Tips Mudah Membuat Tuak Dari Beras

Membuat Tuak Dari Beras

Tuak merupakan sejenis minuman beralkohol khas tradisional nusantara yang dihasilkan dari fermentasi  beras, nira atau bahan minuman/buah yang mengandung gula seperti buah siwalan. Tuak adalah produk minuman yang mengandung alkohol tingkat rendah, alkohol yang terkandung pada minuman ini hanya sekitar 4% sampai 14%, cukup rendah jika dibandingkan dengan minuman-minuman saat ini.

Adapun bahan baku yang biasa dipakai adalah: beras atau cairan yang diambil dari tanaman seperti nira pohon enau atau nipah, atau legen dari pohon siwalan atau ental, atau sumber lainnya. Kadar alkohol tuak di pasaran berbeda-beda bergantung daerah pembuatnya, misalnya tuak tuban rata-rata kadar alkoholnya mencapai 8%. Tuak jenis arak yang dibuat di pulau Bali yang dikenal juga dengan nama Brem Bali, dikenal mengandung alkohol yang kadarnya cukup tinggi.

Rata-rata pembuatan tuak diproduksi dari pohon nira, pohon siwalan dan pohon-pohon lainnya. Kali ini saya akan membahas mengenai cara membuat tuak dari beras.


Tuak Beras


Tuak beras merupakan sejenis minuman di Kalimantan yaitu masyarakat iban. Umumnya tuak beras diolah dari sejenis beras yang disebut beras ketan atau orang sana menyebutnya dengan nama beras pulut. Beras tersebut direndam dengan air di dalam wadah yang disebut dengan nama tajau. Prosesnya juga cukup lama, setidaknya dua minggu sebelum dapat diminum dan beras tersebut juga akan menjadi makanan yang disebut dengan nama tapai. Namun saat ini proses pembuatan tuak beras berlainan sedikit, yaitu selain dibuat menggunakan beras ketan, juga dicampur dengan bahan gula pasir supaya rasanya lebih manis dan enak.

Biasanya tuak beras ini akan dihidangkan pada perayaan tertentu seperti perayaan-perayaan adat masyarakat dayak, misalnya acara Gawai Hantu, Gawai Kenyalang dan sebagainya. Banyak sekali masyarakat yang masih memproduksi tuak dengan bahan beras ini, misalnya selain dari masyarakat Iban, terdapat juga masyarakat lain seperti Bidayuh, Orang Ulu yang juga membuat tuak dengan cara mereka sendiri. Tuak jenis ini memiliki kandungan alkohol yang cukup untuk membuat mabuk bila diminum secara berlebihan. Baca juga Efek Samping Meminum Tuak Secara Berlebihan


Cara Membuat Tuak Dari Beras


Sebelum membuat tuak berbahan beras, siapkan dulu bahan-bahannya, yaitu :

  • Beras ketan 2kg.
  • Ragi 2 butir.
  • Air 16 liter.
  • Alat destilasi.

Setelah bahan-bahan sudah siap, kita lanjut ke proses pembuatannya. Inilah cara membuat tuak dari beras.

  • Rendam beras ketan dengan lama kira-kira 12 jam pada malam hari lalu tiriskan.
  • Kukus beras ketan hingga air mendidih lalu angkat dan siram dengan air panas lalu kukus lagi kurang lebih 30 Menit.
  • Sambil menunggu beras ketan dingin kita tumbuk ragi sampai halus lalu tambahkan 2 sendok makan tepung beras lalu taburkan pada beras ketan hingga merata.
  • Taruh beras ketan pada nampan dan tutup dengan kain atau plastik dan biarkan selama 7 hari.
  • Setelah itu masukkan tape beras ketan ke jirigen sebanyak 20 liter dan ditambah air kran 16 liter, kocok sebentar lalu tutup dan biarkan selama 7 sampai 14 hari sambil setiap hari dibuka sebentar dan ditutup lagi, tujuannya adalah biar tidak meledak.
  • Rebus air tape dalam jiregen tadi pada alat destilasi.
  • Air hasil dentilasi adalah arak
  • Untuk menghasilkan kadar alkohol tinggi proses destilasi bisa diulang 2-3 kali untuk mendapatkan kadar alkohol yg diinginkan.

Baca artikel tentang tuak lainnya :


Note :

  • Lamanya proses fermentasi dan jumlah ragi menentukan kualitas dari arak itu sendiri dan biasanya didapat dari pengalaman.
  • Sebelum membuatnya mungkin bisa dibaca dulu UU Bea dan Cukai tentang minuman berakohol.
  • Artikel ini hanya bertujuan untuk menambah wawasan kita dan bukan untuk mempengaruhi agar kita memproduksi massal.

Baca artikel lainnya:

Share This

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*