Robert Kiyosaki Bilang Kripto Investasi Masa Depan

Jakarta, CNBC Indonesia – Investor terkemuka dan penulis buku finansial terlaris “Rich Dad, Poor Dad”, Robert Kiyosaki menyebut masa depan cryptocurrency akan cerah dan sebaliknya untuk uang fiat.

“Crypto is the future. Fiat…a.k.a. FAKE money is toast,” ujarnya dalam akun sosial media twitter, dikutip, Kamis (21/9).

Menurutnya hal itu menjadi sangat menarik seiring dengan konferensi kripto besar-besaran di Singapura.

“In Singapore at same time massive crypto conference is on. Very exciting,” ungkapnya.

Sebelumnya, keyakinan terhadap masa depan mata uang kripto juga tecermin saat menanggapi komentar sinis miliarder Amerika Charlie Munger yang ingin melarang peredaran cryptocurrency seperti Bitcoin (BTC).

Menurut Kiyosaki, mengutip Finbold.com pada Selasa, (22/2/2023), Munger masih terpaku pada sistem keuangan tradisional seperti saham. Sementara generasi muda merangkul cryptocurrency karena ada legitimasi sistem akuntansi mereka.

“Charlie mungkin masih akan mengatakan beli saham, tetapi alasan saya menyukai kripto, bukan Bitcoin, adalah karena blockchain, dan blockchain itu akuntabel. Ini lebih sah daripada fed atau treasury atau Wall Street, jadi Charlie Munger ada di kerumunan FED treasury Wall Street, “kata Kiyosaki dalam wawancara dengan Stansberry Research pada 18 Februari 2022.

Di sisi lain, Kiyosaki tetap berpegang teguh pada Bitcoin meski harga aset berfluktuasi. Ia terus mempromosikan kekuatan investasinya itu lewat Twitter.

“Kenapa harga emas, perak, Bitcoin terus naik? karena orang miskin dan menengah di AS terus terperosok ke tagihan yang buruk. Tolong jangan jadi lebih miskin. Paling tidak beli satu koin perak. Hanya US$30 dan kamu bisa mulai jadi kaya,” kata dia lewat akun Twitternya, Rabu, (1/2/2023).

Baca Juga  Bisnis Kecil Menguntungkan Di Ambon Versi Kami

Seperti dilaporkan oleh Finbold sebelumnya, Kiyosaki memproyeksikan Bitcoin mungkin bisa naik harganya ke angka US$500.000 pada tahun 2025, didorong oleh kinerja yang buruk dari dolar Amerika Serikat.

Sebagai informasi, komentar Kiyosaki itu muncul sebagai tanggapan atas pernyataan Munger beberapa waktu lalu. Tangan kanan Warren Buffet di Berkshire Hathaway ini mengatakan bahwa orang yang menentang pelarangan aset digital adalah ‘idiot’. Dia menambahkan bahwa siapa pun yang akan berinvestasi dalam crypto itu konyol.

Menegaskan hal itu, pria yang berusia 99 tahun tersebut menyatakan bahwa dia tidak bangga dengan otoritas AS karena mengizinkan cryptocurrency. Menurutnya, Bitcoin adalah aset yang berpotensi untuk digunakan dalam aktivitas kriminal.

“Dan tentu saja, saya tidak bangga dengan negara saya karena membiarkan omong kosong ini – yah, saya menyebutnya omong kosong kripto. Itu tidak berharga, gila, tidak baik, tidak akan merugikan, antisosial jika dibiarkan,” katanya.

Sementara itu, pasar kripto bergerak variatif dalam 24 jam terakhir pasca suku bunga Amerika Serikat (AS) telah ditetapkan tidak mengalami perubahan.

Merujuk dari CoinMarketCap pada Kamis (21/9/2023) pukul 06.23 WIB, pasar kripto bergerak mix dalam 24 jam terakhir.

Bitcoin turun 0,34% ke US$27.132,08 dan secara mingguan naik 3,40%. Ethereum terapresiasi turun 1,30% dalam 24 jam terakhir dan dalam tujuh hari menguat 0,87%.

XRP naik 1,29% secara harian dan dalam sepekan melonjak 7,34%. Begitu pula dengan Solana yang menguat 1,00% dalam 24 jam terakhir dan secara mingguan terbang 10,22%.

CoinDesk Market Index (CMI) yang merupakan indeks untuk mengukur kinerja tertimbang kapitalisasi pasar dari pasar aset digital turun 0,56% ke angka 1.131,06. Open interest terdepresiasi 0,48% di angka US$24,10 miliar.

Baca Juga  Cara Gaya Hidup Sehat Di Ambon 2023

Index Fear & Greed yang dilansir dari coinmarketcap.com menunjukkan angka 42. Angka ini lebih tinggi jika dibandingkan dengan hari Rabu (20/9/2023) yang tercatat sebesar 39 yang berarti bahwa pasar sudah mulai bersikap netral.

Sementara dilansir dari Alternative.me, bitcoin fear & greed index tercatat berada di posisi 47 yang mana merupakan kategori netral atau lebih tinggi dibandingkan hari kemarin (20/9/2023) yang berada di angka 46 dengan kategori fear.

[Gambas:Video CNBC]



Artikel Selanjutnya


Simak, Resep Kaya & Sukses ala Ken Honda dan Robert Kiyosaki

(fsd/fsd)


Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *