Fakta-Fakta Rambut Rasulullah berdasarkan Hadis

Jakarta: Setiap Umat Nabi Muhammad SAW tentu harus mengenal lebih dekat dengan nabinya. Rasulullah merupakan makhluk yang memiliki kepribadian agung dan banyak keistimewaan.
 
Rasulullah merupakan uswatun hasanah atau model terbaik. Karenanya umat Islam sangat dianjurkan meneladani segala tindak-tanduk sang baginda.
 
Baca juga: Syiar Sirah Nabawiyah: Sikap Nabi Terhadap Kondisi Arab (3)

Dalam kitab Asy-Syamail Al-Muhammadiyah atau Mengenal Pribadi Agung Nabi Muhammad karya Imam At-Tirmidzi memuat gambaran terkait pribadi hingga fisik Rasulullah, termasuk rambut.

1. Jenis Rambut Rasulullah SAW

Berbagai riwayat menyebutkan jenis rambut Rasulullah ikal atau tidak keriting dan juga tidak lurus. Hal itu di antaranya sebagaimana diriwayatkan Al-Bukhari (5905) dan Muslim (2338).
 
“Aku pernah bertanya kepada Anas bin Malik, ‘Bagaimanakah rambut Rasulullah la menjawab, ‘Rambut Rasulullah tidak terlalu keriting, tidak pula lurus kaku, rambutnya mencapai kedua daun telinganya’,” bunyi hadis tersebut.

2. Panjang Rambut Rasulullah SAW

Rasulullah memiliki rambut yang tidak terlalu panjang. Hal itu di antaranya sebagaimana diriwayatkan At-Tirmidzi di dalam Sunan-nya (1755).
 
“Aku pernah mandi bersama Rasulullah dari satu wadah (air). Beliau memiliki rambut yang panjangnya tidak sampai di pundak dan tidak sampai di bagian bawah daun telinga,” bunyi hadis tersebut.

3. Uban Rasulullah SAW

Selain itu, juga terlihat uban di rambut Rasulullah. Namun ubannya tidak memenuhi semua rambut kecuali sejumlah helai yang bisa dihitung para sahabatnya.
 
“Uban di kepala Rasulullah itu sekitar dua puluh helai yang berwarna putih,” bunyi hadis sebagaimana diriwayatkan Ahmad di dalam Musnad-nya (5633) dan lbnu Majah (3630).

4. Minyak Rambut

Nabi Muhammad juga tidak membiarkan rambutnya berantakan. Nabi bahkan kerap menyisir dan menggunakan minyak rambut.
 
“Aku mendengar Jabir bin Samurah ditanya tentang uban Rasulullah. Maka ia menjawab, ‘Apabila beliau telah meminyaki rambutnya, maka ubannya sama sekali tidak kelihatan. Namun Apabila beliau tidak memakai minyak, maka ubannya kelihatan hanya sedikit,” bunyi hadis yang diriwayatkan Muslim 2344 dari Muhammad bin Al-Mutsanna.
 

Baca Juga  Membangun Saham Di Ambon Versi Kami

 
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id

(DHI)

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *