Mengobati Jerawat dengan Daun Meniran (Jarang Diketahui)

mengobati jerawat dengan daun meniran

Sudah menjadi rahasian umum bahwa setiap orang ingin tampil menarik dan menawan. Penampilan yang menawan itu bisa datang dengan merawat tubuh, salah satunya adalah kulit. Baik wanita maupun pria pasti mendambakan kulit yang putih dan bersih sehingga penampilannya pun akan terlihat menarik, apalagi untuk mereka yang tiap harinya bertemu dengan orang banyak.

Mengobati Jerawat dengan Daun Meniran (Jarang Diketahui)

Jerawat merupakan salah satu permasalahan pada kulit yang sering mengganggu seseorang. Bahkan untuk menyembuhkannya saja, tidak sedikit orang yang pergi ke salon ataupun mengkonsumsi obat-obatan yang berbahan kimia. Namun sebenarnya, Anda tidak perlu repot-repot melakukan perawatan dengan bahan kimia yang berbahaya dan harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit.

“Untuk mengobati jerawat pada wajah, tidak harus pergi perawatan atau ke salon. Lalu apa yang harus kita lakukan?”

Tenang dan jangan khawatir. Seperti yang telah dilansir pada artikelkesehatan99.com mengatakan di Indonesia terdapat berbagai macam tanaman obat yang sangat melimpah serta memiliki berbagai khasiat dan dapat anda olah sendiri di rumah. Artinya, kapanpun Anda memerlukannya Anda bisa langsung menggunakannya termasuk untuk mengobati jerawat yang bandel. Salah satu tanaman yang berkhasiat untuk mengobati jerawat adalah daun meniran.

Meniran merupakan salah satu herbal yang terkenal di Indonesia khususnya di Jawa. Meniran yang sering kita temui di Indonesia umumnya memiliki nama latin Phyllanthus niruri yang berasal dari genus Phyllanthus. Secara Internasional meniran disebut juga Chanca piedra yang berasal dari bahasa spanyol. Phyllanthus merupakan genus tanaman yang memiliki karakteristik adanya bunga pada daunnya, sedangkan spesies niruri berarti membelah batu karena akarnya mampu menembus bebatuan.

Baca artikel terkait:

*Kandungan pada Daun Meniran

Meniran mengandung zat-zat yang secara biologis aktif yang ditemukan di daun, batang, dan akar tanaman. Berikut zat aktif yang terdapat pada meniran, yaitu:

  • Lignan:  phyllanthine, hypophyllanthine, phyltetralin, lintetralin, niranthin, nirtetralin, nirphylline, nirurin, nirurisida.
  • Terpena:  Cymene, limonen, lupeol and lupeol asetat.
  • Flavonoid:  Quercetin, Quercitrin, Isoquercitrin, astragalin, rutin, physetinglucoside.
  • Lipid:  asam ricinoleat, asam dotriankontanoik, asam linoleat dan linolenat..
  • Benzenoids:  metilsalisilat ethil gallat, metil gallat.
  • Alkaloid:  Norsecurinine, 4-metoxy-Norsecurinine, entnorsekurinina, nirurin, pilantin, philokrisin.
  • Steroid:  Beta-sitosterol.
  • Alkana:  Triakontanal, Triakontanol.
  • Lainnya:  Vitamin C, tanin, saponin.

Menurut herbalisnusantara.com tumbuhan ini juga mengandung zat filantin, kalium, mineral, damar, dan zat penyamak yang ampuh untuk mengatasi jerawat.

*Cara Pemakaian Daun Meniran untuk Mengobati Jerawat

  1. Cara mengkonsumsi tanaman meniran bisa dengan cara diseduh seperti teh. Caranya tambahkan 1 sendok makan daun meniran kedalam 2-3 cangkir air panas lalu aduk dan tunggu hingga 15 menit. Kemudian airnya bisa diminum.
  2. Cara yang kedua adalah cucilah 7 batang tanaman meniran dan sedikit kunyit dan tumbuk hingga halus. Rebus dengan 2 gelas air hingga mendidih ya. tunggu hingga air kira-kira tinggal 1 gelas, saring dan langsung minum sekaligus secara teratur sampai jerawat hilang.

Note: Meniran belum memiliki dosis yang disepakati. Namun, perlu diingat bahwa sama seperti herbal lain bahwa walaupun meniran merupakan tanaman herbal dan alami. Meniran tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan.

Demikianlah informasi yang dapat kami berikan. Semoga dapat memberi manfaat untuk anda dan keluarga!

Baca artikel lainnya:

Share This

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. 10 Tips Mencegah Jerawat Yang Datang Kembali – HALLOPEDIA.COM
  2. Sembuhkan Kolesterol, Inilah Khasiat Dan Manfaat Daun Salam – HALLOPEDIA.COM

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*