9 Manfaat Vitamin C Untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya – Rajanya Seluruh Vitamin

Vitamin C Untuk Kesehatan
Vitamin C Untuk Kesehatan

Vitamin adalah salah satu zat senyawa yang terhitung lengkap (kompleks) yang sangat dibutuhkan oleh tubuh guna membantu proses kegiatan tubuh. Tanpa vitamin, manusia, hewan dan makhluk hidup lainnya tidak akan dapat melakukan aktifitas hidup secara maksimal. Dan patut diketahui bahwa kurangnya vitamin mampu menyebabkan tidak sehatnya tubuh dan mendatangkan beberapa masalah penyakit.

Kita pasti sudah paham bahwa vitamin C sering disebut sebagai rajanya vitamin. Dibandingkan vitamin A, B, D, dan E, maka vitamin C-lah yang memiliki banyak kegunaan untuk menunjang kesehatan tubuh kita. Kandungannya yang bersifat antioksidan pada vitamin ini dapat melawan radikal bebas, vitamin C juga memiliki peran penting dalam meningkatkan imun sistem kekebalan tubuh.

Vitamin C memiliki dosis yang ideal, yaitu sekitar 75 miligram per-hari. Sedangkan untuk takaran wanita hamil dan ibu menyusui disarankan mengonsumsi vitamin C lebih besar dari jumlah takaran pada orang normal. Bagi kita yang memiliki tingkat kesibukan lebih tinggi atau yang hidup di kota metropolitan seperti Jakarta, yang tingkat kejenuhan dan stress lebih tinggi maka disarankan untuk mengonsumsi vitamin ini dengan dosis 500 miligram.

Berikut ini adalah beberapa manfaat vitamin C untuk kesehatan:

[1] Sebagai Vitamin Antioksidan

Vitamin C memiliki tugas yang paling utama dalam pertahanan melawan radikal bebas. Maka tidak heran zat satu ini masuk sebagai antioksidan yang sangat penting pada tubuh. Di sini, fungsi utamanya yakni untuk menangkap radikal bebas dan menetralisirnya sebelum radikal bebas itu bisa merusak sel dalam tubuh kita.

Lalu, sebenarnya apa yang membuat Vitamin C begitu penting dalam proses penanganan radikal bebas? Berikut ini alasannya.

  • Vitamin C memiliki sifat mudah larut dalam air, sehingga proses penyerapan lebih mudah dan cepat, dan radikal bebas sendiri bisa dimana di seluruh tubuh, maka diperlukan vitamin C untuk selalu siaga dimana-mana untuk menanganinya.
  • Vitamin C sebagai katalis untuk proses antioksidan yang lain seperti Vitamin E dan enzim antioksidan seperti superoksida dismutase (SOD) dan glutathione.
  • Vitamin C dibutuhkan oleh enzim-enzim lain dalam tubuh untuk proses mengumpulkan dan menyaring racun seperti timah dan zat polutan dalam tubuh Anda. Sekarang ini dampak polusi lingkungan hampir mustahil untuk dihindari. Semakin cepat racun keluar dari dalam tubuh, semakin sedikit kerusakan yang bisa ditimbulkannya. Solusi perlindungan yang terbaik adalah mengonsumsi vitamin c dalam takaran dosis yang tinggi.

[2] Mencegah dan Meminimalisir Penyakit Jantung

Dalam proses sintesis kolagen, vitamin C memegang peranan yang sangat penting. Kolagen adalah berbentuk serabut kuat dan merupakan jaringan ikat penting untuk kulit, otot, pembuluh darah, dan bagian tubuh penting lainnya. Kekurangan vatamin C mengakibatkan melemahnya landasan struktur untuk pembuluh darah, jantung, dan otot jantung.

Fungsi vitamin C sendiri dalam prose pembentukan kolagen adalah faktor positif guna mencegah serangan penyakit koroner. Sebuah penelitian menemukan bahwa kurangnya vitamin C dapat menyebabkan kerusakan susunan sel arteri sehingga dapat terisi kolesterol dan menyebabkan aterosklerosis. Ambang batas kecukupan gizi vitamin C di anjurkan sebesar 60 mg sehari.

[3] Mampu Mengobati Flu 3x Lebih Cepat

Asupan vitamin C yang di bawah takaran standar mengakibatkan tubuh kita mudah terkena penyakit, sedangkan tubuh kita membutuhkan banyak asupan vitamin C saat sel-sel tubuh bekerja melawan penyakit. Konsumsi vitamin C (1000 mg per hari) dapat meingkatkan sistem kekebalan tubuh dan menjauhkan penyakit ringan.

[4] Membantu Mengurangi Kolesterol Jahat

Berdasarkan survey/penelitian ditemukan bahwa orang yang biasa mengkonsumsi vitamin C dalam takaran dosis tinggi mempunyai potensi tingkat kadar kolesterol yang rendah. Mereka juga memiliki kadar kolesterol LDL rendah (kolesterol jahat) dan kolesterol HDL yang lebih tinggi (kolesterol baik).

