Cara Menonaktifkan WhatsApp Sementara Tanpa Mematikan Data

Jakarta: Dalam kondisi tertentu, notifikasi pesan masuk dari aplikasi WhatsApp terkadang dapat mengganggu, terutama saat kamu ingin beristirahat. Untuk menghindari hal ini, kamu bisa menonaktifkan WhatsApp sementara waktu.
 
Dengan menonaktifkan WhatsApp sementara, kamu tidak akan mendapatkan notifikasi pesan masuk dari aplikasi tersebut. Untuk melakukan hal ini, kamu bisa melakukan beberapa cara termasuk menonaktifkan data internet di ponsel secara total.
 
Namun cara ini memiliki kelemahan, menyebabkan kamu tidak dapat mengakses aplikasi lain yang juga membutuhkan koneksi internet. Selain cara ini, pengguna juga dapat menonaktifkan WhatsApp tanpa menonaktifkan data internet. Berikut beberapa caranya.

Baca Juga: Cara Menghapus Kontak di WhatsApp secara Permanen
 
1. Uninstal aplikasi
Cara menonaktifkan WhatsApp tanpa mematikan data pertama adalah dengan uninstall aplikasi. Saat dihapus, akun WhatsApp secara otomatis akan nonaktif, sehingga kamu tidak akan menerima pesan.
 
Untuk uninstall, kamu perlu menekan logo aplikasi WhatsApp di layar Home ponsel selama beberapa saat, lalu pilih opsi Uninstall atau Hapus App. Namun sebelumnya, kamu perlu melakukan backup sehingga saat mengunduh dan masuk ke akun WhatsApp kembali, riwayat chat tetap tersimpan.
 
2. Menonaktifkan Notifikasi
Kamu bisa menonaktifkan WA tanpa mematikan data dengan mematikan notifikasi aplikasi di ponsel. Untuk menonaktifkan WA tanpa mematikan data dengan mematikan notifikasi. Kamu hanya perlu membuka menu pengaturan di ponsel, lalu nonaktifkan notifikasi untuk aplikasi WhatsApp.
 
3. Menonaktifkan data WhatsApp di iPhone
Untuk melakukan hal ini, kamu perlu membuka menu pengaturan di iPhone, kemudian pilih menu Seluler dan gulir ke arah bawah hingga menemukan daftar semua aplikasi yang menggunakan data internet dari jaringan seluler.
 
Selanjutnya, pada daftar tersebut, cari aplikasi WhatsApp dan geser tombol untuk menonaktifkan akses data internet dari jaringan seluler. Akses data internet pada WhatsApp dari jaringan seluler kini berhasil dimatikan di iPhone.
 
Di ponsel Android, kamu dapat mematikan data pada aplikasi WhatsApp untuk jaringan seluler dan WiFi. Kamu perlu mengakses aplikasi bawaan Keamanan, lalu aplikasi tersebut, pilih opsi penggunaan data.
 
Kemudian, pilih opsi batasi penggunaan data, pilih pembatasan penggunaan data aplikasi untuk jaringan seluler atau WiFi. Terakhir, kamu hanya perlu mencari aplikasi WhatsApp dan mematikan akses data internetnya.
 
Baca Juga: Cara Kirim Video Panjang di WhatsApp
 
4. Hapus Data Aplikasi
Cara kedua ini bisa dibilang mirip dengan cara yang pertama, namun cara ini tidak menyebabkan aplikasi WhatsApp menghilang dari ponsel. Hapus data aplikasi hanya menyebabkan data di dalam aplikasi WhatsApp terhapus semua, namun aplikasi masih tersedia di ponsel, seperti aplikasi yang baru diunduh.
 
Untuk melakukan hal ini, kamu perlu mengakses menu pengaturan di ponsel, lalu mulai menghapus data aplikasi WhatsApp. Untuk menghapus data aplikasi WhatsApp, kamu bisa membuka menu pengaturan Aplikasi, lalu pilih opsi Kelola Aplikasi dan pilih aplikasi WhatsApp.
 
Kemudian, klik opsi Hapus Data, dan setelah menghapus data aplikasi, aplikasi WhatsApp akan direset seperti aplikasi baru dan akun WhatsApp pengguna akan dikeluarkan. Jika akun dikeluarkan maka pengguna tak akan lagi menerima notifikasi dari WhatsApp.
 
Berikut cara menonaktifkan WA tanpa mematikan data dan dapat dilakukan dengan menghapus aplikasi, mematikan notifikasi aplikasi, serta membatasi akses data internet hanya untuk aplikasi WhatsApp. Selamat mencoba!
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id

Baca Juga  Diam-diam Bursa Karbon Juga Bawa Peluang Ini

(MMI)

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *