Keunikan Proses Pembuatan Minuman Tuak Khas Tuban

pembuatan minuman tuak

Kabupaten Tuban merupakan kota kecil di Provinsi Jawa Timur Bagian Utara. Kabupaten Tuban disamping dikenal sebagai Kota Wali, juga tidak sedikit yang menyebutnya sebagai Kota Tuak. Kenapa Tuban disebut dengan Kota Tuak? Tuban yang merupakan kota kecil itu sangat terkenal dengan minuman tuaknya dikarenakan disepanjang jalanan pantai Tuban atau didekat pohon siwalan (pohon ental) akan anda temui orang berjualan minuman tuak.

pembuatan minuman tuakSetelah membahas tentang efek samping dan manfaat minuman tuak, kali ini mari kita kupas sedikit tentang cara pembuatan minuman tuak yang asli dari pohon siwalan.

Informasi terkait proses pembuatan minuman tuak khas Tuban ini saya dapatkan dari suarajatimpost yang telah mewawancarai salah satu dari warga Tuban bernama Agus, Agus adalah salah satu dari beberapa orang yang bekerja sebagai pembuat tuak. Agus telah menggeluti pekerjaan sebagai pengambil air legen dan dijadikan minuman tuak itu selama tujuh tahun. Tutur agus terkait proses pembuatan tuak, “pada awalnya kita harus mendapatkan  wolo (bakal minuman) yang usia pohon rata-rata diatas 20 tahun. Selepas itu batang wolo yang nantinya juga bisa menjadi buah siwalan harus kita pijit-pijit ke atas ke bawah rutin selama kurang lebih 3 hari”.

Agus meneruskan penjelasannya terkait proses pembuatan minuman tuak khas Tuban bahwa wolo yang sudah dipijit selama 3 hari, ujungnya diiris setipis uang logam dan direndam dengan air agar tidak jadi bakal buah siwalan, setelah itu barulah air yang menetes pada berikutnya bisa digunakan. Air tetesan itupun dapat jadi 2, yakni air legen yang memiliki rasa manis dan air tuak yang rasanya sepat pahit tergantung babakan atau ramuan di dalam bumbung bambu.

Untuk mendapatkan minuman tuak ia mengatakan, “dalam sehari jika pada musim kemarau,untuk 1 pohon bisa mendapatkan 7 sampai 10 liter, tetapi jika pada saat musim penghujan hanya mendapatkan di bawah 7 liter. Mengenai penjualan sudah ada yang menerima, dibeli dengan takaran botol isi 1,5 liter dengan harga 15 ribu”.

Uniknya pengambilan minuman tuak dari pohon siwalan ini tiap hari harus diambil air sadapannya, karena jika tidak diambil maka hasil pada berikutnya bisa berkurang dan bisa juga tidak akan keluar air. Selain itu, keluarnya air juga tergantung dari rejeki orang yang mengambil. Jika rejekinya bagus dalam sehari 1 pohon bahkan bisa mendapatkan sampai 15 liter. Baca juga Fakta Menarik Tuak Yang Wajib Anda Ketahui

Cukup unik ya mengenai pembuatan minuman tuak khas tuban. Ternyata pembuatan minuman ini tidak semudah pada saat kita meminumnya. Jika anda suka dengan keunikan pembuatan tuak ini, silahkan share artikel ini di berbagai media sosial yang anda miliki. Terimakasih!

Baca artikel lainnya:

Share This

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Tips Mudah Membuat Tuak Dari Beras – HALLOPEDIA.COM
  2. Awas, Efek Samping Meminum Tuak Setiap Hari – HALLOPEDIA.COM

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*