Pengertian Kolesterol Dan 5 Cara Mudah Menurunkannya

cara menurunkan kolesterol

Sebelum mengetahui mengenai penyakit kolesterol, gejala, penyebab dan cara menurunkannya (menyembuhkan), maka ada baiknya kita mengenal apa itu kolesterol.

Apa itu kolesterol?

Kolesterol berdasarkan penjelasan yang didapatkan penulis dari Wikipedia adalah metabolit yang mengandung lemak sterol yang ditemukan pada membran sel dan disirkulasikan dalam plasma darah, Merupakan sejenis lipid yang merupakan molekul lemak atau yang menyerupainya. Kolesterol ialah jenis khusus lipid yang disebut steroid. Steroids ialah lipid yang memiliki struktur kimia khusus. Struktur ini terdiri atas 4 cincin atom karbon. Secara garis besar dan mudah dipahami, kolesterol adalah lemak yang terdapat di dalam aliran darah atau sel tubuh yang sebenarnya dibutuhkan untuk pembentukan dinding sel dan sebagai bahan baku beberapa hormon. Namun apabila kadar kolestrol dalam darah berlebihan, maka bisa mengakibatkan penyakit, termasuk penyakit jantung koroner dan stroke. Kolestrol yang normal harus di bawah 200 mg/dl. Apabila di atas 240 mg/dl, maka Anda berisiko tinggi terkena penyakit seperti serangan jantung atau stroke.

Apa penyebab terjadinya kolesterol?

Kolestrol secara alami bisa dibentuk oleh tubuh, selebihnya di dapat dari makanan hewani, seperti daging, unggas, ikan, margarin, keju, dan susu. Adapun makanan yang berasal dari nabati, seperti buah, sayur, dan beberapa biji-bijian, tidak mengandung kolestrol.

Kolestrol tidak larut dalam darah sehingga perlu berikatan dengan pengangkutnya, yaitu lipoprotein. Oleh karena itu pula kolestrol dibedakan menjadi Low-Density Lipoprotein (LDL) dan High-Density Lipoprotein (HDL). Ada 2 (dua) macam kolesterol, yakni kolesterol jahat dan kolesterol baik. Berikut di bawah ini penjelasannya.

Kolesterol Jahat

Dalam bahasa ilmiahnya adalah Low-density Lipoprotein atau LDL dan kolesterol inilah yang memiliki pengaruh dan berdampak buruk untuk kesehatan. Kolesterol jenis inilah yang sering menjadi biang kerok terjadinya penyakit pembuluh darah arteri. Timbunan lemak itu semakin lama semakin tebal dan keras, yang dinamakan arteriosklerosis, dan akhirnya menumbat aliran darah.

Kolestrol LDL yang optimal adalah bila kadarnya dalam darah di bawah 100 mg/dl. Kolestrol LDL 100-129 mg/dl dimasukkan kategori perbatasan (borderline). Jika di atas 130 dan disertai afktor risiko lain seperti merokok, gemuk, diabetes, tidak berolah raga, apalagi jika sudah mencapai 160 atau lebih, maka segera perlu diberi obat.

Kolesterol Baik

Kolesterol baik atau dalam bahasa inggrisnya disebut HDL-High Density Lipoprotein, memiliki fungsi untuk mencegah terjadinya ateroma atau penyempitan pembuluh darah akibat lemak. Kolestrol HDL yang ideal atau dalam batas normal harus lebih tinggi dari 40 mg/dl untuk laki-laki, atau di atas 50 mg/dl untuk perempuan.

Penyebab kolestrol HDL yang rendah adalah kurang gerak badan, terlalu gemuk, serta kebiasaan merokok. Selain itu hormon testosteron pada laki-laki, steroid anabolik, dan progesteron bisa menurunkan kolesterol HDL, sedangkan hormon estrogen perempuan menaikkan HDL.

Bagaimana menurunkan kolesterol?

Ada banyak cara menurunkan kolesterol. Jika anda pergi ke klinik kesehatan misalnya rumah praktik dokter, puskesmas maupun apotik, disana anda akan mendapatkan obat untuk menurunkan kolesterol. Akan tetapi kali ini saya akan berbagi bagaimana cara menurunkan atau meminimalisir menumpuknya kolesterol dengan cepat melalui cara alami tanpa obat-obatan. Berikut di bawah ini ada 6 cara menurunkan kolesterol dengan cepat.

  • Hindari makanan penyebab kolesterol tinggi

menurunkan kolesterolLangkah pertama untuk menurunkan kolesterol adalah dengan cara menghindari beberapa makanan yang memiliki tingkat kolesterol tinggi. Beberapa makanan yang memiliki kadar kolesterol tinggi adalah makanan yang berlemak, misalnya susu dan alkohol. Makanan atau minuman berkolesterol memang baik jika di konsumsi dalam batas wajar, tetapi akan memiliki dampak negatif pada tubuh jika berlebihan dalam mengkonsumsinya.

  • Konsumsi sayur brokoli

menurunkan kolesterolCara yang kedua guna menurunkan kolesterol jahat adalah mengkonsumsi sayur brokoli. Kandungan serat yang tinggi dalam sayur brokoli memiliki manfaat untuk menurunkan kolesterol dengan cepat.

