Mahasiswa ITS Tawarkan EvolveGo untuk Solusi Kota Cerdas Terintegrasi

Jakarta: Mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) yang tergabung dalam PowerBuffGirl! berhasil menciptakan sistem kota cerdas yang terintegrasi. Sistem ini dirancang untuk menciptakan transportasi aman, pemanfaatan limbah menjadi energi, serta peningkatan kualitas pendidikan guna mengoptimalkan kinerja pemerintah dalam tata kelola kota modern.
 
Ketua tim PowerBuffGirl!, Annisa Rahmapuri, mengungkapkan inovasi ini bermula dari keprihatinan terhadap pertumbuhan kota yang berdampak pada masalah transportasi, lingkungan, dan pendidikan.
 
“Kami berkomitmen untuk mengatasi masalah-masalah ini melalui solusi yang berkelanjutan,” kata Annisa dalam keterangan tertulis, Selasa, 26 September 2023.

Tim yang digawangi Annisa Rahmapuri, Keisya Nabila Zahra, dan Jacinta Syilloam ini mengangkat solusi tersebut dalam sebuah sistem aplikasi bernama EvolveGo sebagai solusi komprehensif. Aplikasi ini memiliki berbagai fitur unggulan yang mencakup berbagai aspek kota cerdas.
 
Salah satu fitur utamanya adalah TransGo! yang memberikan informasi real-time transportasi umum tentang ketersediaan kursi, rute perjalanan terbaik, bahkan notifikasi perubahan jadwal. Tak hanya itu, dari segi transportasi, dihadirkan pula fitur SecureGo! yang berfokus pada keamanan transportasi umum.
 
Fitur ini memungkinkan pengguna melaporkan insiden yang tidak diinginkan dan menyediakan bukti melalui closed circuit television (CCTV) dengan harapan dan target dari pemerintah dapat meningkatkan rasa aman bagi pengguna.
 
Berpindah ke solusi lingkungan, terdapat WasteGo! yang menjadi fitur untuk membantu meningkatkan kesadaran lingkungan. Fitur ini memungkinkan masyarakat mendaur ulang sampah dan mendapatkan reward dalam bentuk energi terbarukan yang kemudian hari akan diproses lebih jauh.
“Sebagai contoh, adanya timbal balik dalam bentuk biodiesel, biogas, dan listrik,” ujar dia.
 
EvolveGo juga memiliki WalletGo! yang memfasilitasi pembayaran cashless untuk berbagai layanan kota untuk digunakan masyarakat secara lebih praktis. Terakhir, EduGo! sebagai fitur pelengkap yang mengoptimalkan penilaian indeks sekolah untuk meningkatkan ketepatan dalam sistem penerimaan peserta didik baru.
 
“Melalui sistem ini, pemerintah dapat mengatasi ketidakakuratan dalam sistem pendidikan,” papar mahasiswa tahun ketiga Departemen Sistem Informasi tersebut.
 
Sistem aplikasi ini juga telah disesuaikan dengan menciptakan solusi berkelanjutan untuk meningkatkan kualitas hidup dan tata kelola kota modern, khususnya di Kota Surabaya. Upaya tim PowerBuffGirl! ITS untuk menciptakan perubahan positif dalam menjawab tantangan kota berkelanjutann ini dengan mengimplementasikan lima dari enam pilar Smart City/
 
Tim inovasi bimbingan Irzal Ahmad Sabilla ini menuai berbagai respons positif dari kalangan pemerintah Kota Surabaya. Terlebih, pada fitur EduGo! yang mendapatkan apresiasi istimewa dari Kepala UPT TIKP Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur yang juga menjabat sebagai Ketua Pelaksana PPDB Jawa Timur 2023.
 
Sistem ini akan menjadi agenda utama dalam rapat PPDB Jawa Timur 024. Inovasi berjudul Sistem Kota Cerdas untuk Transportasi yang Aman Terintegrasi, Waste-to-Energy Reward System, dan Optimalisasi Penilaian Indeks Sekolah Guna Meningkatkan Kinerja Smart Government ini berhasil mengantarkan tim  meraih medali emas dalam ajang Gemastik XVI 2023 kategori Kota Cerdas.
 
“Harapannya, EvolveGo dapat menjadi One App Solution (OSS) untuk segala layanan pemerintah,” harap Annisa.
 

Baca Juga  mengelola pertumbuhan bisnis di Kupang sukses

Kuliah di kampus favorit dengan beasiswa full kini bukan lagi mimpi, karena ada 426 Beasiswa Full dari 21 Kampus yang tersebar di berbagai kota Indonesia. Info lebih lanjut klik, osc.medcom.id
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id

(REN)

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *