Pengertian Disfungsi Ereksi, Penyebab dan Cara Menyembuhkannya

Pengertian Disfungsi Ereksi, Penyebab dan Cara Menyembuhkannya

*Pengertian Disfungsi Ereksi

Disfungsi ereksi (DE) adalah permasalahan seksual yang sering dialami oleh kebanyakan pria di seluruh dunia. Hasil survey menunjukkan, pada tahun 1995 sejumlah 135 juta telah mengalami disfungsi ereksi, dan penyakit ini setiap tahun selalu mengalami kenaikan signifikan. Bahkan telah diprediksi, tahun 2026, penderita penyakit DE akan naik sekitar 325 juta.

Disfungsi ereksi (erectile dysfunction) adalah tidak sanggupnya alat vital seorang pria untuk mempertahankan ereksi. Ereksi dalam bahasa inggris disebut erection yang memiliki arti penegakan, membesar atau menegangnya penis, sedangkan disfungsi berarti tidak berfungsinya sesuatu atau benda.


“Pria yang menderita disfungsi ereksi dapat dipastikan akan kesulitan mencapai orgasme, atau bahkan tidak akan pernah mencapai orgasme.”


Dari 3 paragraf diatas, sangat jelas bahwa DE adalah permasalahan seksual yang dapat menimbulkan perpecahan rumah tangga, tidak harmonisnya pasangan suami-istri atau bahkan dapat menyebabkan perceraian.

Baca artikel terkait:

Disfungsi ereksi oleh kalangan pria sering disebut dengan impotensi. Padahal beda, disfungsi ereksi adalah keseluruhan permasalahan seksual pria, sedang impotensi hanya bagian dari disfungsi ereksi itu.

Seorang terapis seksual di California mengatakan, “Ada penderita yang harus menunggu sampai lima tahun sebelum akhirnya menemui saya untuk check up terkait masalahnya”. Pesan singkat yang dikatakan oleh terapis tersebut adalah agar para pria yang menderita disfungsi ereksi tidak malu untuk mengkonsultasikan ke dokter ahlinya.

Menurut seorang pakar seksualitas yaitu Dr. Ponco mengatakan bahwa penyebab dari disfungsi ereksi ini dibagi menjadi 3, yaitu psikogenik, organik dan campuran antara organik dan psikogenik. Penyebab paling sering dari psikogenik  adalah depresi atau kecemasan yang terlalu berlebihan. Kecemasan dapat mengganggu pengolahan dan pembentukan stimulus seksual. Sedangkan sampai sekarang hubungan antara depresi dan disfungsi ereksi masih belum diketahui secara pasti akan tetapi sudah didapatkan bahwa pengertian disfungsi ereksi terjadi rata-rata oleh para penderita depresi.

Penyebab DE secara organik atau alami disebabkan karena usia, kebiasaan rokok, kencing manis, penyakit kardiovaskular, saraf yang mengalami gangguan dan pemakaian obat-obatan yang berlebihan. Kejadian disfungsi ereksi mengalami peningkatan terus-menerus seiring dengan bertambahnya usia. Tidak heran, dekade ketiga hampir 38% pria yang mengalami disfungsi ereksi dan angka ini meningkat tajam menjadi 67% pada dekade ke enam.

Resiko disfungsi ereksi, baik dalam jangka pendek atau panjang rata-rata dialami oleh para perokok. Letak dari gangguan itu terdapat pada mekanisme veno oklusi (menyempitnya vena) yang memberi peran terhadap proses ereksi. Terganggunya aliran darah pada arteri kavernosa tidak terlepas karena adanya gangguan pada sistem kardiovaskular, sehingga menyebabkan disfungsi ereksi. Gangguan yang paling sering pada darah adalah karena ateroslerosis pada penderita penyakit ipertensi, dislipidimia serta diabetes mellitus.

Ada 34% hingga 74% para penderita diabetes mellitus mengalami disfungsi ereksi. Adapun alur mekanisme timbulnya disfungsi ereksi pada penderita diabetes mellitus adalah terjadi pada banyak faktor, yaitu karena faktor gangguan persarafan di penis dan otak, dan merupakan manifestasi dari terdapat adanya komplikasi vaskular kecil (mikrovaskular). Gangguan pada susunan saraf pusat adalah penyebab terjadinya disfungsi ereksi pada penderita diabetes mellitus. Lalu ditambah juga karena penurunan fungsi otot pada penis yang diakibatkan terjadinya gangguan persyarafan tepis.

Untuk pria yang mengalami penyakit pernafasan juga rentan alami disfungsi ereksi. Epilepsi, parkinson, alzheimer, stroke dan multiple sklerosis yang semuanya merupakan kelainan pada otak juga merupakan faktor penyebab disfungsi ereksi paling sering akibat gangguan yang terjadi pada saraf.

Sekali lagi, merokok adalah kebiasaan negatif yang dapat mengakibatkan dampak yang buruk bagi kesehatan. Baik kesehatan seksual ataupun kesehatan fisik. Kalian (baik perokok aktif ataupun perokok pasif) pasti juga tahu bahwa dalam bungkus rokok tertulis pesan dari dampak merokok, salah satunya adalah mengenai penyakit impotensi. Impotensi merupakan bahasa atau sebutan lain dari pengertian disfungsi ereksi.

