6 Nutrisi Yang Dapat Mencegah Rambut Rontok Selama Menopause

6 Nutrisi Yang Dapat Mencegah Rambut Rontok Selama Menopause

Bagi semua orang, rambut merupakan salah satu komponen kecantikan yang selalu dijaga oleh setiap wanita. Rambuat yang bagus menunjukkan kesuburan dan kecantikan wanita. Tetapi berbeda lagi saat menopause datang, hal ini akan membuat anda stress dan gelisah. Pada saat menopause datang maka tubuh anda akan mengalami serangkaian perubahan hormonal dan salah satu masalah paling umum yang akan anda hadapi adalah rambut rontok.

Wanita menopause sering mengeluh mengenai permasalahan mereka. Bayangkan ketika mereka bangun tidur dan melihat rambut yang rontok dan menumpuk di atas bantal.

Wanita yang mengalami menopause biasanya terjadi pada usia 50 tahun. Hampir 20-60% wanita dengan umur yang disebutkan itu akan mengalami menopause. Lalu bagaimana ketika kita mendekati umur 50 tahun dan tidak ingin mengalami masalah menopause tersebut? Mengonsumsi makanan-makanan yang bernutrisi untuk rambut merupakan solusinya.  Berikut ini adalah 10 Nutrisi yang anda butuhkan untuk mencegah terjadinya menopause.

Protein

Yang paling penting untuk mencegah terjadinya menopause adalah protein. Setidaknya makanan yang anda konsumsi memiliki kadar 10-15% kandungan protein. Jika makanan yang anda konsumsi memiliki protein yang rendah, dalam artian tidak mencapai presentase yang disebutkan di atas, maka hal ini akan menjadikan rambut anda tidak sehat, suka rapuh dan rontok. Pastikan makanan yang anda konsumsi memiliki kandungan sistin dan L-lysin. Tanpanya, ramput anda akan mudah rontok dan tidak sehat. Sumber yang baik dari zat asam amino ini adalah ikan, daging, ayam, kacang polong, biji bunga matahari, kacang tanah dan kacang-kacangan lainnya. Untuk biji-bijian meliputi beras merah, soba dan jelai. Mengkonsumsi 2-3 butir telur per minggu juga dapat mencegah terjadinya rambut rontok.

Lemak

Terlepas dari pandangan negatif anda mengenai lemak, saran kami konsumsilah makanan-makanan yang mengandung lemak sehat. Lemak sehat yang mencukupi terhadap tubuh akan memberi manfaat positif terhadap rambut anda. Tubuh yang kekurangan lemak juga dapat mengakibatkan rambut anda terlihat kusut dan kering, hingga terjadinya rambut rontok. Maka konsumsilah lemak sehat untuk memenuhi kesehatan rambut anda. Lemak yang baik misalnya dari minyak ikan laut, biji zaitun dan lain-lain.

Karbohidrat

Tidak sedikit para wanita yang menjaga berat badannya agar tetap bagus selalu mempertimbangkan serius mengenai makanan yang memiliki kadar karbohidrat tinggi. Perlu anda tahu, tubuh yang kekurangan karbohidrat akan berefek pada rambut anda. Kekurangan karbohidrat dapat memicu terjadinya rambut rontok. Disarankan untuk anda yang menginginkan rambut tetap segar dan sehat, maka konsumsilah makanan-makanan berkarbohidrat, dalam artian tidak berlebihan mengonsumsinya. Makanan yang memiliki kandungan karbohidrat sedang anda bisa baca DI SINI

Vitamin C

Kekurangan vitamin C juga berdampak pada batang rambut. Dengan mengonsumsi makanan-makanan yang memiliki kandungan vitamin C akan memberikan dampak positif terhadap rambut anda, rambut tetap berkilau dan kuat. Baca : 9 Khasiat Dan Manfaat Vitamin C (Jarang Diketahui)

Vitamin B5

Vitamin B5 sangat penting untuk mencegah munculnya uban dan juga dapat mengembalikan warna rambut sesuai aslinya. Manfaat lain dari mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung vitamin B5 adalah menghindarkan terjadinya kekeringan pada rambut, mencegah peradangan dan mempercepat pembentukan melanin. Wanita yang mendekati umur 50 dianjurkan untuk mengonsumsi makanan-makanan yang memiliki kandungan vitamin B5, seperti jamur, kembang kul, kacang kedelai, telur, biji-bijian, susu, kacang-kacangan dan sayuran yang berdaun hijau.

Vitamin A

Kekurangan vitamin A dapat menurunkan kecepatan regenerasi sel dan sintesis. Hal ini bertanggung jawab untuk melembabkan dan melindungi rambut agar tidak rapuh. Sumber terbaik untuk Vitamin A akan melalui sumber tanaman seperti bayam, wortel dan ubi jalar. Kelebihan vitamin melalui sumber hewani bisa menyebabkan penumpukan di hati, yang bisa memicu rambut rontok.

Demikianlah artikel yang kami informasikan mengenai cara mencegah terjadinya rambut rontok saat menopause datang. Semoga bermanfaat untuk anda!

Baca artikel lainnya :

Share This

1 Trackback / Pingback

  1. Cara Meningkatkan Gairah Seksual Pria Umur 40 Tahun Keatas – HALLOPEDIA.COM

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*