Manfaat Semangka Untuk Kesehatan Apa Saja Sih? TEMUKAN DI SINI

Manfaat semangka untuk kesehatan
Manfaat semangka untuk kesehatan

Semangka adalah jenis buah segar yang memiliki manis menempel pada bagian dalam kulit yang tebal. Memiliki permukaan berwarna hijau. Kulit semangka biasa disebut dengan nama ilmiah Citrullus lanatus. Notif pada kulitnya yang berwarna hijau muda adalah garis menyerupai gelombang memanjang. Teksturnya halus namun tebal.

Sejarah semangka pertama kali tumbuh di area setengah gurun di Afrika bagian selatan. Merupakan buah yang berkerabat dengan timun dan melon, mungkin karena alasan itulah kemudian semangka dinamai dalam bahasa inggris dengan sebutan Watermelon.

Tidak sedikit masyarakan yang membudidayakan buah segar ini. Terlebih mereka yang bertempat di desa dan memiliki lahan yang memperoleh pengairan cukup dan mendapatkan sinar matahari pada tiap harinya. Untuk masyarakat perkotaan, mereka biasa membelinya dan dijadikan sebagai buah cuci mulut sehabis makan. Atau biasanya mereka mengonsumsi buah ini untuk membasahi lidah/bibir yang kering dan kekurangan kadar air. Tidak sedikit juga yang merubah buah ini kedalam bentuk jus.

Manfaat semangka untuk kesehatan tubuh sangatlah banyak karena kaya akan kandungan positifnya. Buah satu ini banyak akan kandungan nutrisinya, seperti: karbohidrat, energi, lemak, serat pangan, gula, protein dan air. Adapun jenis vitamin pada buah ini, antara lain: Betakaroten, Tiamin (Vitamin B1), Riboflavin (Vitamin B2), Niacin (Vitamin B3), Vitamin B5, Asam pantotenat, Vitamin B6, folat, dan Vitamin C. Sedangkan mineral yang tertanam di dalamnya yaitu kalsium, fosfor, kalium, magnesium, seng, dan zat besi.

Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan Tubuh

Selain kesegaran dan kenikmatan yang didapatkan, ternyata kandungan nutrisi yang sudah disebutkan tadi mampu memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh, hal itulah kenapa buah ini tergolong sebagai buah favorit masyarakat, dan tentunya tidak pernah kehabisan peminatnya.

Di bawah ini adalah manfaat buah semangka untuk kesehatan yang katanya para ahli sangat membantu dalam proses pembersihan zat berbahaya seperti racun dalam tubuh, tepatnya organ ginjal.

[1] Sebagai Obat Sariawan

Sariawan adalah benjolan kecil yang muncul pada lidah maupun bibir yang penyebabnya adalah akibat tubuh kekurangan asupan vitamin C yang cukup, serta kehilangan banyak cairan. Untuk menyembuhkan sariawan, Anda bisa mengonsumsi semangka atau mengolahnya dengan dijadikan dalam bentuk jus. Kandungan vitamin C dan air pada buah semangka membantu proses penyembuhan luka sariawan. Cara kerjanya yaitu dengan membunuh bakteri di mulut sekaligus mengatasi masalah bibir kering.

[2] Mampu Mengobati Jerawat

Wajah yang biasa terkena polusi, asap rokok atau debu disekitar akan menyebabkan rusaknya kulit kesehatan pada wajah. Biasanya yang terkena problem itu adalah mereka yang memiliki pekerjaan di luar ruangan. Salah satu dari penyebab itu maka kemungkinan akan timbul penyakit jerawat.

Maka dari itu, apabila Anda ingin terlihat segar dan bersih, setelah kerja Anda bisa meluangkan waktu sekitar setengah jam untuk perawatan wajah dengan buah semangka. Caranya yaitu tempelkan cairang yang didapatkan dari jus semangka, bisa dengan tangan atau dengan kapas. Usapkan diseluruh area wajah Anda. Biarkan mengering hingga 15 menit, lalu bilaslah dengan air dingin.

[3] Sebagai Antioksidan

Seperti buah pisang yang menyimpan likopen sangat banyak, semangka juga memiliki kandungan itu. Adapun fungsi likopen pada tubuh yakni menangkal radikal bebas yang beberapa penyebabnya adalah karena polusi, makanan, dan melemahnya sistem imun. Apabila Anda mengalami radikal bebas, masalah serius seperti kanker siap menghampiri Anda.


Baca juga: Reaksi Setelah Menggunakan Vitamale HWI (Obat Kuat Pria Herbal)


[4] Mengontrol Tekanan Darah

Apabila tekanan darah naik dan melebihi angka normal, maka tubuh berada di posisi rentan terhadap penyakit jantung misalnya stroke. Guna menurunkan tekanan darah agar menjadi normal, butuh senyawa karetonid dari buah-buahan. Anda bisa dengan mudah menemukannya pada buah semangka. Mekanismenya diawali dengan mencegah terjadinya pengerasan pada dinding arteri maupun pembuluh vena sehingga tekanan darah berkisar di angka yang normal.

[5] Memberikan Kesegaran Pada Kulit

Dengan cara menyumbangkan zat gizi yang terkandung didalam buah semangka, maka tak heran buah ini dapat mencegah proses penuaan dari dalam. Apabila Anda mau rutin konsumsi aneka olahan dari buah semangka, tanpa disadari kulit menjadi lebih kencang dan segar.

Demikian itulah seputar ulasan beberapa manfaat buah semangka untuk kesehatan. Sangatlah beruntung bagi Anda yang menyukai buah ini, karena dipastikan akan Anda dapatkan khasiat dari kandungan yang ada pada buah semangka. Jika Anda belum pernah mengonsumsi, segeralah beli. Karena dipinggir jalan banyak penjual buah-buahan yang menjual buah semangka.

Semoga informasi ini bermanfaat ya.. Jika Anda tengah mengalami beberapa problem kesehatan, Anda bisa meninggalkan komentar di bawah ini. Barangkali kami bisa membantu memecahkan permasalahan yang sedang Anda derita.

Semoga bermanfaat!

Share This

4 Trackbacks / Pingbacks

  1. 10 Khasiat Dan Manfaat Strawberry Yang Belum Diketahui - HALLOPEDIA.COM
  2. Atasi Dehidrasi Saat Puasa Dengan Cara Ini - HALLOPEDIA.COM
  3. Inilah 15 Cara Menyembuhkan Impotensi Dengan Mudah, Sederhana dan Cepat – HALLOPEDIA.COM
  4. Khasiat dan Manfaat Blewah Inilah Yang Mencengangkan [Wajib Baca] – HALLOPEDIA.COM

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*