyak jagung yang cukup banyak ini sebaiknya diketahui oleh banyak orang sehingga saya harap Anda dapat membagikan tulisan ini ke sahabat dan teman Anda melalui tombol share yang terdapat pada blog ini. Semoga bermanfaat!

Share This

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*