Kemudian muncul satu pertanyaan, apakah Anda dapat menurunkan kolesterol dengan mengkonsumsi vitamin C? Jwabannya, bisa “Ya”, juga bisa “Tidak”. Pasalnya, jika saat ini tingkat konsumsi vitamin c Anda rendah, maka menaikkan dosis konsumsi lebih tinggi bisa mengurangi kadar kolesterol Anda pada tubuh. Tetapi, jika sebelumnya Anda sudah biasa mengonsumsi vitamin c, misalnya sudah rutin mengonsumsinya dalam takaran 2000 mg per hari, maka hal ini tidak akan mempengaruhi turunnya kadar kolesterol pada tubuh kita.

Jika kadar kolesterol Anda tinggi (di atas 220 mg/Dl, namun di bawah 240 mg/Dl), mengkonsumsi suplemen vitamin C bersama dengan diet rendah lemak, olahraga, dan penurunan berat badan, bisa menurunkan kadar kolesterol. Jika kolesterol Anda di atas 240 mg/Dl, dan anda sudah mulai menggunakan obat-obatan untuk menurunkan kadar kolesterol, konsultasikan dahulu ke dokter sebelum mencoba mengkonsumsi vitamin C dalam takaran dosis yang tinggi.


Baca juga:


[5] Mampu Menurunkan Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi (di atas 140/90) dapat memberikan risiko besar terkena penyakit jantung, stroke, dan ginjal. Berdasarkan penelitian ditemukan bahwa orang dengan kadar tinggi Vitamin C mempunyai tekanan darah yang sedikit lebih rendah dibandingkan orang dengan vitamin C tingkat rendah. Perbedaannya sekitar empat poin dalam diastolik (ketika jantung santai antara ketukan). Mungkin kedengarannya tidak banyak, akan tetapi menurunkan tekanan darah diastolik dengan hanya dua titik saja, dapat mengurangi kemungkinan penyakit jantung sebanyak 8%. Ini merupakan satu alasan kenapa para lansia yang biasa mengkonsumsi vitamin c dosis tinggi hidup memiliki resiko lebih sedikit dari serangan jantung dan stroke.

[6] Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh yang baik dapat melindungi kita dari terjangkitnya infeksi. Ini dilakukan oleh beberapa jenis sel darah putih dan zat kimia lainnya sebagai kurir yang akan menentukan kemana sel darah putih itu harus pergi dan apa yang harus dilakukannya. Manusia, dalam kondisi tubuh sehat, mempunyai sekitar satu triliun sel-sel darah putih dalam tubuh. Tetapi dalam kondisi sakit, tubuh akan memproduksi jutaan sel darah putih lebih setiap jam untuk melawan penyakit.

Semua sel dan kurir-kurir kimia tadi membutuhkan tidak sedikit vitamin C untuk dapat bekerja dengan baik. Kita masih tidak tahu pasti apakah vitamin C mampu mencegah tubuh kita jatuh sakit, tetapi kita tahu bahwa vitamin C bisa membantu kita sembuh dari sakit lebih cepat. Jika kita sakit atau mengalami infeksi, mengkonsumsi vitamin C lebih banyak dari biasanya dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

[7] Mempercepat Penyembuhan Luka

Umumnya kadar Vitamin C Anda mungkin akan rendah setelah operasi, kita tidak tahu persis mengapa hal itu terjadi. Untuk membantu Anda menyembuhkan dan melawan infeksi, kadar vitamin C pada tubuh harus tinggi. Cobalah untuk mengkonsumsi 1.000 mg per hari selama setidaknya 2 minggu sebelum operasi dan 4 minggu sesudah operasi. Anda tidak hanya akan lebih cepat sembuh dari operasi, tentunya juga akan terhindar dari ‘bed sores’ (atau kerusakan kulit yang diakibatkan oleh iritasi, misalnya penderita sakit kronis yang berbaring terlalu lama) karena kolagen di bawah kulit anda akan menjadi lebih kuat.

[8] Mampu Melawan Alergi

Jika kita bersin, hal tersebut terjadi disebabkan oleh sistem pertahanan tubuh Anda berpikir bahwa ‘zat asing’ yang telah masuk ke dalam tubuh merupakan kuman penyerang yang wajib dilenyapkan. Untuk dapat melakukannya, sistem kekebalan tubuh Anda tadi melepaskan zat kimia yang disebut histamines ke dalam darah. Korban utama dari pertempuran melawan “penyerbu” adalah Anda sendiri. Histamines Anda sendiri yang membuat anda bersin, tersedu, batuk, gatal-gatal, dan kejadian lainnya yang biasanya tidak menyenangkan itu.

Obat yang melawan histamines alami disebut antihistamin. Ada banyak berbagai jenis anti histamin, dan banyak yang dijual bebas setiap toko obat. Daftar panjang peringatan dan efek samping pada label obat ini lebih dari sedikit menakutkan. Kebanyakan antihistamin dapat membuat anda mengantuk.

[9] Bikin Kulit Lebih Halus dan Kencang

Survey penelitian lain menemukan bahwa vitamin c berkhasiat sebagai antioksidan yang mampu mencegah terjadinya oksidasi lemak jenuh menjadi bentuk peroksida yang berbahaya bagi tubuh dan dapat mengganggu sistem kardiovaskular (pencetus penyakit darah tinggi, jantung koroner, stroke, dan lain-lain). Hal ini bermanfaat untuk regenerasi proses pembentukan jaringan kolagen yang khasiatnya adalah memperkuat kulit, tulang rawan, tendon, dan dinding pembuluh darah. Kolagen yang terkandung di dalamnya mampu membantu mempercepat proses peremajaan sel kulit, sehingga membantu mencegah penuaan dini dan mengatasi berbagai masalah kulit.

Vitamin C dapat dikonsumsi secara langsung ataupun dioleskan pada kulit. Sangat dianjurkan untuk mengonsumsinya secara rutin dan teratur. Guna mempertahankan kesehatan dan meningkatkan daya tahan tubuh, disarankan untuk mengonsumsi vitamin C dengan dosis antara 500 sampai 1.000 mg/hari. Untuk mempertahankan kecantikan kulit dibutuhkan vitamin C dengan dosis 500 hingga 2.000 mg/hari. Sedangkan untuk mengurangi vlek kehitaman pada kulit dianjurkan untuk mengonsumsi vitamin C antara 2.000 sampai 4.000 mg/hari dalam bentuk buffer (tidak asam) yang dapat dikonsumsi 1-1,5 jam setelah makan. Meski aman dikonsumsi dengan dosis tinggi dan bersifat larut dalam air, saat mengonsumsi vitamin C sangat dianjurkan untuk memperbanyak minum air putih agar terhindar dari terjadinya kristalisasi pada ginjal.

Dewasa ini, vitamin C banyak dipergunakan sebagai bahan utama pada berbagai produk perawatan kulit. Sebagai contoh, apabila dioleskan pada kulit, vitamin C akan berkhasiat langsung melindungi kulit terhadap oksidative-stress (radikal bebas) yang terjadi akibat paparan sinar ultraviolet yang menyebabkan problem penuaan dini pada kulit.

Efek Samping Dari Penggunaan Berlebihan Vitamin C

Kadar penggunaam dosis vitamin C ditetapkan sebesar 60 mg sehari. Jika Anda ingin mengkonsumsi vitamin C dosis tinggi sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter, karena menyangkut efek samping yang dapat di derita. Sejauh ini vitamin c aman untuk dikonsumsi. Tapi katanya vitamin C sebaiknya jangan diberikan pada penderita gagal ginjal dan batu ginjal, sebab akan memacu pembentukan batu ginjal. Vitamin C juga dapat mengganggu penyerapan mineral yang diperlukan tubuh seperti tembaga. Vitamin C adalah senyawa yang mempermudah penyerapan zat besi. Sebaiknya jangan diberikan pada penderita yang mempunyai kelebihan zat besi. Misalnya pasien hematokromatosis (pewarnaan jaringan dengan pigmen darah).

Share This

17 Trackbacks / Pingbacks

  1. Wajib Tau, Inilah 10 Khasiat Dan Manfaat Minuman Toak - HALLOPEDIA.COM
  2. Cara Alami Sembuhkan Kanker Dengan Ciplukan - HALLOPEDIA.COM
  3. Wajib Tau, Inilah 10 Khasiat Dan Manfaat Minuman Tuak - HALLOPEDIA.COM
  4. Diet Dengan Nasi Jagung, Inilah Khasiat dan Manfaat Nasi Jagung - HALLOPEDIA.COM
  5. Manfaat Sedekah Dapat Menyembuhkan Berbagai Penyakit. Kisah Nyata! - HALLOPEDIA.COM
  6. Penting! Cara Memilih Jus Sesuai Jenis Penyakit - HALLOPEDIA.COM
  7. Wajib Tau! Inilah Khasiat dan Manfaat Air kelapa Hijau - HALLOPEDIA.COM
  8. Khasiat dan Manfaat Blewah Inilah Yang Mencengangkan - HALLOPEDIA.COM
  9. Inilah Khasiat Dan Manfaat Bayam Duri Yang Belum Diketahui - HALLOPEDIA.COM
  10. 15 Khasiat dan Manfaat Jagung Manis Untuk Kesehatan (Jarang Diketahui) – HALLOPEDIA.COM
  11. Khasiat dan Manfaat Blewah Inilah Yang Mencengangkan – HALLOPEDIA.COM
  12. Obat Tradisional Sembuhkan Panas Dalam Dengan Cepat (Mudah dan 100% Ampuh) – HALLOPEDIA.COM
  13. Inilah 7 Manfaat Bunga Mawar Untuk Kesehatan Dan Kecantikan Wanita – HALLOPEDIA.COM
  14. 13 Manfaat Jagung Manis Untuk Kulit, Rambut dan Kesehatan Lainnya – HALLOPEDIA.COM
  15. Jarang Diketahui, Inilah 9 Manfaat Minyak Jagung Untuk Kesehatan – HALLOPEDIA.COM
  16. Rekomendasi Makanan Untuk Penderita Jantung Lemah – Rumah Herbal
  17. Ini Nih Khasiat Dan Manfaat Sayur Bayam – HALLOPEDIA.COM

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*