Brokoli membantu proses detoksifikasi tubuh secara alami sehingga berbagai jenis penyakit bisa diatasi. Kandungan serat yang banyak akan membantu anda cepat kenyang, dan hal ini dapat membantu anda menurunkan kolesterol. Baca juga Khasiat dan Manfaat Sayur Brokoli

Anda dapat menjadikan sayur brokoli menjadi menu makan setiap hari, cara yang lebih baik adalah dengan merebusnya, karena kandungan serat yang tinggi adalah mengolahnya dengan cara merebus. Hal ini cukup efektif dan sangat mudah mengatasi masalah kolesterol tinggi.

  • Meminum jus jambu merah

jus jambu merah menurunkan kolesterolMeminum jus jambu merah memang menyegarkan tubuh kita, apalagi jika anda rutin mengkonsumsinya setiap hari. Kandungan positif pada jambu merah sangat banyak, yaitu falvonoid, karotenoid, selenium, vitamin E dan juga vitamin C.

Dengan antioksidan flavonoid maka jambu merah mampu menurunkan kolesterol jahat dan juga trigliresida, anda bisa membuat jus jambu merah setiap hari selama 2 bulan. Maka dapat dipastikan kolesterol anda akan turun drastis hingga 50%.

Baca juga :

Inilah manfaat jambu biji untuk kesehatan

9 Khasiat dan manfaat vitamin C yang jarang diketahui

10 khasiat dan manfaat antioksidan bagi tubuh

  • Meminum jus anggur

tips menurunkan kolesterolMengkonsumsi jus anggur setiap hari, hal ini juga dapat menjadi alternatif terbaik untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi. Ternyata cara turunkan kolesterol dengan cara minum jus anggur merupakan cara yang sangat tepat dan efektif.

Pada buah anggur terkandung senyawa flavonoid dan zat catechin, yang sangat berperan besar mengurangi kolesterol jahat. Selain itu, dengan mengkonsumsi buah ini dapat membantu meningkatkan kolesterol baik.

  • Konsumsi kulit manggis

Salah satu hal yang bisa menjadi instrumen untuk mengendalikan kadar kolesterol dalam darah ialah dengan banyak mengonsumsi antioksidan yang banyak terdapat dalam buah-buahan, salah satunya ialah buah Manggis.

Dari berbagai penelitian yang dilakukan, ternyata buah Manggis mengandung zat antioksidan yang tinggi dibandingkan buah atau sumber makanan yang lainnya.

Salah satunya penelitian yang telah dilakukan oleh Dr Indah Yuliasih dari Fakultas Teknologi Pertanian Institut Pertanian Bogor (IPB) yang menyebutkan bahwa kulit buah Manggis berkhasiat untuk anti-kanker, menghambat proses penuaan, melancarkan peredaran darah dan menurunkan kadar kolesterol.

Hasil penelitian lainnya yang dilakukan oleh seorang peneliti bernama Dachriyanus dari Jurusan Farmasi Universitas Andalas, Padang, menunjukkan bahwa ekstrak kulit Manggis mampu menurunkan kadar kolesterol. Mengapa bisa terjadi?

Hal itu ternyata disebabkan oleh derivasi xanthone yang terkandung dalam kulit buah Manggis, alfa-mangostin, meningkatkan aktifitas enzim lipoprotein lipase untuk menghidrolisis LDL menjadi asam lemak dan gliserol.

Implikasinya, kadar low density lipoprotein menurun dan sebaliknya HDL atau kolesterol baik meningkat. Makanya, sudah saatnya Andapun menggunakan kulit buah Manggis untuk menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam darah.

Penggunaan kulit buah Manggis untuk menurunkan kolesterol sudah terbukti secara empiris maupun ilmiah. Jadi, tidak ada keraguan lagi untuk mulai memasyarakatkan konsumsi jus kulit buah Manggis yang mudah dan murah untuk mendapatkannya.

  • Konsumsi jeruk nipis

Siapa yang dapat mengiranya, jika ternyata buah yang biasa digunakan untuk pelengkap berbagai jenis masakan ataupun buah yang biasakan digunakan untuk minuman jus, ternyata memiliki khasiat untuk mengurangi jumlah lemak jahat atau kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh.

Jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C yang cukup besar, dan vitamin C merupakan aset terbesar yang dapat membantu menurunkan berat badan.

Selain itu jeruk nipis juga memiliki kandungan antioksidan, juga memiliki kandungan polisakarida non pati atau disebut juga dengan serat makanan, dan kandungan lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh. Oleh sebab itu, jeruk nipis dapat digunakan untuk program diet yang sehat.

Selamat mencoba!

Share This

3 Trackbacks / Pingbacks

  1. Kandungan Gizi, Nutrisi dan Vitamin pada Buah Pisang (Jarang Diketahui) – HALLOPEDIA.COM
  2. 13 Manfaat Jagung Manis Untuk Kulit, Rambut dan Kesehatan Lainnya – HALLOPEDIA.COM
  3. Cara Meningkatkan Gairah Seksual Pria Umur 40 Tahun Keatas – HALLOPEDIA.COM

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*