PANI Kantongi Restu Untuk Right Issue 8 Miliar Saham

Jakarta, CNBC Indonesia – Emiten properti grup Agung Sedayu Group (ASG) PT Pantai Indah Kapuk Dua Tbk. (PANI) telah mengantongi restu untuk melaksanakan right issues jilid II. Aksi korporasi ini disetujui dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang diselenggarakan 15 September 2023 lalu.

Perusahaan akan menerbitkan sebanyak-banyaknya 8 miliar saham baru atau 37,16% dengan nilai nominal sebesar Rp 100, sedangkan harga pelaksanaannya belum ditentukan. Adapun pemegang saham pengendali PANI, PT Multi Artha Pratama (MAP) yang merupakan kongsi ASG dan Salim Group entitas Agung Sedayu Group dan Salim Group, akan melaksanakan seluruh haknya dalam right issues jilid II ini sebanyak 7,04 miliar hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD).

“Rencana PMHMETD II ini diharapkan dapat berdampak positif bagi pengembangan bisnis Perseroan, dimana PMHMETD II ini akan memperkuat struktur permodalan Perseroan, meningkatkan aset Perseroan dan mendukung pertumbuhan pendapatan Perseroan ke depannya, sehingga dapat meningkatkan imbal hasil investasi bagi seluruh pemegang saham Perseroan dan pemangku kepentingan,” ujar manajemen PANI dalam keterbukaan informasi, dikutip Rabu (20/9/2023).

Seluruh dana yang diperoleh Perseroan dari right issues jilid II ini, setelah dikurangi dengan biaya-biaya emisi akan digunakan sebesar Rp 9,48 triliun untuk melakukan penyertaan atas saham baru yang akan dikeluarkan oleh PT Bumindo Mekar Wibawa, PT Cahaya Inti Sentosa, PT Jaya Indah Sentosa, PT Kemilau Karya Utama, PT Karunia Utama Selaras, PT Sumber Cipta Utama, PT Sharindo Matratama.

“Sisanya akan digunakan untuk tujuan pengembangan bisnis Perseroan melalui entitas anak dan Perseroan saat ini masih sedang dalam diskusi internal sehubungan dengan entitas anak yang akan memperoleh sisa dana hasil PMHMETD II dari Perseroan,” ujar manajemen PANI.

Baca Juga  Turis Asing Masuk Bali Akan Dipungut Biaya Sampah

Dalam RUPSLB, pemegang saham juga menyetujui sepenuhnya perubahan penggunaan sisa right issue I sebesar Rp 50,4 miliar dirubah menjadi untuk penambahan penyertaan perusahaan atas saham baru yang akan dikeluarkan oleh entitas anak PT Panorama Eka Tunggal (PET). Selanjutnya dana dari penambahan penyertaan tersebut akan dipergunakan oleh PT PET untuk pembelian tanah.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Laba Emiten Aguan & Salim Terbang 22.000%, Ini Rahasianya

(fsd/fsd)


Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *