Manfaat Vitamin E Untuk Orang Tua (Jarang Diketahui)

Setiap orang berharap bisa memiliki tubuh yang sehat dan bugar di hari tua. Untuk mencapainya, tentu ada banyak hal yang harus dilakukan, termasuk rutin berolahraga, tidak merokok serta menjaga kelengkapan dan keseimbangan asupan makanan. Selain itu? Perhatikan kecukupan vitamin E.

Mereka yang berusia lanjut dan memiliki kadar vitamin E rendah dalam tubuh cenderung akan mengalami kemerosotan fungsi fisik lebih tajam dibandingkan dengan mereka yang memiliki kadar vitamin E lebih tinggi, ungkap sebuah penelitian.

Dr. Benedetta Bartali dan para rekannya meneliti 698 orang meneliti orang berusia 65 tahun ke atas yang dipilih secara acak dari data populasi penduduk Tuscany, Italia. Tingkat mikronutrien folat, vitamin B6 dan B12, vitamin E, vitamin D dan zat besi dari masing-masing partisipan diukur melalui sampel darah yang dikumpulkan pada awal penelitian.

Fungsi fisik dinilai dari dengan uji kecepatan berjalan, keseimbangan berdiri dan kemampuan fisik lainnya. Separuh partisipan mengalami penurunan sebanyak 1 poin atau lebih dalam penilaian performa fisik sepanjang penelusuran lanjutan selama 3 tahun, ungkap Bartali dan para rekannya dari Yale University School of Medicine, New Haven, Connecticut, pada Jurnal of The American Medical Association.


Artikel terkait:


Vitamin E adalah satu-satunya mikronutrien yang berhubungan dengan penurunan fungsi fisik, setelah faktor-faktor lain seperti penyakit, obesitas, tingkat aktifitas fisik, depresi, dan fungsi mental turut dipertimbangkan.

Dibandingkan dengan orang-orang yang memiliki kadar vitamin E dalam tubuh, mereka dengan kadar vitamin E terendah 62% lebih beresiko untuk mengalami penurunan kemampuan fisik sebanyak minimal 1 poin.

Pendek kata, studi ini menyimpulkan bahwa kandungan vitamin E dalam tubuh lansia menentukan kebugaran mereka. Setelah kurun waktu 3 tahun, seseorang yang kandungan vitamin E-nya rendah tampak mengalami penurunan kebugaran yang dapat diukur.

Para peneliti menggarisbawahi bahwa vitamin E, yang merupakan antioksidan yang sangat kuat, dapat melindungi tubuh dari kerusakan DNA dan otot, atherosklerosis serta kelainan neurodegeneratif. Kini saatnya memenuhi kebutuhan vitamin E Anda. Sumber: Majalah Healthtoday.

Share This

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*