Pengertian disfungsi ereksi sendiri yaitu ketidakmampuan alat vital pria untuk mempertahankan atau mendapatkan ereksi. Hampir sebagian besar pria mengalami masalah terkait ereksi mereka, baik ereksi rendah maupun ereksi tinggi. Masalah ereksi itu berupa kesulitan mereka dalam mencapai atau menahan ereksinya, ereksi yang tidak bisa keras seperti biasanya, atau bahkan sering tidak bisa mencapai ereksi seperti yang didambakannya.

*Penyebab Disfungsi Ereksi

Adapun penyebab dari disfungsi ereksi itu sendiri adalah :

  • Gangguan artery (pembuluh darah, penyakit hipertensi, aliran darah ke penih melemah)
  • Vena yang bocor
  • Kelenjar tumor hipofisis yang mengakibatkan gangguan hormonal, abnormal tinggi atau tingkat rendah hormon testosteron

Selain dari 3 hal di atas, masih banyak lagi penyebab disfungsi ereksi, seperti rokok. Perlu kita ketahui merokok dapat meningkatkan resiko penyakit disfungsi ereksi sekitar 45%, dengan alasan merokok dapat merusak pembuluh darah, nikotin dapat menyempitkan arteri sehingga dapat mengurangi aliran darah serta tekanan darah ke penis.

*Cara Menyembuhkan Disfungsi Ereksi

Apabila seseorang telah mengalami impotensi, maka dapat menjadi pesan untuk diri penderita untuk berhenti merokok, karena rokok telah merusak organ pada tubuhnya. Akibatnya darah ke penis kemungkinan dapat terpengaruh karena merupakan pembuluh darah yang kecil serta dapat mengakibatkan impoten atau disfungsi ereksi.

Disfungsi ereksi menyebabkan kelamin pria susah berdiri, jika mampu berdiri pun tidak tahan lama (penis loyo).

Beberapa obat seperti obat antihipertensi atau obat sejenis anti depresi juga dapat menyebabkan disfungsi ereksi. Konsultasi ke dokter atau ahli seksualitas sangat dianjurkan sebelum mengonsumsi obat-obatan tersebut, meskipun itu dalam jangka waktu lama ataupun jangka waktu sebentar.


Selain hal-hal yang dijelaskan diatas, ada beberapa penyakit yang berkaitan dengan organ vital pria juga dapat sebabkan permasalahan disfungsi ereksi. Misalnya libido yang rendah, mani yang kurang kental (mani encer) serta seperti kanker atau tumor, infeksi dan peradangan pada organ vital harus jadi bahan pertimbangan karena hal itu juga dapat menyebabkan disfungsi ereksi.


Lalu, bagaimana cara mengobatinya?

Mengonsumsi selai berry adalah salah satu cara untuk mengatasi permasalah disfungsi ereksi. Buah dengan warna hitam (gelap), misalnya blackberry dan blueberry adalah salah satu jenis buah yang memiliki kandungan kadar tinggi antioksidan yang kuat, kadar tinggi anthocyanim dapat menjadi solusi untuk meningkatkan ereksi yang semakin kuat. Telah dilakukan penelitian bahwa kandungan antho cyanim yang ada dalam buah berry dapat membantu mempertahankan nitrat oksida yang dapat membantu untuk membersihkan radikan bebal, radikan bebas sendiri yaitu penyebab dari arteri yang semakin menyempit.

Stress juga berpengaruh dengan kondisi psikologis seseorang. Sebaiknya untuk mencegah terjadinya disfungsi ereksi maka jauhilah stress. Ketegangan yang biasanya berlangsung lama atau terus menerus juga berdampak pada terjadinya maslah DE. Stress yang terjadi dalam waktu yang cukup lama juga dapat menyebabkan tubuh melepas epirnefin dengan lebih cepat yang kemudian dapat mengacaukannya karena merupakan salah satu adrenalin yang bisa langsung menuju arteri. Baca juga: 5 Tips Hidup Sehat Agar Tidak Mudah Stress

Demikianlah ulasan mengenai pengertian disfungsi ereksi, penyebab terjadinya disfungsi ereksi hingga cara menanganinya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda!

Baca artikel lainnya:

Share This

7 Trackbacks / Pingbacks

  1. Cara Sehat Sembuhkan Ejakulasi Dini [100% Terbukti] – HALLOPEDIA.COM
  2. Mengatasi Sperma Encer, Cara Mudah & Sederhana Ini Wajib Anda Coba – HALLOPEDIA.COM
  3. Obat Kuat Hammer of Thor Menyembuhkan Disfungsi Ereksi [100% Nyata Hasilnya] – HALLOPEDIA.COM
  4. Hammer of Thor Obat Penyakit Ejakulasi Dini – HALLOPEDIA.COM
  5. Lhiformen Obat Kuat Khusus Pria Paling Ampuh [Agen Resmi] – HALLOPEDIA.COM
  6. Cara Mudah dan Cepat Menyembuhkan Ejakulasi Dini [100% Berhasil] – HALLOPEDIA.COM
  7. Cara Mengobati Ereksi Lemah Pada Pria Dewasa – HALLOPEDIA.COM

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*