Asian Games Dibuka, Indonesia Tampilkan Bhineka Tunggal Ika

Hangzhou: Opening Ceremony Asian Games 2022 Hangzhou, Tiongkok berlangsung meriah, Sabtu, 23 September 2023. Tim Indonesia tampil membawa keberagaman budaya lewat semboyan Bhineka Tunggal Ika.  

Keberagaman budaya Indonesia direpresentasikan melalui pakaian adat yang ditampilkan saat defile pada Opening ceremony SEA Games 2023 di National Stadium Hangzhou.

Perwakilan atlet, ofisial dari cabang olahraga Renang, voli indoor, hockey, modern pentathlon, wushu, taekwondo, anggar, judo, rowing, tennis, skateboard, dan tinju, serta tim Chef de Mission (CdM) ikut ambil bagian dalam defile upacara pembukaan tersebut. 

Kontingen Indonesia dipimpin Jadi Rajagukguk selaku Vice CdM ditemani atlet wushu Nandhira Mauriskha dan kapten voli indoor putra Hernanda Zulfie yang pembawa sangsaka bendera Merah Putih.

Dalam defile upacara pembukaan tersebut, Nandhira mengenakan baju kurung adat Betawi berwarna kuning dibalut kerudung berwarna orange yang melambangkan optimisme untuk pencapaian prestasi terbaiknya di Asian Games 2022 Hangzhou. 

Sedangkan Hernanda Zulfi memakai baju adat Rote, pulau di ujung paling selatan Indonesia yang masuk dalam wilayah Nusa Tenggara Timur. Ia menggunakan jas putih tertutup yang bawahannya merupakan kain tenun dan topi tradisional khas Rote yang disebut Ti’i Langga. 

Sekadar informasi, Asian Games dibuka pada 23 September-8 Oktober. Dok. NOC Indonesia

(WWD)

Quoted From Many Source

Baca Juga  Fan Cilik Beri Saran Menohok untuk Hentikan Tren Buruk MU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *